bikin kaos partai

 

Proses Bikin Kaos Partai Dari Desain Sampai Finishing

Bikin kaos partai adalah pekerjaan profesional yang membutuhkan proses awal sampai akhir sehingga jadi produk yang sesuai dengan pesanan konsumen yang memesan kaos tersebut. Masing-masing vendor  bisa jadi punya mesinnya sendiri, punya teknik sablon sendiri dan punya rutinitas yang berbeda-beda dalam membuat pesanan kaos baik dalam jumlah yang sedikit maupun dalam jumlah yang besar. Anda sebagai konsumen memang tinggal datang atau menghubungi  pihak pabrik kaos kemudian menjelaskan spesifikasi pesanan kaos secara terperinci dan dengan jelas, lalu tinggal tunggu jadinya kaos untuk digunakan menurut kepentingan Anda sendiri. Namun tidak ada salahnya untuk tahu proses apa saja yang terjadi saat bikin kaos partai sebagai tambahan pengetahuan dan menelusuri perjalanan produksi sehingga menghasilkan pesanan kaos yang sesuai dengan keinginan Anda.

Membuat desain

Hal pertama yang dilakukan tentu adalah dengan membuat gambar desain yang bisa dilakukan dengan manual atau dengan menggunakan software digital. Gambar desain ini memberikan gambaran bagaimana hasil jadi kaos yang diharapkan oleh konsumen berdasarkan dengan spesifikasi yang sudah disampaikan ketika pemesanan kaos. Gambar desain sebelum masuk ke proses produksi memuat antara lain adalah model kaos, jenis bahan kaos, letak gambar atau tulisan pada kaos, warna kaos dan juga warna desain serta tulisannya, dan detail-detail lainnya yang menjadi catatan tambahan. Desain ini kemudian akan menjadi patokan saat bikin kaos partai sesuai dengan jumlah yang diminta. Proses selanjutnya dari pembuatan kaos adalah pembelian bahan sesuai dengan spesifikasi kaos.

Pemotongan bahan

Setelah bahan untuk bikin kaos partai sudah tersedia, saatnya untuk masuk ke proses produksi. Hal pertama dalam pembuatan produksi kaos adalah memotong bahan yang bentuknya lembaran menjadi kaos-kaos yang akan dijahit. Pola-pola membuat kaos akan digambar pada helai-helai bahan yang sudah tersedia sesuai dengan ukuran kaos yang diminta. Apabila dalam satu pesanan yang sama ada permintaan beberapa ukuran kaos yang berbeda, maka pola-pola kaos akan dipisahkan dan dikelompokkan berdasarkan kategori ukurannya.

Penyablonan dan menjahit

Proses selanjutnya dalam bikin kaos partai adalah menyablon desain gambar yang sudah diminta oleh pemesan kaos untuk dicetak di atas permukaan kaos. Teknik sablon yang digunakan bisa bermacam-macam, bisa menggunakan teknik tradisional dengan cara manual yang meski cara lama namun masih banyak digunakan karena harganya yang murah. Atau menggunakan teknik sablon dengan menggunakan mesin pencetak khusus yang bisa langsung menyetak gambar sesuai dengan warna dan desain yang dipesan oleh konsumen. Menyablon dengan menggunakan printer memang hasilnya lebih halus dan lebih cepat prosesnya namun biaya produksinya cukup tinggi yang tentu akan berpengaruh pada harga kaosnya.

Proses setelah menyablon dan tintanya kering adalah masuk ke tahap penjahitan. Pola-pola kaos yang sudah dipisahkan sesuai dengan kategori ukurannya ini dijahit dengan menggunakan mesin jahit oleh para tenaga jahit yang bisa dimiliki sendiri oleh vendor pabrik kaos, bisa juga bekerja sama dengan penjahit lepas. Teknik jahitan yang digunakan oleh masing-masing vendor kaos bisa beda-beda ada yang jahitannya kuat ada yang jahitannya biasa saja. Jahitan yang kuat tentu akan membutuhkan lebih banyak benang dan teknik khusus sehingga harga kaosnya bisa lebih mahal.

Tahap finishing

Tahap finishing adalah tahap terakhir sebelum kaos partai yang dipesan dikemas untuk diambil konsumen atau diantarkan ke alamat pengiriman. Pada tahap bikin kaos partai ini, kaos-kaos yang sudah jadi diperiksa kembali apakah ada cacat atau kesalahan produksi, kemudian diperiksa jahitannya dan apabila ada benang yang sisa harus dipotong sehingga jahitan lebih rapi. Kemudian kaos-kaos dirapikan dengan menggunakan setrika uap dan dilipat dengan rapi kemudian dimasukkan ke dalam bungkus plastik, dipasang label brand vendor, diberi label ukuran dan dikemas untuk diserahkan kepada konsumen. Proses pembuatan kaos partai dari awal hinga akhir bisa memakan waktu yang cukup lama apalagi jika jumlah kaos yang dipesan jumlahnya besar hingga ribuan. Oleh karena itu bagi Anda yang ingin pesan kaos untuk kebutuhan partai dalam jumlah yang besar pesanlah jauh-jauh hari sebelum deadline agar bisa selesai tepat waktu. Itulah beberapa tahap umum yang terjadi selama proses bikin kaos partai.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *