Bahan Material Kain Yang Digunakan Di Jasa Pembuatan Kaos Polo

Jasa pembuatan kaos setiap harinya memproduksi berbagai macam produk kaos untuk memenuhi permintaan konsumen akan kebutuhan pakaian yang nyaman dan praktis dikenakan untuk banyak macam aktivitas. Salah satu jenis kaos yang banyak penggemarnya bahkan di kalangan menengah ke atas adalah jenis kaos polo. Bahan yang digunakan untuk kaos polo biasanya lebih tebal dibandingkan dengan bahan kaos biasa yang disebut dengan bahan lacoste. Tahukah Anda sebenarnya lacoste adalah nama orang yang kemudian menjadi nama brand yang memproduksi kaos polo pertama kali  pada tahun 1933? Yang dimaksud dengan bahan lacoste sebenarnya adalah bahan katun dengan teknik penyulaman benang yang berbeda dan sama sekali baru di kala itu. Oleh karena itu hingga sekarang, tekstur dan pola jahitan benang katun  yang berbentuk rajutan disebut dengan bahan lacoste. Mengesampingkan istilah bahan lacoste yang sebenarnya adalah brand pertama kaos polo, berikut ini adalah jenis bahan yang digunakan jasa pembuatan kaos yang sebenarnya.

Bahan campuran

Bahan campuran kini adalah bahan yang paling banyak digunakan untuk membuat bahan kaos polo. Campurannya terdiri dari bahan serat katun yang dicampur dengan serat sintetis dengan perbandingan yang bermacam-macam, makin banyak katunnya maka makin bagus kualitasnya dan makin mahal harganya. Bahan kaos polo campuran umumnya digunakan untuk kaos perusahaan atau kaos seragam di bisnis usaha retail dan bisnis lainnya. Kaos polo dengan bahan campuran dipilih karena sifatnya yang lebih tahan lama, ia tidak mudah rusak karena sering dicuci dan sifat bahan yang lebih mudah bersih ketika terkena noda, plus harganya yang lebih murah. Namun kelemahannya adalah rasanya yang lebih panas sehingga pemakainya lebih cepat berkeringat. Di tempat jasa pembuatan kaos, bahan campuran lebih banyak dipilih bagi yang budgetnya tidak besar.

Bahan performance

Bahan yang disebut dengan performance merujuk pada kaos polo yang dibuat dengan bahan katun dicampur dengan sedikit bahan perak atau bahan yang bisa memberikan perlindungan terhadap sinar UV matahari. Model kaos ini biasanya digunakan untuk dikenakan oleh para atlet olahraga. Bahan campuran yang digunakan adalah bahan sintetis yang sifatnya ringan untuk memudahkan para atlet bergerak. Kaos polo dengan bahan ini khusus dibuat untuk para atlet atau bagi Anda yang akan melakukan aktivitas olahraga seperti tennis atau bermain golf karena akan kurang nyaman kalau dikenakan untuk sehari-hari.

Bahan polyester dan sutra

Bahan polyester memang memberikan solusi material yang tidak mudah kusut, tidak mudah menyusut, dan lebih tahan terhadap noda sehingga mudah dibersihkan. Sedangkan bahan sutra memberikan tekstur yang lebih mewah dan halus, tampilannya yang mengkilap juga diharapkan bisa membuat penampilan tampak lebih berkelas dan elegan. Namun nyatanya kedua bahan ini tidak cocok untuk bahan kaos polo meski ada juga jasa pembuatan kaos yang memproduksinya. Bahan polyester tidak menyerap keringat dan tidak memberikan lubang udara yang cukup untuk kulit Anda bernapas sehingga ketika digunakan untuk beraktivitas fisik ia akan terasa panas. Kemudian bahan sutra juga apabila dikenakan pada tubuh yang berkeringat akan menempel pada kulit dan memberilkan rasa tidak nyaman meski sudah dicampur dengan bahan katun atau bahan linen.

Bahan katun murni

Kaos polo dengan kualitas premium menggunakan bahan benang katun yang dirajut tanpa menggunakan bahan campuran apapun. Bahan inilah yang digunakan oleh brand kaos polo ternama seperti Ralph Lauren dan Lacoste. Bahan katun murni dipilih karena ia memiliki sirkulasi udara yang bagus, keawetan kaos yang cukup baik, sangat nyaman digunakan dan tidak panas meski bahannya lebih tebal dibandingkan dengan kaos katun biasa. Tentu saja, kualitas katun juga tersedia berbagai macam di pasaran. Bahan katun dengan kualitas yang rendah maka ia akan semakin rusak setelah mengalami proses pencucian berulang-ulang dan warnanya yang akan makin pudar. Makin gelap warna kaos polo yang Anda beli makin terlihat kepudaran warnanya. Mana bahan kaos polo yang Anda inginkan kembali terserah kepada Anda, tergantung dengan budget, juga kegunaan dari kaos polo tersebut, dan juga ketersediaan barang di tempat jasa pembuatan kaos.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *