Bikin Kaos Murah

 

Bikin Kaos Murah Jadi Barang Daur Ulang Yang Unik

Bikin kaos murah sendiri sebenarnya bisa Anda lakukan dengan mudah. Dengan mengandalkan sedikit keterampilan tangan dan juga kemampuan menjahit yang lumayan, Anda bisa mengubah kaos lama Anda yang sudah tidak terpakai atau kurang pas dikenakan menjadi sesuatu yang stylish dan bisa jadi tambahan koleksi outfit Anda. Kaos memang adalah pakaian yang bisa tahan lama untuk dikenakan karena bentuknya yang cukup fleksibel dan nyaman dikenakan. Namun ada kalanya Anda pasti merasa bosan dengan koleksi kaos yang dimiliki namun sayang mengeluarkan uang untuk beli kaos-kaos yang baru. Atau Anda menemukan ada beberapa kaos yang tidak terpakai karena ukurannya yang kebesaran, terlalu kecil, atau desain kaos yang kurang pas dengan gaya penampilan Anda misalnya kaos gratisan pembagian event. Siapkan alat jahit Anda, mari modifikasi kaos-kaos lama yang sudah tidak terpakai menjadi kaos baru jadi Anda tidak perlu beli kaos baru dan uangnya bisa digunakan untuk keperluan lain.

Mengubah kaos putih jadi rainbow dye

Teknik pewarnaan kaos Bali yang warna warni bisa jadi inspirasi Anda untuk bikin kaos murah. Hanya dengan modal kaos putih atau kaos polos yang sudah tidak terpakai lagi, kemudian pewarna kain atau pewarna akrilik minimal 3 warna, koran bekas, kayu kecil yang cukup kuat untuk memutar pakaian, benang kasur atau karet gelang. Basahi kaos yang akan diwarnai kemudian peras sampai tidak ada air yang menetes kemudian letakkan di atas permukaan yang datar. Kemudian dengan menggunakan stik kayu, taruh di bagian tengah kaos lalu putar hingga kainnya melingkar mengikat kayu, kemudian ikat kaos yang sudah melingkar tersebut dengan benang atau karet. Taruh kaos yang sudah melingkar di atas koran bekas agar cat tidak ke mana-mana, ikuti petunjuk mencairkan cat atau pewarna kain yang digunakan. Kemudian beri warna pada kain yang melingkar dengan variasi warna yang berbeda pada setiap bagian secara melingkar, lakukan pada bagian atas dan bawah. Diamkan selama semalaman kemudian jemur kaos hingga kering.

Membuat tas seru dari kaos bekas

Selain bisa bikin kaos murah dengan warna yang lebih menarik, kaos bekas juga bisa digunakan untuk membuat tas serut lho. Tas ini nantinya bisa Anda gunakan sebagai tas olahraga misalnya untuk membawa bola basket atau bola sepak ke lapangan, sebagai wadah minum, bisa juga sebagai tempat belanjaan di supermarket yang bisa digendong sehingga tangan Anda lebih bebas. Bahan yang diperlukan hanya berupa kaos bekas, gunting, dan juga tali paracord atau tali kur besar dengan panjang 1,5 meter. Caranya adalah dengan membalik kaos Anda sehingga jahitannya ada di luar, potong bagian lengannya dengan menyisakan sedikit sekitar 3-5 cm. Kemudian pada bagian bawah kaos dan lengan, potong dan buat rumbai-rumbai dengan kepanjangan sekitar 4 cm.

Ikat rumbai satu sama lain sehingga tidak ada lubang pada kaos lalu balikkan kaos seperti semula. Gunting pada sisi kanan dan kiri kerah dengan arah vertikal untuk membuat jalan masuk bagi tali tas, jangan sampai menggunting melewati batas jahitan kerah. Masukkan satu tali ke dalam lubang dengan menggunakan peniti dari satu sisi kemudian putar balik. Dari sisi satunya, masukkan lagi tali memutar balik sehingga keluar dari sisi yang sama namun lubang yang berbeda. Ikatkan bagian bawah tali dengan rumbai bawah kaos membentuk simpul sehingga tas serut punggung pun sudah jadi.

Membuat kaos bekas jadi sarung bantal

Punya kaos bekas yang tidak terpakai tapi sayang dibuang karena gambar desainnya yang bagus? Jadikan sarung bantal saja. Ukur sarung bantal yang ingin Anda buat, misalnya 40 x 40 cm, maka buatlah potongan pada kaos bekas dengan ditambah 2 cm jadi 42 x 42 cm. Anda bisa menggunting bagian depan dan belakang kaos, atau menggunting dua kaos yang berbeda tepat pada gambarnya sehingga nanti sarung bantalnya akan punya dua sisi gambar yang berbeda. Kemudian tumpuk dua lembar kain yang sudah dipotong dengan posisi gambar ada di bagian dalam, tandai bagian pinggirnya dengan jarum pentul agar posisinya tidak berubah.

Kemudian jahit bagian pinggirnya bisa manual bisa menggunakan mesin jahit, sisakan satu sisi terbuka untuk memasukkan bantal. Kemudian balik sarung bantal sehingga gambarnya kini ada di bagian luar. Anda bisa menambahkan resleting atau kancing sebagai penutup bantal. Itu dia beberapa kreasi unik untuk membuat barang baru dari bikin kaos murah.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *