7 Pilihan Kain untuk Pembuatan Seragam Kantor

Seragam yang dipakai oleh para pegawai kantor adalah model kemeja. Alasannya, kemeja cocok dipakai oleh pegawai pria maupun pegawai wanita. Kemeja juga termasuk pakaian yang memiliki kesan nyaman untuk bekerja di perkantoran. Dalam pembuatan seragam kantor, ada beberapa pilihan kain kemeja yang dapat dipilih. Sehingga jika selama ini Anda berpandangan kain untuk seragam kantor itu sama, maka kurang tepat. Ada tujuh pilihan kain yang umum dipilih untuk kemeja seragam kantor.

Kain Kemeja Oxford

Oxford merupakan bahan seragam kantor dengan serat kain yang rata. Jika diperhatikan secara seksama, Anda akan melihat adanya titik-titik kecil pada permukaan kain oxford ini. Seragam kantor dengan model kemeja dapat dipilih dari kain oxford. Salah satu jenis dari kain oxford adalah taipan tropical. Hampir mirip seperti Japan drill. Namun, kualitasnya lebih rendah dari Japan drill. Kemeja yang dibuat dari bahan kain ini akan memberikan kesan formal dan kasual bagi pegawai-pegawai kantor yang memakainya.

Kain Kemeja Katun

Katun merupakan bahan seragam kantor dengan serat kain kapas. Kain katun termasuk ke jajaran rajut. Keunggulan kain katun banyak dipilih dalam pembuatan seragam kantor adalah kainnya yang tidak mudah terlihat kucel, warna kain yang tahan lama, serat kain yang halus, permukaan kain yang dingin, serta tidak membuat Anda cepat berkeringat. Sehingga sangat cocok dipakai sebagai bahan seragam kantor untuk di Indonesia, maupun negara beriklim tropis yang lain.

Kain Kemeja Denim

Denim merupakan bahan seragam kantor dengan serat kain yang terasa kaku dan kasar. Sifatnya ini mirip seperti kain jeans. Kain denim mulai dilirik untuk seragam kantor karena terlihat menarik ketika diciptakan dengan mode kemeja. Hanya saja sebaiknya kantor memberlakukan pemakaian seragam kemeja denim pada saat acara tertentu yang diadakan pada malam hari. Sebab jika dipakai di siang hari akan menimbulkan rasa gerah dan membuat pegawai kantor tidak nyaman.

Kain Kemeja Chambray

Chambray merupakan bahan seragam kantor dengan serat kain yang halus. Jika dibandingkan dengan kain denim, chambray lebih lembut. Serat kain chambray adalah kapas. Sehingga saat diproduksi menjadi kemeja, akan terasa nyaman. Meskipun memiliki sifat yang hampir mirip dengan kain denim, namun karena kelebihannya yang halus, maka Anda tidak akan merasa kepanasan saat perlu memakainya di siang hari sekalipun.

Kain Kemeja Drill

Drill merupakan bahan seragam kantor yang terkenal dalam pembuatan kemeja. Serat kain denim dingin dan lembut. Tekstur dari serat kain denim terlihat miring. Kemeja dengan kain denim tidak pernah luput dalam pemilihan kain untuk kemeja. Anda dapat memilih kemeja drill dari salah satu pilihan American drill, Local drill, atau Japan drill. Meskipun masih ada lagi beberapa jenis kain drill yang ada di pasaran saat ini.

Kain Kemeja Acrylic

Acrylic merupakan bahan seragam kantor yang identik untuk kemeja pria. Ciri khas dari seragam dengan kain acrylic adalah dipadukan dengan kain light weight wools. Biasanya kain tersebut dibuat model rompi. Sehingga ketika pria memakai kemeja acrylic, maka rompi dari light weight wools juga turut serta dipadukan. Tentu saja model seragam dengan kain acrylic satu ini sangat jarang dijumpai. Hanya kantor yang menampilkan suasana santai dan fleksibel biasanya akan menghadirkan model seragam kemeja kantor dari bahan kain acrylic.

Kain Kemeja Flanel

Flanel merupakan bahan seragam kantor yang termasuk nyaman untuk kemeja. Serat kain flanel ini lembut dan tebal. Sifatnya yang lembut tersebut cocok sekali dipakai untuk kemeja pegawai di ruangan indoor dan ber-AC. Karena kemeja dari kain flanel memberikan kehangatan bagi pemakai seragam kantor dengan bahan tersebut. Seragam kantor yang terbuat dari kain flanel ini memiliki kesan semiformal dan kasual ketika dipakai oleh pegawai-pegawai kantoran.

Tujuh pilihan kain yang terdiri dari oxford, katun, denim, chambray, drill, acrylic, hingga flanel umum digunakan sebagai seragam kantoran.  Model kemeja menjadi rekomendasi selama pembuatan seragam kantor dari salah satu bahan di atas. Sehingga memungkinkan Anda untuk dapat memilih kain seragam kantor yang benar-benar bermutu dan disesuaikan dengan budget.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *