Jenis Kain Yang Digunakan Di Konveksi Kaos Olahraga

Konveksi kaos olahraga menawarkan jasa pembuatan baju-baju untuk olahraga baik dengan desain sendiri maupun desain custom. Usaha konveksi ini menjadi pemasok pakaian olahraga yang masuk ke toko-toko atau bisa juga menerima pesanan pembuatan baju olahraga yang diperlukan untuk seragam di kalangan organisasi misalnya di kalangan sekolah, perusahaan, dan juga organisasi lainnya. Syarat kaos olahraga yang bagus adalah ia harus bisa menyerap keringat dengan baik sehingga badan tidak lembab dan menyebabkan jamur dan bakteri jadi tumbuh, kemudian kaos olahraga juga nyaman digunakan untuk bergerak ke sana kemari tanpa rasa sempit dan kaku, kaos olahraga juga harus punya sirkulasi udara yang baik. Selain kaos, celana olahraga juga penting untuk diperhatikan. Konveksi kaos olahraga ada yang membuat pakaian olahraga satu setel ada juga yang terpisah. Agar pakaian olahraga yang Anda kenakan tidak salah pilih, kenali dulu karakter dari beberapa bahan kaos dan celana olahraga berikut ini.

Kain lotto

Bahan kain umum  yang banyak digunakan untuk membuat kaos olahraga yang pertama adalah kain lotto. Karakter kain ini yang yang lembut dan memiliki ketebalan yang sama dengan kain katun membuatnya banyak dijadikan kaos sepak bola maupun celana olahraga lainnya. Berbeda dengan bahan katun, kaos olahraga yang menggunakan bahan kain lotto  terasa lebih ringan dan tidak menempel di kulit sehingga lebih nyaman ketika badan mengeluarkan banyak keringat.

Kain paragon

Kain ini merupakan salah satu bagian atau jenis kain polyester. Sifat kain paragon juga menurun dari polyester yaitu ia terlihat halus dan lembut namun terasa panas kalau digunakan untuk beraktivitas fisik yang mengeluarkan banyak keringat. Oleh karena itu kain paragon lebih banyak digunakan untuk membuat kostum olahraga basket atau olahraga yang pakainnya tidak terlalu tertutup. Meski tidak begitu bisa menyerap keringat, namun kain ini banyak diminta di konveksi kaos olahraga karena fleksibilitasnya yang cukup baik sehingga Anda bisa bergerak dengan lebih bebas ketika berolahraga.

Kain wafer

Disebut dengan nama kain wafer karena bagian permukannya memiliki motif tekstur seperti wafer. Kain ini banyak digunakan sebagai bahan kaos olahraga karena ia memiliki tekstur yang ringan dan bisa menyerap keringat dengan baik meski tidak sebagus kain katun. Bahan ini banyak digunakan sebagai bahan membuat kaos dan celana olahraga futsal atau pemain bola.

Kain adidas

Bahan selanjutnya yang banyak diminta di konveksi kaos olahraga untuk membuat seragam olahraga adalah kain adidas. Dinamakan kain adidas mungkin karena kainnya sama atau mirip dengan yang digunakan oleh brand pakaian olahraga Adidas dengan kualitas yang mumpuni untuk dibuat menjadi pakaian olahraga. Karakter bahan ini adalah ia cukup tebal namun masih nyaman ketika digunakan berolahraga, bagian dalamnya tidak berbulu sehingga tidak terasa gatal dan lebih nyaman dikenakan ketika tubuh sedang berkeringat. Selain digunakan sebagai bahan kaos olahraga, kain wafer juga banyak digunakan untuk membuat sweater dan jaket.

Kain hyget

Bahan kain hyget adalah campuran antara katun dengan polyester dengan porsi katun yang lebih sedikit dan ketebalannya lebih tipis. Karena katun yang hanya sedikit, kaos olahraga yang dibuat dengan menggunakan hyget tidak bisa begitu menyerap keringat, namun karena tipis ia lebih ringan sehingga bagi para pelaku olahraga lebih nyaman digunakan untuk bergerak aktif.  Hyget dengan kualitas yang terbaik biasanya dibuat menjadi seragam sepak bola, voli, futsal, dan olahraga lainnya yang membutuhkan seragam dengan bahan yang ringan.

Kain parasut

Bahan kain yang juga banyak dijadikan pakaian olahraga adalah bahan parasut. Bahan ini memiliki sifat yang sangat mudah kusut karena bahannya yang tipis dan sangat ringan. Karena sifatnya yang anti air, ia lebih banyak digunakan sebagai celana olahraga ketimbang dibuat jadi kaos. Celana olahraga yang menggunakan parasut pun biasanya di bagian dalam dilapisi dengan bahan lining atau furing. Hal ini untuk memberikan kenyamanan yang lebih baik pada kulit ketika mengenakan celana parasut, kalau tidak diberi furing maka celana akan terlalu tipis dan terasa panas. Itulah dia beberapa jenis kain yang digunakan untuk membuat kaos dan pakaian olahraga di konveksi kaos olahraga.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *