5 Strategi Bisnis Pabrik Pakaian Agar Selalu Ramai dan Laris Manis

 

5 Strategi Bisnis Pabrik Pakaian Agar Selalu Ramai dan Laris Manis

Semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat akan pakaian, semakin banyak pula jasa-jasa konveksi dan pabrik pakaian menjamur. Selain memenuhi pesanan dari berbagai pihak, tempat tersebut juga sering menjadi langganan para pengusaha. Khususnya penjual baju dimana mereka akan mencari supplier terpercaya dengan mengambil barang di pabrik.

Tak Hanya Seragam

Biasanya banyak orang yang mengira kalau sebuah pabrik baju atau konveksi hanya memproduksi pakaian sama dalam jumlah banyak. Contohnya saja membuat seragam kerja, sekolah, atau kaos untuk acara khusus. Akan tetapi ternyata dalam sebuah pabrik akan menghasilkan aneka jenis pakaian. Setiap pabrik pakaian tentunya akan menghasilkan jenis pakaian yang berbeda-beda pula. Anda tak hanya dapat menemukan seragam, tetapi juga celana, rok, baju, kemeja, kaos oblong, dll. Bahkan ada pula yang khusus membuat jaket, pakaian olahraga, anak-anak, dan pakaian dalam.

Membutuhkan Strategi Khusus

Perlu Anda tau jika seorang pembisnis di bidang jasa konveksi atau pabrik haruslah memiliki strategi khusus. Hal ini bertujuan agar bisnisnya tidak mudah jatuh karena sepi orderan atau kalah dengan pabrik lainnya. Terlebih lagi sekarang ini tempat yang menawarkan jasa menjahit sudah makin bermunculan. Hampir semua daerah di tiap kota mempunyai konveksi atau pabrik yang menghasilkan pakaian. Sepertinya masyarakat tidak akan kesulitan memilih. Jika satu tempat tidak sesuai dengan keinginan maka mereka dapat pindah dan mencari yang lainnya.

Jangan hanya berpatokan kalau tingkat keinginan manusia akan pakaian selalu meningkat. Ada banyak sekali saingan yang nanti akan Anda temui dan pastinya mereka sudah memiliki mangsa pasar serta strategi rahasia. Jika Anda tidak dapat mengimbangi maka sudah pasti akan kalah dengan pabrik lainnya. Oleh sebab itulah, menyusun taktik agar bisnis tersebut bisa semakin sukses merupakan hal yang penting.

Apa yang Harus Dilakukan?

Setiap pabrik atau konveksi pakaian tentu saja berusaha agar bisa mendapatkan banyak orderan. Menjual jasa menjahit saja tidaklah cukup, melainkan Anda harus berusaha membuat para konsumen menjadi puas. Di bawah ini ada beberapa strategi jitu yang bisa Anda terapkan agar bisnis pabrik pakaian dapat makin laris manis.

1.             Memperhatikan Keinginan dan Kebutuhan Konsumen

Banyak pembisnis yang hanya fokus pada keinginan konsumen, namun mengabaikan apa yang sebenarnya mereka butuhkan. Cobalah mencari informasi yang up to date mengenai perkembangan fashion jaman sekarang. Dengan begitu Anda akan tau apa saja jenis baju dan pakaian yang diinginkan atau dibutuhkan orang.

2.             Permainan Marketing yang Bagus

Jangan pernah anggap remeh tentang marketing atau promosi karena inilah yang akan menentukan kesuksesan bisnis Anda. Promosi yang baik akan menggaet dan membuat banyak orang tertarik menggunakan jasa tersebut. Pintar-pintarlah memanfaatkan fasilitas yang ada. Jangan hanya menyebar pamflet, brosur, memasang spanduk, atau promosi dari mulut ke mulut saja. Anda bisa gunakan kecanggihan internet dengan menawarkan jasa lewat sosial media. Pajanglah produk hasil pabrik baju Anda dengan deskripsi yang lengkap dan jelas. Berikan kemudahan pada calon konsumen agar mereka dapat menaruh kepercayaan dan kepuasan penuh.

3.             Berikan Penawaran Menarik

Agar bisnsi terlihat lebih segar dan menarik maka berikanlah beberapa penawaran khusus. Anda bisa membuat sebuah paket pemesanan pakaian tertentu, misalnya 1 lusin kaos dengan bonus piring cantik. Atau 1 lusin pemesanan kemeja akan mendapatkan 1 buah kemeja gratis.

4.             Berikan Potongan Harga

Selain memberikan penawaran atau bonus, Anda bisa memberikan potongan harga pada pembelian tertentu. Terlebih lagi bagi mereka yang memesan pakaian dalam jumlah banyak.

5.             Keluarkan Model Pakaian Baru

Bisnis pabrik yang memproduksi pakaian tentunya harus lebih up to date, terutama masalah trend dan model fashion. Akan lebih baik jika Anda sering mengeluarkan produk baru di waktu tertentu. Hal ini akan membuat masyarakat menjadi tertarik dan selalu penasaran dengan produk Anda.

Strategi menggaet banyak pembeli di atas bisa Anda terapkan. Memiliki bisnis pabrik pakaian tidaklah sesimpel itu. Selain memikirkan tentang jumlah orderan yang masuk serta kualitas barang. Anda juga harus memikirkan taktik jitu untuk mempertahankan dan membuat pabrik semakin sukses dan mendapatkan banyak orderan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *