Konveksi kaos partai

 

Tips Bisnis Konveksi Kaos Partai Menuju Sukses

Konveksi kaos partai adalah peluang bisnis yang cukup menjanjikan keuntungan di Indonesia. Pasalnya Indonesia adalah negara demokratis di mana setiap beberapa tahun sekali akan dilakukan pemilihan umum untuk menentukan siapa saja yang berhak untuk menduduki kursi pemerintahan. Untuk meraup penberi suara sebanyak-banyaknya, kegiatan kampanye pun dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya adalah dengan membagikan kaos partai kepada masyarakat selain menyebar baliho, banner, dan media promosi lainnya. Pesanan kaos dalam jumlah yang banyak tentu diikuti dengan transaksi dalam jumlah yang besar pula. Maka dari itu banyak yang memanfaatkan kesempatan ini untuk membuka bisnis konveksi yang menerima pembuatan kaos partai dengan tenggat waktu yang cukup singkat. Bagi Anda yang masih ragu atau masih meraba-raba bagaimana mengelola bisnis konveksi agar meraih keuntungan sebesar-besarnya, berikut adalah beberapa tips yang bisa disimak untuk melancarkan bisnis konveksi kaos partai.

Kenali kemampuan produksi Anda

Hal yang wajar terjadi pada saat musim kampanye adalah penyedia jasa konveksi mendapatkan pertanyaan atau bahkan permintaan yang di luar batas kewajaran. Misalnya minta untuk dibuatkan kaos partai dalam jumlah yang banyak sekali tapi deadline yang diberikan terlalu singkat. Apabila Anda mendapatkan permintaan seperti ini yang harus dipertimbangkan adalah kapasitas produksi dari perusahaan konveksi Anda. Sebaiknya jangan menerima permintaan pesanan kaos dalam jumlah yang melebihi kemampuan produksi Anda. Misalnya klien minta dibuatkan kaos jumlah tertentu dalam waktu satu bulan padahal untuk memenuhi jumlah tersebut Anda membutuhkan waktu selama 3 bulan. Menerima pesanan yang melebihi kapasitas produksi hanya akan membuat Anda susah nantinya dan bisa berakibat pada tidak terpenuhinya pesanan klien sehngga nama baik dan juga operasional bisnis konveksi kaos partai Anda bisa terganggu.

Mencari rekanan konveksi kaos partai untuk kerja sama

Menerima pesanan dalam jumlah besar akan lebih mudah apabila Anda punya jaringan rekanan yang bisa membantu Anda untuk memenuhi pesanan produksi. Umumnya, dalam satu hari sebuah perusahaan konveksi hanya bisa memproduksi kaos sebanyak 10.000 buah. Anda bisa mencari rekanan yang bisa dipercaya dan punya hasil kerja dengan kualitas yang bagus untuk mengerjakan jumlah pesanan dalam waktu yang lebih singkat. Dengan demikian Anda bisa menerima pesanan konveksi kaos partai dalam jumlah yang besar dan bisa selesai dalam waktu yang telah ditentukan. Konsumen pun akan senang dan tidak ada pemasaran yang lebih baik dibandingkan dengan menjaga kepuasan konsumen.

Wajib minta konsumen untuk bayar DP

Untuk bisa bekerja membuat pesanan kaos, tentunya Anda membutuhkan dana operasional sebagai biaya produksi. Untuk menjaga kesehatan keuangan bisnis Anda, mintalah kepada konsumen yang memesan kaos partai untuk membayar down payment atau uang muka ketika melakukan pemesanan. Jumlah DP yang dibayar pun sebaiknya jumlah yang cukup untuk melakukan produksi. Minta DP di awal pemesanan juga berguna sebagai pengaman bisnis konveksi kaos partai untuk jaga-jaga apabila ada perselisihan antara konsumen dengan Anda setelah barangnya jadi. Tidak jarang konsumen yang tiba-tiba membatalkan pesanannya karena berbagai macam hal padahal kaosnya sudah jadi. Kalau tidak ada DP di awal maka hal ini bisa membuat Anda jadi rugi karena untuk menjalankan produksi kaos partai dalam jumlah yang besar dibutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Sediakan informasi yang lengkap

Calon-calon konsumen yang datang atau menghubungi nomor usaha konveksi Anda belum tentu akan langsung memesan kaos partai ke pabrik konveksi Anda. Ada kalanya orang akan melakukan riset dulu mengenai spesifikasi usaha konveksi sebelum memutuskan akan memesan atau tidak. Maka dari itu sediakan informasi yang lengkap dan siap untuk diberikan kepada konsumen yang bisa memengaruhi keputusannya untuk pesan kaos partai di tempat Anda. Informasi yang umumnya wajib disediakan konveksi kaos partai antara lain adalah bahan kain yang bisa dipilih, jumlah minimal pesanan kaos tergantung dari bahannya dan juga alat produksi yang digunakan, harga satuan kaos dan berapa tambahannya kalau beli lebih sedikit dari jumlah minimal, kemudian model kaos apa saja yang bisa Anda buat, contoh model kaos jadi, dan lain sebagainya. Informasi tersebut bisa Anda tuangkan ke situs resmi usaha konveksi Anda agar lebih mudah diakses konsumen. Demikian beberapa hal yang bisa jadi referensi Anda untuk mengembangkan bisnis konveksi kaos partai.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *