Cara Pembuatan Kaos Sablon

Cara Pembuatan Kaos Sablon

Pembuatan kaos sablon saat ini bisa dikatakan bisa dikerjakan oleh siapa saja. Anda juga tidak perlu ragu terkait dengan cara dan juga proses pembuatannya, karena Anda bisa dengan mudah belajar, baik dengan menggunakan buku dan juga beberapa tutorial yang bisa dengan mudah Anda dapatkan di internet dengan berbagai mesin pencarian yang saat ini tersedia. Memang kemudahan dan juga kecanggihan era globalisasi dan juga dunia digital secara tidak langsung terus memberikan dampak yang positif bagi Anda serta juga membantu Anda dalam melakukan berbagai hal termasuk juga untuk mengetahui cara pembuatan kaos sablon ini. Banyak juga orang yang membuat kaos sablon ini dengan sendirinya dirumah dengan menggunakan peralatan yang seadanya dan juga terbilang murah alias tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk membuat kaos sablon yang satu ini. Tahukah Anda jika sebenarnya sablon ini adalah suatu teknik yang digunakan untuk mencetak suatu desain atau juga gambar dalam berbagai media, seperti halnya kertas, kaca, kayu dan yang paling umum dengan menggunakan media baju kaos, tentunya dengan menggunakan berbagai peralatan sablon. Namun tentunya bagi Anda yang pemula dan juga belum pernah membuat baju kaos sablon ini, Anda harus mengikuti beberapa cara berikut ini agar Anda bisa dengan mudah membuatnya dirumah:

Tahap Pra Cetak

Nah tahap pertama yang harus Anda lakukan sebelum Anda membuat baju kaos sablon Anda adalah dengan cara mengikuti tahapan pra cetak. Nah biasanya tahapan pra cetak ini terdiri dari proses pembuatan desain baju kaos yang ingin Anda aplikasikan nantinya. Anda diperkenankan untuk membuat gambar atau desain yang Anda butuhkan dan juga Anda inginkan, misalnya dengan membuat desain logo kantor Anda, lambang organisasi Anda, atau juga bagi Anda yang menyukai binatang bisa membuat desain dengan gambar binatang kesukaan Anda, namun pastikan Anda membuat desain yang unik dan juga laku dipasar. Setelah Anda membuat desain maka selanjutnya Anda harus membuat klise sablon jadi desain yang Anda buat tadi Anda harus buat menjadi film atau juga klise sablon, lalu Anda bisa memindahkan klise sablon tersebut ke screen dengan menggunakan proses stencil atau juga proses afdruk. Setelah setelah selesai maka Anda harus sediakan meja kerja Anda dan lanjut ketahap berikutnya.

Tahap Cetak

Nah adapun tahap selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah tahapan cetak mencetak. Ada beberapa teknik yang perlu Anda perhatikan pada saat tahap cetak ini diantaranya dengan menggunakan teknik sapuan rakel haruslah dengan cara yang benar. Meskipun sebenarnya proses atau tahapan cetak ini sangat mudah dan juga sederhana karena Anda hanya perlu untuk memindahkan tinta warna ke media baju kaos yang Anda inginkan dengan melalui screen atau juga kain saring, namun jika Anda tidak teliti dan juga jeli maka hasil yang Anda dapatkan bisa saja buruk dan tidak bagus. Penggunaan tinta yang salah juga nantinya akan berakibat pada kualitas desain yang sudah Anda aplikasikan tersebut. Karena tidak semua tinta memiliki karakteristik yang sama jadi Anda juga harus mengetahui karakteristik setiap tinta sablon yang Anda gunakan. Karena pada beberapa jenis tinta maka kemampuan untuk cepat kering sangat lama dan sebagian lagi mudah untuk kering. Anda bisa menggunakan jenis tinta plastisol karena kemampuannya sangat cepat kering sehingga akan mempercepat proses sablon Anda.

Tahap Pasca Cetak

Nah, langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara pasca cetak. Ada beberapa hal yang wajib Anda ketahui jika sudah memasuki tahapan yang terakhir ini, mulai dari teknik pengeringan atau drying. Jadi pastikan Anda mengetahui dengan benar jika tinta yang Anda aplikasikan dan gunakan pada teknik sablon tersebut sudah benar- benar kering, karena tidak semua tinta memiliki kecepatan kering yang sama. Selanjutnya adalah proses curing dengan menggunakan peralatan yang khusus untuk bisa mempercepat proses pengeringan tinta pada baju kaos tersebut. Biasanya Anda juga bisa menggunakan mesin flash heater kemudian adalah dengan proses burning atau tahap pengopenan. Sebenarnya cara pengopenan ini bisa diakatakn untuk memberikan treatment kepada baju kaos tersebuta agar tintanya benar- benar kering. Nah itu dia beberapa tahap yang harus Anda ikuti untuk cara pembuatan kaos sablon.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *