Kain Kualitas Terbaik Untuk Konveksi Baju Seragam Kantor

Kain Terbaik Seragam Kantor

Jenis kain konveksi baju seragam kantor tentu tidak sama dengan jenis kain untuk membuat produk konveksi lain seperti kaos atau polo shirt. Dibutuhkan jenis kain yang memiliki ketahanan lebih sehingga awet saat digunakan sebagai seragam kantor.

Sama halnya dengan baju seragam lain, seragam kantor rutin digunakan. Karenanya pasti akan melalui proses pencucian berulang. Agar baju seragam kantor tetap bagus dan tahan lama berikut beberapa jenis kain kualitas terbaik yang bisa Anda pilih:

                     Lightweight Wools

Saat mendengar nama kain wol mungkin Anda langsung teringat kain dari bulu domba dengan bahan yang berat. Kain wol memang cukup berat, halus, dan hangat. Sehingga sering digunakan untuk membuat sweater, mantel, jaket, atau syal. Namun, tidak dengan lightweight wools. Jenis kain ini termasuk wol yang lebih ringan tapi tetap hangat. Bisa digunakan untuk membuat produk pakaian apa saja yang jatuhnya pas di badan. Kain ini cukup awet, jadi cocok untuk seragam kantor.

                     Drill

Drill mempunyai permukaan kain berupa garis-garis diagonal dengan tenunan lebih rapat dan kuat. Dimana bagian depan dan belakang memiliki permukaan berbeda. Kain seragam ini cukup lembut, kuat, warnanya tidak mudah pudar, dan tahan kusut. Drill sendiri banyak digunakan untuk membuat baju seragam kantor indoor atau lapangan.

                     Polyester

Polyester atau PE dibuat dari serat sintetis hasil minyak bumi. PE bentuk dan teksturnya mirip seperti kain katun. Hanya saja bila PE dibakar akan menimbulkan bau seperti plastik terbakar. Keunggulan kain PE cukup murah untuk membuat seragam. Untuk seragam kantor digunakan jenis high twist atau low twist yang bertekstur halus, bobot sedang, dan tahan tinggi. Pas untuk seragam kerja, dinas, atau lainnya.

                     USA Drill

USA Drill dibuat dari kombinasi katun dan polyester. Di pasaran banyak brand yang menawarkan jenis kain ini dengan kualitas bertingkat. Cocok untuk membuat konveksi baju seragam kantor kantor indoor ataupun outdoor.

                     Tropical

Kain tropical merupakan jenis kain hasil kombinasi katun dan polyester. Adapun yang membedakan dari jenis kain lainnya adalah rasio antara katun dan polyester. Dimana tropical relatif tetap dingin saat digunakan.

                     Kanvas

Kanvas termasuk jenis kain dari kategori katun. Lebih tepatnya kombinasi katun dan linen. Kanvas sebenarnya lebih umum digunakan untuk membuat layar perahu, tenda, tas lapangan, atau produk konveksi lain yang membutuhkan daya tahan kuat. Akan tetapi, pada perkembangannya kanvas juga digunakan untuk produksi seragam kantor. Jenis kain ini bertekstur cukup tebal yang tetap nyaman digunakan. Di pasaran terdapat varian tingkatan ketebalan yang bisa disesuaikan untuk membuat kemeja, jaket, atau lainnya.

                     Twill Cotton

Twin cotton mempunyai permukaan kain seperti kain drill. Dimana sekarang lebih  banyak turunan kain twill cotton dengan ketebalan dan kerapatan tenunan yang lebih variatif. Termasuk jenis kain yang kuat dan tahan lama. Sehingga banyak digunakan untuk membuat kemeja lapangan, seragam kantor, jaket, atau lainnya.

                     Gabardine

Gabardine sekilas mirip seperti twill cotton. Terdapat garis berbentuk diagonal. Kain ini nyaman digunakan karena memiliki kerapatan yang lebih renggang dibanding twill cotton.

                     Leather & Suede

Jenis kain ini dibuat dengan bahan dasar kulit asli. Baik itu kulit sapi, kerbau, dan bahkan ada yang dibuat dari kulit buaya, ular, katak, atau lainnya. Ada pula yang dibuat dari kulit buatan sintesis. Leather dan suede sama-sama dibuat dari bahan kulit. Adapun yang membedakan adalah leather dibuat dari kulit luar, sementara suede dari kulit dalam. Kesan mengkilap dan elegan yang dihadirkan akan menambah kesan mewah pada baju seragam. Hanya saja bahan ini membutuhkan perawatan khusus.

                     Acrylic

Acrylic merupakan jenis kain dari serat sintetis. Kain ini memiliki sifat yang mirip seperti wol. Dimana saat disentuh permukaan kain terasa lembut, bulky, ringan, dan tahan terhadap panas. Meski serat kain tidak dapat menyerap kain, tetapi arcylic lebih cepat kering dibanding jenis kain dari serat sintetik yang lain. Sehingga cukup nyaman untuk membuat produk konveksi baju seragam kantor.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *