Jenis Seragam Yang Bisa Dibuat Di Konveksi Baju Seragam

Konveksi baju seragam adalah tempat yang bisa memberikan Anda solusi untuk membuat  beragam jenis seragam yang digunakan untuk segala kepentingan. Ada banyak jenis seragam yang digunakan yang disesuaikan dengan organisasi yang mewajibkan menggunakan seragam. Seragam sekolah tentu berbeda dengan seragam yang digunakan oleh orang atau pekerja di pabrik. Seragam yang dikenakan oleh orang yang bekerja di pabrik tentu berbeda dengan seragam yang dikenakan oleh orang yang bekerja di dapur restoran.

Tidak hanya sekedar untuk membedakan profesi, namun jenis-jenis model seragam yang berbeda juga disesuaikan sesuai dengan aktivitas penggunanya. Misalnya seragam pegawai bank terlihat rapi dan formal karena harus melayani nasabah secara profesional, sedangkan seragam untuk kerja di pabrik untuk melindungi tubuh dari resiko-resiko bekerja di pabrik misalnya tergores benda tajam, terciprat bahan yang panas, dan lain sebagainya. Berikut adalah beberapa jenis seragam yang punya perbedaan jelas dan bisa Anda pesan secara kustom di konveksi baju seragam.

Seragam sekolah

Untuk pendidikan formal, Indonesia masih menerapkan aturan wajib mengenakan seragam untuk sekolah dari tingkat dasar hingga tingkat menengah ke atas, yang umumnya berupa kemeja untuk atasan, dan rok untuk wanita, celana untuk pria. Untuk sekolah yang berstatus negeri, warna standar seragam sekolah untuk atasan adalah kemeja putih, dan untuk bawahan adalah merah untuk SD, biru navy untuk SMP, dan abu-abu unuk SMA. Sedangkan untuk sekolah swasta biasanya punya ketentuan seragamnya sendiri. Bahan yang paling umum digunakan sebagai atasan seragamnya adalha bahan TC Dakron atau bahan Oxford yang pas untuk dibuat menjadi kemeja. Sedangkan untuk bawahannya,  bahan yang digunakan adalah bahan drill. Bahan kain tersebut adalah bahan standar yang berlaku secara umum, namun masing-masing sekolah biasanya punya seragam identitas yang dikenakan pada hari tertentu dengan macam bahan yang bisa berbeda dengan bahan standar.

Seragam overall

Baju overall adalah baju terusan yang menggabungkan antara jaket dengan celana bawahan dan menutupi seluruh permukaan tubuh dari leher hingga ke ujung kaki. Baju seragam ini bisa digunakan sebagai outer, namun kadang ada juga yang menggunakannya tanpa menggunakan baju dalaman terlebih dahulu. Baju seragam overall banyak digunakan di lingkungan pekerja bengkel, pekerja konstruksi bangunan, di berbagai macam fasilitas infrastruktur yang memerlukan standar pakaian keamanan, bahkan di kelompok-kelompok petani. Konveksi baju seragam banyak menerima pesanan seragam dengan model overall yang kini tidak hanya digunakan sebagai seragam saja namun untuk gaya pakaian kasual. Bisa juga digunakan untuk kebutuhan pribadi misalnya Anda punya kegiatan di bidang produksi barang seni sehingga membutuhkan pakaian pelindung, atau untuk bekerja di kebun, dan sebagainya.

Seragam wearpack

Wearpack hampir sama modelnya dengan baju overall, hanya untuk seragam wearpack desainnya lebih spesifik sebagai pakaian keamanan yang modelnya disesuaikan dengan aktivitas yang digunakan dan bahan kain yang pas dengan lingkungan kerjanya. Model wearpack sendiri secara umum ada yang one-piece atau overall, ada yang berbentuk satu setel yaitu atasan dan bawahan seperti yang digunakan oleh pemadam kebakaran. Bahan yang umum digunakan untuk membuat pakaian seragam wearpack antara lain adalah bahan drill, twill, taipan tropical, kanvas, dan rafael. Seragam wearpack juga bisa dibuat secara berlapis untuk menambah keamanan misalnya pada pakaian pasukan pemadam kebakaran yang dibuat berlapis agar tidak mudah terbakar, meminimalisir rasa panas yang ditimbulkan oleh api, dan tidak mudah sobek. Baju seragam wearpack juga biasanya dilengkapi dengan strip kain yang bisa menyala dalam gelap agar bisa tetap terlihat meski lingkungan kerjanya gelap.

Seragam formal

Konveksi baju seragam juga menerima banyak pesanan seragam untuk di lingkungan formal misalnya untuk di lingkungan kantor pemerintah, perusahaan, bank, dan juga berbagai macam lingkungan profesional yang mewajibkan pegawainya untuk mengenakan seragam dengan model yang formal. Bahan yang digunakan bisa bermacam-macam, ada yang menggunakan bahan drill, bahan kain acrylic, kashmir, polyester, kanas, lightweight wool, twill, dan masih banyak lagi lainnya. Bahan kain seragam yang digunakan untuk aktivitas kerja indoor bisa berbeda dengan yang digunakan untuk di luar ruangan. Bahan-bahan kain yang digunakan untuk seragam formal umumnya adalah kain yang tebal, tidak mudah kusut, namun tetap memberikan kenyamanan pada pemakainya. Itulah beberapa macam jenis seragam yang punya perbedaan model dan bahan yang digunakan pun berbeda yang biasa dikerjakan oleh konveksi baju seragam.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *