Bikin Kaos Sablon Murah Sendiri Dengan Kertas Transfer Paper

Bikin Kaos Sablon Murah Sendiri Dengan Kertas Transfer Paper

Siapa bilang bikin kaos sablon murah sendiri itu sulit ! Anda dapat menggunakan  kertas transfer paper, untuk membuat kaos sablon Anda sendiri. Bahan yang diperlukan mudah, selain itu cara membuatnya juga sangat mudah. Teknik ini dapat Anda gunakan, ketika Anda ingin menyelenggakan acara tertentu yang bersifat mendesak dengan budget yang sangat terbatas, contohnya saja, kepanitiaan 17 Agustusan, acara ulang tahun keponakan, dan hal-hal lainnya. Adanya kaos seperti ini tentunya akan semakin memeriahkan acara yang akan diselenggarakan tersebut, dan yang paling penting adalah kaos tersebut dapat Anda produksi sendiri.

Bahan dan alat yang perlu dipersiapkan

Transfer paper ini sebenarnya adalah kertas yang biasanya digunakan pada teknik sablon printing. Namun kali ini, Anda akan menggunakannya dengaan teknik manual, dan tidak menggunakan teknik printing. Adapun bahan-bahan yang perlu Anda siapkan untuk bikin kaos sablon murah, antara lain :

–                      Membuat desain gambar, ini adalah langkah pertama yang perlu Anda lakukan, ketika membuat sablon kaos menggunakan paper transfer. Untuk membuat desain gambar, Anda dapat menggunakan program photoshop atau menggunakan coreldraw. Disini Anda dapat mengaplikasikan berbagai macam warna, dan desain gambar yang Anda inginkan.

–                      Berikutnya yang perlu Anda persiapkan adalah transfer paper. Transfer paper ini sendiri sebenarnya ada 2 macam, selain itu keduanya mempunyai cara penggunaan yang berbeda.  

a.             Transfer paper standart atau clear.  Kertas jenis ini, dapt Anda gunakan untuk jenis kaos berwarna terang atau light fabric, contohnya warna putih, kuning, dll

b.            Transfert paper dark. Kertas jenis ini, dapat Anda gunakan untuk jenis kaos berwarna gelap / dark fabric, seperti coklat atau, hitam, dan warna gelap lainnya.

–                      Menyiapkan printer dan tinta printer

Alat lain yang perlu Anda siapkan adalah printer lengkap dengan tinta printer. Printer dan tinta printer yang dapat Anda gunakan, yang biasa saja, bukan khusus untuk sablon printing. Untuk hasil yang terbaik, gunakan tinta khusus atau tinta original. Agar warnanya yang dihasilkan lebih terang dan jelas. Apabila jumlah kaos yang akan dibuat banyak, tidak masalah jika Anda menggunakan tinta pigmen. Hindari menggunakan tinta infus dye ink, karena menyebabkan hasil warna cepat luntur, walaupun memang dari segi warna terlihat lebih cerah.

–                      Menyiapkan setrikaan, ini adalah alat yang akan Anda gunakan untuk menekan atau mem-press gambar pada kaos.

Cara bikin sablon kaos murah sendiri

Setelah aneka bahan dan alat Anda siapkan, berikutnya masuk ke bikin kaos sablon murah sendiri. Dalam membaut kaos seperti ini, Anda perlu membedakan antara kaos dengan warna terang dan kaos dengan warna  gelap.

A.            Kaos dengan warna terang

–                      Pertama-tama print desain gambar yang berhasil dibuat dengan teknik mirror atau terbalik pada kertas transfer.

–                      Gunting kertas sesuai pola gambar, dan sisakan sekitar 0,02 mm untuk bordernya.

–                      Letakkan kaos yang akan disablon pada karton tebal.

–                      Letakkan kertas yang telah diprint menghadap ke arah kaos.

–                      Press menggunakan setrika dengan suhu sekitar 110 hingga 1500C selama 5 hingga 10 detik, jangan terlalu panas, karena membuat kertas lebih lengket.

–                      Lepaskan kertas transfer secara perlahan, dan kaos berhasil Anda sablon.

B.            kaos dengan warna gelap

–                      Print hasil gambar dengan teknik mirror.

–                      Letakkan kaos yang akan disablon, kemudian letakkan kertas print dengan posisi menghadap ke atas.

–                      Lindungi kertas menggunakan kertas minyak.

–                      Press menggunakan setrika atau mesin heatpress, selama 30 detik, setelah selesai, dan dingin, lepaskan kertas pelinding, dan kertas print secara perlahan.

Kekurangan sablon kaos paper

Kekurangan yang akan Anda peroleh dari teknik ini adalah :

–                      Kaos yang dicuci memerlukan perawatan khsusus, seperti tidak boleh dikucek, dan disikat ketika mencuci, hanya perlu meredam sebentar, kemudian membilasnya, dan mengeringkannya dengan teknik diangin-angin.

–                      Kaos dengan teknik ini akan cepat rusak, terutama jika digunakan terlalu sering, dan dicuci terlalu sering. Biasanya bikin kaos sablon murah dengan teknik transfer paper ini akan rusak sekitar 10 hingga 20 kali cuci. 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *