Konveksi Baju Murah

Mesin Jahit Yang Umum Digunakan Di Konveksi Baju Murah

Konveksi baju murah adalah bisnis tempat pembuatan pakaian yang bisa dikelola kecil-kecilan atau skala industri rumahan hingga skala yang besar atau skala pabrik. Mau yang skala kecil atau besar keduanya sama-sama membutuhkan mesin dan alat yang diperlukan untuk mengerjakan pesanan pakaian sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan oleh konsumen. Salah satu alat mesin yang tidak boleh absen dari tempat kerja konveksi adalah mesin jahit. Mesin jahit yang digunakan pun bermacam-macam, mulai dari mesin yang punya fungsi khusus hingga mesin jahit serbaguna yang bisa mengerjakan semua jahitan hanya dengan menggunakan satu mesin saja. Untuk proses produksi yang cepat, mesin jahit yang digunakan pengusaha konveksi tentunya yang harus bisa bekerja dengan efektif dan digunakan oleh tenaga penjahit yang paham cara menggunakan mesin jahit. Berikut adalah beberapa jenis mesin jahit yang biasa digunakan untuk usaha konveksi baju murah.

Mesin jahit high speed

Bedanya perusahaan konveksi dengan penjahit rumahan adalah tenaga mesin jahit yang digunakan. Usaha konveksi diharapkan bisa memproduksi produk tekstil yang jumlahnya ribuan bahkan lebih dalam satu bulan. Konveksi juga dituntut untuk bisa menyelesaikan pesanan dengan tepat waktu sehingga dibutuhkan alat yang lebih dari sekedar mesin jahit biasa untuk mengerjakannya. Oleh karena itu usaha konveksi baju murah menggunakan mesin jahit berkecepatan tinggi yang bisa menghasilkan ribuan jahitan dalam satu menit. Mesin jahit ini menggunakan dynamo bertenaga besar sebagai tenaganya sehingga penjahit tidak harus menggunakan kakinya seperti pada mesin jahit klasik jaman dulu.

Mesin jahit obras

Selain mesin jahit biasa, usaha konveksi baju murah juga harus punya mesin jahit obras yang fungsinya adalah untuk merapikan sisa lipatan pada jahitan pakaian  sehingga kualitas produk tekstil yang sedang dibuat bisa lebih bagus dan memuaskan konsumen. Ada beberapa  macam jenis mesin obras yang digunakan oleh perusahaan konveksi misalnya obras benang 3, obras benang 4, dan obras benang 5. Yang paling banyak digunakan adalah mesin jahit obras benang 5 karena dianggap bisa bekerja lebih efektif. Mesin jahit obras benang 5 juga bisa diatur untuk menjahit benang 3 maupun 4.

Mesin jahit kancing

Memang terlihat sepele namun menjahit bagian kancing secara manual bisa membutuhkan waktu yang lama karena pengerjaannya yang memerlukan detail dan konsentrasi yang tinggi. Oleh karena itu untuk mempercepat proses pemasangan kancing pada pakaian, perusahaan konveksi menggunakan mesin jahit khusus untuk perkancingan. Mesin jahit ini biasanya digunakan oleh perusahaan konveksi baju murah yang menerima pesanan kaos berkancing seperti polo shirt, atau jaket, atau produk tekstil lainnya yang desainnya menggunakan kancing.

Ada beberapa jenis mesin jahit kancing yang digunakan pada perusahaan konveksi di antaranya adalah mesin  jahit kancing lubang kancing, mesin jahit pasang kancing, dan mesin jahit press kancing. Mesin jahit lubang kancing adalah mesin yang digunakan untuk melubangi bahan untuk tempat merekatkan kancing. Mesin ini dibutuhkan karena detail dan kerapian jahitan lubang adalah kunci dari kualitas produk tekstil yang tinggi. Kemudian ada mesin jahit pasang kancing yang digunakan untuk mempercepat proses pemasangan kancing pada bahan. Lalu ada mesin jahit press kancing yang digunakan untuk membuat kancing jenis bungkus dan juga memasang kain model jepret. Kancing bungkus adalah kancing yang dibalut bahan dengan motif dan warna yang sama atau senada dengan desain pakaian sehingga menjadi satu kesatuan yang harmonis,

Mesin jahit serba guna

Lalu adakah mesin jahit yang bisa mengerjakan semuanya sehingga tidak perlu beli mesin jahit yang berbeda untuk jahitan yang berbeda. Memang ada, mesin jahit serba guna ini bisa mengerjakan jahitan biasa, bisa mengerjakan jahitan pada bagian lipatan-lipatan dengan lebih rapi, dan bisa digunakan untuk mengerjakan kancing seperti membuat lubang dan juga memasang kancing pada pengaitnya. Namun kelemahannya adalah belum ada mesin jahit serbaguna yang dinamonya cukup kuat untuk memenuhi produksi industri konveksi baju murah sehingga untuk industri yang skala sedang hingga besar umumnya lebih menyukai menggunakan mesin jahit yang terpisah.  Demikian beberapa jenis mesin jahit yang digunakan pada bisnis konveksi baju murah.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *