kompeksi baju anak

Ciri Khas yang Terdapat Pada Kompeksi Baju Anak

Kompeksi baju anak artinya adalah produksi baju secara massal yang ditujukan untuk manjangkau konsumen berusia anak-anak atau balita. Dari segi ukuran dan proses pembuatan baju anak sangatlah berbeda dengan baju orang dewasa. Baju orang dewasa mempunyai teknik yang lebih mudah jika dibandingkan dengan teknik konveksi pada baju anak. Hal didasarkan bahwa baju anak memiliki ukuran yang lebih kecil sehinga harus lebih teliti dan tepat dalam proses penjahitan. Oleh karena itulah beberapa merk memberikan harga yang lebih tinggi pada baju anak-anak dibandingkan dengan baju dewasa. Selain tingkat kerumitan yang semakin sulit karena ukurannya yang kecil, pada baju anak juga harus menyesuaikan warna dan bahan bajunya sehingga tidak bisa disamakan dengan bahan baju orang dewasa.

Dengan demikian tampak jelas perbedaan mendasar yang membuat kompeksi baju anak harus diperhatikan dan tidak bisa disamakan dengan fashion baju dewasa. Berikut ini adalah beberapa ciri khas yang ada pada produksi baju anak.

Berbahan Nyaman dan Fleksibel

Baju anak haruslah berbahan dasar kain yang memiliki sifat ringan, fleksibel, dan nyaman. Ketiga sifat kain ini didasarkan pada watak anak. Ringan misalnya difungsikan agar anak-anak tidak terlalu terbatasi tingkah lakunya dengan bahan baju yang berat. Terdapat beberapa jenis bahan baju yang berat misalnya denim dan flanel. Jadi kedua bahan ini sangat jarang ditemukan dan digunakan oleh pabrik konveksi baju anak. Berikutnya sifat fleksibel untuk mengimbangi gerakan anak yang lincah sehingga diperlukan kain khusus yang tidak mudah robek akan tetapi berbahan ringan. Salah satu bahan yang mempunyai sifat demikian adalah kain katun. Sedangkan bahan yang nyaman ditujukan agar anak selalu merasa nyaman saat memakai bajunya terutama pada saat istirajat dan bermain.

Berwarna Cerah

Karakter ceria dapat diungkapkan melalui warna-warna cerah yang menjadi ciri khas karakter anak-anak. Warna merah, kuning, hijau, biru pekat dan padat sangat disukai oleh anak-anak. Hal inilah yang membuat produsen baju selalu membuat dan memprioritaskan pemilihan kain berwarna cerah pada baju anak-anak. Sekalipun terdapat kombinasi dari warna gelap akan tetapi dominasi yang sering digunakan tetap pada warna cerah. Selain terlihat lebih ceria, anak-anak akan terlihat lebih berseri dan bersemangat ketika mengenakan baju berwarna cerah ini. Warna cerah yang digunakan untuk memproduksi baju anak seringkali disesuaikan dengan musim film yang sedang booming. Misalnya spiderman maka identik dengan warna biru dan merah, power rangers, upin-ipin, dan masih banyak lainnya.

Sablon yang Kuat

Sablon yang kuat sangat dibutuhkan untuk mengimbangi daya juang anak ketika bermain khususnya di outdoor atau di luar ruangan. Sablon yang kuat pada umumnya akan fleksibel dengan bahan kain baju. Ciri khas sablon jenis ini adalah ketika ditarik tidak mudah pecah dan ketika di cuci tidak akan luntur atau rusak. Jadi tidak heran dibutuhkan sablon dengan kualitas premium untuk menjadi bahan dasar baju anak.

Jahitan yang Tahan Lama

Pada baju anak juga dibutuhkan jahitan yang tahan lama. Jahitan yang tahan lama dipengaruhi oleh kualitas jahitan dan kualitas dari bahan benang yang digunakan untuk menjahit. Jahitan yang rapi bisa terlihat dari tidak adanya ujung benang yang mengambang sehingga tak terlihat adanya celah jahitan yang memungkinkan untuk lepas. Jahitan yang rapi juga akan terlihat dari tidak adanya bagian baju yang tidak tersambung dengan sempurna. Sedangkan benang yang digunakan untuk menjahit harus terbuat dari bahan yang elastis sehingga mampu mengimbangi gerakan anak yang lincah. Benang yang fleksibel akan membuat kain yang menjadi bahan dasar baju terbantu dan tidak mudah sobek sehingga bisa membuat aak-anak nyaman dalam bermain.

Mengikuti Tren yang Sedang Berkembang

Salah satu hal yang harus dilakukan oleh pabrik baju anak adalah mengikuti tren yang sedang disukai oleh anak-anak. Dengan peka terhadap tren yang sedang berkembang dapat mendongkrak tingkat produksi karena banyak anak-anak yang mencari baju dengan tema tersebut. Selalu update tentang film yang disukai anak-anak akan membantu untuk melihat celah meningkatkan hasil produksi. Berbagai karakteryang disukai anak-anak juga ikut disablonkan pada bajunya untuk menambah rasa suka pada anak-anak. Itulah beberapa ciri khas yang terdapat pada kompeksi baju anak.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *