kaos kampanye

 

Jenis-Jenis Kaos Kampanye Dan Kualitasnya

Kaos kampanye adalah atribut kampanye yang digunakan untuk mempromosikan pasangan calon yang ikut pemilihan umum atau partai politik yang eksis di pemerintahan dengan maksud agar masyarakat makin mengenal mengenai dunia politik dan siapa saja yang eksis di panggung politik. Kaos  dengan tema kampanye ini paling banyak biasanya ditemukan saat sedang musim pemilhan umum di mana banyak partai maupun calon wakli rakyat akan melakukan pesanan pembuatan kaos dalam jumlah banyak. Berbicara mengenai kaos, ada banyak jenis bahan yang bisa digunakan untuk membuat kaos dengan masing-masing keunggulan dan kelemahannya. Berikut adalah beberapa jenis kaos kampanye yang bisa jadi pilihan Anda tergantung dengan kebutuhan dan juga kualitas yang ingin Anda capai.

Kaos kampanye bahan katun

Bahan katun adalah bahan favorit yang paling banyak digunakan untuk membuat kaos, namun untuk ukuran kaos kampanye bahan katun kurang banyak diminati. Hal ini disebabkan karena bahan katun dibuat dari 100% serat kapas sehingga harganya cukup mahal apalagi  karena kaos untuk kampanye biasanya diproduksi dalam jumlah yang sangat banyak. Bahan katun punya karakter kain yang tebal namun tidak terlalu tebal, tergantung dari gramasinya misalnya 20s, 24s, atau 30s. Ia lebih mudah untuk menyerap keringat sehingga sangat nyaman digunakan untuk kegiatan sehari-hari, ketika dikenakan di badan pun seratnya lembut dan tidak menimbulkan rasa gatal atau panas di kulit. Bahan kain katun lebih banyak digunakan untuk produksi kaos distro dengan kualitas yang umumnya lebih bagu dibandingkan dengan kaos partai.

Kaos kampanye bahan cardet

Bisa dibilang bahan cardet adalah KW-nya bahan katun combed. Dari luar memang terlihat mirip namun ketika disentuh ia punya tekstur yang sedikit lebih kasar dibandingkan dengan katun. Namun karena harganya yang lebih murah, kain cardet banyak digunakan untuk membuat pakaian yang ditujukan untuk kelas menengah ke bawah misalnya seragam buruh, kaos oblong seragam olahraga di sekolah-sekolah,  atau kaos pabrik. Meski harganya yang lebih murah, namun jenis kaos ini memang masih cukup jarang dipilih untuk digunakan membuat kaos kampanye.

Kaos kampanye bahan polyester

Bahan kain polyester adalah kain yang dibuat secara sintetik yang merupakan bahan sampingan pengolahan minyak bumi.  Ia memiliki tekstur yang lebih berdimensi dibandingkan dengan bahan katun yang mulus. Jarang sekali bahan ini digunakan sebagai bahan kaos kampanye atau kaos yang digunakan untuk pakaian sehari-hari dan lebih banyak digunakan sebagai bahan pakaian setelan, blazer, dress, dan jenis pakaian lainnya. Jarang digunakan untuk bahan kaos karena ia tidak bisa menyerap keringat dan tidak punya jalur untuk sirkulasi udara sehingga apabila digunakan sebagai pakaian sehari-hari ia akan terasa terlalu panas. Namun bahan ini memiliki keunggulan tersendiri yaitu ia tidak mudah kusut, lebih cepat kering,  dan tidak gampang berubah bentuk seperti menyusut atau melar.

Kaos kampanye bahan cotton viscose

Bahan viscose atau bahan rayon adalah kain sintetis yang punya serat lebih lembut dibandingkan dengan kapas. Oleh karena itu harga kain rayon memang lebih mahal dibandingkan dengan kain yang dibuat dari bahan kapas. Untuk mendapatkan kualitas kain yang bagus dengan harga yang lebih terjangkau, dibuatlah kain CVC atau cotton viscose yang mencampurkan  45% viscose dan 55% katun combed. Sehingga hasil kaos yang dibuat dengan menggunakan bahan ini punya serat yang halus, mudah menyerap keringat, namun harganya bisa lebih terjangkau. Anda bisa memilih membuat kaos kampanye dengan menggunakan bahan ini untuk kualitas kaos yang lebih unggul tapi tetap lebih murah.

Kaos kampanye bahan hyget

Bahan kaos kampanye terakhir yang akan dibahas adalah bahay hyget. Bahan ini punya karakter yang halus dan lebih tipis sehingga banyak dipesan orang untuk membuat kaos dalam jumlah banyak dengan harga yang lebih murah seperti pembuatan kaos partai. Kain hyget sendiri dibagi jadi beberapa jenis berdasarkan ketebalannya, yang paling banyak digunakan untuk kaos partai adalah hyget biasa dengan ketebalan kain yang tidak terlalu tipis sehingga masih layak apabila dikenakan sebagai pakaian sehari-hari. Mana yang paling pas dengan kualitas keinginan Anda dan pas dengan budget Anda untuk digunakan sebagai bahan membuat kaos kampanye?

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *