Bangun Brand Sendiri Dari Usaha Tempat Buat Kaos

Tempat buat kaos yang seperti apa yang jadi impian Anda? Membangun sebuah tempat di mana orang bisa membeli produk kaos berkualitas bisa Anda lakukan dengan beberapa jalan. Yang pertama adalah dengan menjual produk yang Anda beli secara grosir dengan cara eceran, atau menjual kaos dengan desain original yang perusahaan Anda buat sendiri dan membangun brand kaos sendiri mulai dari bawah. Untuk jalan yang kedua ini mungkin memang lebih kompleks dibandingkan dengan hanya menjual produk kaos yang sudah jadi, karena tidak hanya harus membuat kaos dengan desain yang unik dan baru, tapi Anda juga punya tanggung jawab untuk membangun brand Anda agar dikenal oleh orang lain dengan karakter yang belum digunakan oleh brand yang sudah ada sebelumnya. Apabila Anda memutuskan untuk membuat brand sendiri dari usaha tempat buat kaos milik Anda, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa jadi tips dan referensi Anda untuk membangun branding agar mengena di pasar target konsumen Anda.

Tentukan posisi brand Anda di pasaran

Satu hal yang penting dalam hal membangun sebuah brand adalah konsistensinya di masyarakat. Bagaimana masyarakat nantinya mendeskripsikan tentang brand Anda tergantung dari bagaimana Anda membawakan brand tersebut dalam bentuk nama, logo, font, produk, dan juga eksistensinya di tengah masyarakat. Sebelum memulai untuk meluncurkan brand, pertama-tama analisa dulu siapa kompetitor utama Anda dalam usaha, yaitu brand yang sudah terbentuk lama dan memiliki pencapaian yang sudah cukup bagus, dan menjual produk yang kategorinya sama dengan produk tempat buat kaos Anda. Kemudian analisa apa saja yang sedang jadi topik pembicaraan dan produk apa saja yang saling direkomendasikan oleh orang-orang yang masuk dalam kategori target konsumen Anda.

Tentukan fokus dan juga kepribadian dari brand Anda

Tempat buat kaos seperti apa yang ingin Anda tanamkan di masyarakat? Apakah Anda ingin masyarakat mengenal tempat usaha Anda sebagai tempat jualan kaos dengan desain yang memiliki banyak detail? Tempat jualan kaos dengan desain yang penuh dengan warna? Tempat kaos yang memiliki program kemanusiaan dan sosial dari sebagian keuntungan yang didapatkan dari penjualan? Atau yang lainnya? Sebagai langkah pertama membangun brand, sebaiknya Anda fokus pada image brand tertentu ketimbang mencoba untuk meraih semuanya dalam satu waktu bersamaan. Untuk menentukan titik fokus tempat usaha Anda, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini:

       Apa pernyataan yang menggambarkan brand Anda? Misalnya: Kami menjual kaos untuk para skaters yang membutuhkan kaos nyaman dengan bahan yang lebih berkualitas.

       Kata apa yang bisa digunakan untuk menggambarkan brand Anda? Misalnya sporty, witty, pemberontak, dan sebagainya.

       Konsep atau metafora apa yang menggambarkan brand Anda? Misalnya gambarkan brand Anda sebagai pohon beringin yang bisa menjadi perindang meski cuaca sedang panas.

Pilih nama usaha Anda

Dalam membangun sebuah brand, sebenarnya dibutuhkan lebih dari sekedar nama untuk bisa dikenal dan berpengaruh di masyarakat atau setidaknya di pasar target konsumen Anda. Namun memulai membangun brand tentu tidak bisa kalau belum ada namanya, nama brand Anda juga akan berpengaruh terhadap pembuatan logo, menentukan hak paten atau hak merk dagang, menentukan strategi marketing dan sebagainya. Memikirkan sebuah nama untuk brand Anda bisa dilakukan dengan banyak cara misalnya memberikan nama yang sama sekali tidak ada hubungannya seperti Apple untuk perusahaan komputer, menghilangkan satu huruf seperti Tumblr (dari tumbler), membuat singkatan dari kepanjangan usaha Anda seperti HBO (Home Box Office), dan masih banyak lainnya.

Buat slogan

Selain menentukan nama dari brand Anda, membuat slogan yang catchy dan langsung mengena bisa juga jadi cara ampuh untuk membangun brand Anda. Sebuah slogan adalah kata-kata singkat yang menjelaskan mengenai sebuah brand. Slogan yang bagus adalah slogan yang singkat, catchy, dan membuat kesan yang kuat. Jangan khawatir karena seiring dengan berkembangnya usaha tempat buat kaos Anda, slogan bisa berubah-ubah tergantung dari angle marketing yang sedang Anda incar, begitu juga dengan desain logo dari brand Anda. Beberapa contoh slogan dari brand terkenal yang bisa Anda jadikan contoh misalnya adalah:

       Nike: Just Do It. Mencerminkan karakter konsumennya yang lebih suka melakukan aksi tapa ragu

       Redbull: Redbull gives you wings. Merepresentasikan konsumen yang mengonsumsi Redbull memiliki kemampuan yang lebih daripada yang biasanya.

       KFC: Jagonya ayam. Artinya KFC memiliki produk makanan olahan ayam yang lebih baik dibandingkan fast food chain lainnya.

Beberapa tips di atas bisa jadi pegangan umum Anda dalam membangun brand sendiri dalam bidang usaha tempat buat kaos.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *