Jangan Asal Pilih! Sebaiknya Anda ketahui dan Pelajari Dulu Apa Itu Konveksi Pakaian

Jika Anda saat ini memiliki sebuah bisnis yang bergerak di bidang jual beli pakaian, tentunya membutuhkan supplier yang berkualitas. Dalam hal ini Anda tak bisa main-main dan anggap remeh karena dapat mempengaruhi sukses tidaknya usaha yang dijalankan. Pusat konveksi biasanya banyak digunakan oleh para pengusaha fashion sebagai supplier utamanya. Alasannya tentu saja karena jauh lebih praktis, efektif, dan efisien dalam segala hal. Anda tidak perlu susah payah menjahit dan memproduksi barang. Tinggal memesan, atau mengambil berbagai macam jenis pakaian dan bisa langsung dijual kembali.

Apa yang Dimaksud Konveksi?

Pusat Konveksi merupakan tempat yang memproduksi aneka jenis pakaian. Meskipun sama sama menjahit kain, tetapi konveksi mengerjakan pesanan dalam jumlah sangat banyak, bisa ratusan hingga puluhan ribu dalam sehari. Konveksi sendiri bisa dalam bentuk besar dan bisa juga dalam industri berskala kecil atau rumahan.

Jenis pakaian yang biasanya diproduksi antara lain adalah kaos, kemeja, celana, rok, jaket, blazer, jas, gaun, dan masih banyak lagi. Bahkan ada juga yang memproduksi aneka sandang tambahan seperti topi, tas, sepatu, dll. Namun semua itu bergantung pada jenis dari konveksi itu sendiri nantinya. Kemudian alat yang dipakai untuk memproduksi pakaian biasanya ada dua jenis saja yaitu mesin jahit dan mesin obras. Akan tetapi ada pula tambahan mesin lainnya, contohnya saja mesin sablon ataupun bordir.

Apa Bedanya Konveksi dengan Garmen?

Walaupun sama-sama memproduksi pakaian, tetapi masih ada sebagian besar masyarakat yang belum tau betul apa beda pusat konveksi dan garmen. Kedua tempat ini juga sifatnya memproduksi barang secara massal atau dalam jumlah banyak. Akan tetapi,  antara konveksi dan garmen memiliki perbedaan yang sangat jelas. Konveksi merupakan tempat yang menangani pesanan dalam jumlah yang lebih kecil dibandingkan garmen. Sebelum memutuskan akan menggunakan jasa sebuah garmen atau konveksi, lebih baik perhatikan terlebih dahulu perbedaan dari keduanya.

Konveksi sendiri biasanya jumlah atau kuantiti produksi pesanannya mulai dari12 hingga 10.000 packs. Selain itu, tempat ini merupakan industri yang tergolong kecil dimana memiliki paling tidak 20 buah mesin jahit dan obras. Meskipun begitu, alat yang dipakai pada sebuah konveksi juga cukup lengkap mulai dari mesin jahit, kam, rantai, press kaos, mesin obras, dan alat sablon. Kemudian untuk garmen menangani pesanan atau memproduksi barang dalam jumlah lebih besar. Kuatiti produksinya bisa di atas 10.000 packs dalam satu hari. Oleh karena itu, tentu saja jumlah pegawai yang ada di dalam garmen juga lebih besar. Alat dan mesin yang dipakai sudah sangat lengkap sehingga mampu menangani orderan yang berbeda-beda, misalnya pakaian resmi, jas, kemeja, kaos sablon, baju olahraga, jaket, dan sebagainya. Pegawai yang bekerja di garmen juga sudah digaji sesuai dengan UMR di daerah masing-masing dengan jam kerja yang ditetapkan.

Keuntungan Pakai Jasa Konveksi

Salah satu alasan mengapa banyak pengusaha pakaian yang memilih jasa tempat konveksi adalah karena harganya lebih murah. Memang membeli barang di tempat yang membuatnya secara langsung memiliki harga jual yang sangat miring. Dengan begitu Anda dapat menjualnya kembali sesuai dengan harga toko sehingga mendapatkan keuntungan dua atau bahkan tiga kali lipat. Walaupun begitu, Anda tetap harus memperhatikan segala hal sebelum memilih konveksi pakaian.

Keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan jasa dari sebuah konveksi adalah bisa memilih bahan, dan menggunakan desain sendiri. Misalnya Anda mendapatkan pesanan pakaian dari konsumen maka bisa langsung datang dan membawa desain khusus. Kemudian agar tidak mengalami penipuan, Anda bisa langsung mendatangi konveksi tersebut untuk melihat sendiri kualitas barang produksi. Dalam hal ini, Anda wajib melakukan pemeriksaan terhadap sampel pakaian mulai dari bahan, pola, desain, kerapian jahitan, dan lainnya.

Adanya konveksi memang dirasa sangat menguntungkan, terutama bagi Anda yang ingin membuka usaha jual beli pakaian. Tak perlu harus menjahit dan membuatnya sendiri, cukup datang dan mencari pusat konveksi yang berkualitas. Jika sudah berhasil mendapatkan mitra supplier pakaian yang profesional maka kegiatan bisnis fashion Anda akan lebih mudah.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *