Kaos partai

Bahan Kain Yang Umum Digunakan Pada Kaos Partai Untuk Kampanye
Kaos partai adalah kaos dengan gambar logo partai tertentu atau foto calon yang sedang maju ke pemilihan dengan tujuan sebagai salah satu sarana kampanye agar lebih banyak dikenal oleh masyarakat. Kaos ini biasanya dibagikan ke masyarakat sebagai atribut kampanye pada masa-masa pemilihan umum dan menjadi atribut kampanye yang cukup banyak digunakan. Bahan yang digunakan untuk membuat kaos ini biasanya beda dengan kaos katun dan memiliki tekstur yang lebih ringan. Hal ini umumnya dikarenakan untuk menghemat budget kampanye tapi bisa mendapatkan jumlah kaos sebanyak-banyaknya sehingga makin banyak masyarakat yang mengetahui mengenai eksistensi partai politik maupun calon yang diajukan. Bahan material yang digunakan untuk konveksi kaos partai umumnya ada dua yaitu hyget atau PE atau polyester yang keduanya memiliki bobot yang lebih ringan dan tipis dibandingkan dengan katun. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari masing-masing bahan ini? Mana yang paling pas digunakan untuk membuat kaos kampanye partai?
Kaos partai bahan Hyget
Bahan yang pertama adalah Hyget. Bahan material ini punya karakter kain yang licin, mengkilap dan tidak menyerap keringat. Sehingga apabila digunakan pada cuaca yang panas kurang nyaman karena rasanya panas dan gerah. Karena bahannya yang licin, teknik sablon yang biasanya digunakan adalah dengan menggunakan teknik transfer paper. Dengan teknik ini warna sablonan yang keluar akan lebih terlihat jelas dibandingkan apabila diterapkan pada kain PE. Kemudian untuk mengakali ketebalan kain yang tipis, bisa digunakan sablon disperse sehingga warna kain yang transparan putih bisa diubah ke warna lain dengan lebih mudah. Macam-macam kain hyget yang digunakan untuk kaos partai antara lain adalah:
Hyget super
Disebut juga dengan kain serena. Kain kualitas ini adalah kain hyget yang punya tingkat ketebalan gramasi dari 101 gsm sampai 110 gsm bahkan ada yang 120 gsm. Makin tinggi tingkat gramasinya maka makin tinggi ketebalannya. Kualitas kain hyget super adalah kain hyget yang paling tebal dan lebih aman digunakan oleh para wanita karena tidak terlalu transparan.
Hyget biasa
Hyget biasa atau hyget medium adalah kain hyget dengan ketebalan 90 gsm sampai 100 gsm. Jenis kain ini paling banyak dipesan untuk kaos partai karena kualitas dan harganya yang berada di tengah-tengah, tidak terlalu murah dan tidak mahal.
Hyget puring
Kain hyget ini adalah jenis yang paling tipis dengan ketebalan gramasi hanya sekitar 70 gsm sampai 90 gsm. Bahannya tipis dan transparan sehingga kalau dijadikan untuk bahan kaos kurang sopan karena bagian tubuh yang bisa terlihat dari permukaan luar kaos. Bahan yang tipis ini tidak direkomendasikan untuk dijadikan bahan kaos apalagi untuk produksi masal karena kualitas yang buruk apabila dijadikan pakaian jadi.
Kaos partai bahan polyester (PE)
Kaos partai dengan bahan PE lebih direkomendasikan apabila Anda ingin membuat kaos dengan jumlah yang lebih banyak, harganya lebih murah, tapi kualitasnya tidak bikin malu. Bahan ini sama memiliki tekstur yang licin namun ketika dikenakan sebagai pakaian, rasanya tidak begitu panas jika dibandingkan dengan bahan hyget. Bahan ini pun lebih pas apabila Anda menginginkan desain kaos dengan tambahan kerah sehingga membuat kaos terlihat lebih bagus. Kelemahannya adalah kesulitan dalam mengaplikasikan teknik sablon dan hasilnya tidak seterang sablonan kaos hyget. Berikut adalah dua macam jenis bahan PE yang bisa dipilih:
PE single
Jenis kain PE ini adalah jenis yang paling tipis untuk digunakan sebagai bahan kaos partai. Karena lapisannya yang tipis, ia terlihat licin dari luar namun bagian dalamnya agak kasar sehingga kalau digunakan agak kurang nyaman. PE single pun dibagi jadi dua yaitu single knit tipis dan knit tebal.
PE double
Bahan ini tentu lebih tebal dibandingkan dengan bahan PE single, bagian luar maupun bagian dalamnya pun sama-sama terasa lebih halus dan cukup nyaman digunakan sebagai kaos. Bahan ini paling direkomendasikan untuk pembuatan kaos sebagai atribut kampanye, kaos event, spuvenir, dan lain sebagainya. Itulah dia sedikit pembahasan mengenai bahan-bahan yang umum digunakan pada kegiatan produksi kaos partai.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *