Membuat Desain Untuk Produk Konveksi Kaos Bolong

Konveksi kaos oblong adalah bisnis yang membutuhkan kreativitas tanpa henti, apalagi kalau bisnis yang Anda jalankan adalah produksi kaos yang menjual desain sendiri, bukan hanya sekedar menjual produk grosir atau titipan. Konsumen akan dengan senang hati membeli produk Anda apabila desain kaosnya terlihat menarik, dan juga unik. Desain kaos yang Anda jual sebaiknya adalah desain original yang tidak mengikuti hasil karya orang lain, meski mengambil inspirasi dari karya orang lain tentu boleh saja asal tidak dijiplak. Namun sebagai desainer, pasti ada kalanya Anda merasa menemui jalan buntu dan tidak bisa mengeluarkan ide-ide yang bagus untuk desain kaos yang layak untuk dijual dan sesuai dengan ekspektasi para konsumen. Mungkin Anda punya metode sendiri untuk mendesain kaos demi usaha konveksi kaos oblong, namun berikut ini adalah beberapa hal yang bisa jadi panduan Anda untuk memulai membuat desain yang terbaik.

Eksplorasi konsep

Proses brainstorming adalah proses yang penting untuk mencari sebuah ide baru yang bisa digunakan sebagai produk dari bisnis kreatif. Sebagai desainer, Anda bisa melakukan proses brainstorming dengan membuat berbagai macam sketsa dari benda yang ada di sekitar Anda atau yang ada di fantasi Anda. Tuangkan semuanya dalam buku sketsa Anda dan jangan memaksakan diri dengan membuat desain hanya untuk kaos saja, intinya adalah membebaskan pikiran dan isi kepala Anda dan menuangkannya dalam gambar. Jika Anda beruntung, ide yang pas untuk desain produk konveksi kaos oblong bisa datang secara tiba-tiba, namun jika belum menemukan yang pas Anda bisa melakukan eksplorasi lebih jauh misalnya jalan-jalan, melakukan aktivitas seperti biasanya, menonton film, membaca majalah, dan sebagainya.

Pasang desain pada kaos

Membuat desain untuk kaos bisa berbeda dengan membuat desain untuk yang lain, misalnya website, poster, stiker, dan sebagainya. Untuk melihat apakah desain yang Anda buat cocok dipasang pada kaos, buat layout atau template kaos yang ditempel dengan gambar desain yang Anda buat. Anda bahkan bisa mencetaknya dengan menggunakan kaos yang sebenarnya dan meminta orang untuk mencoba mengenakannya. Dari sini Anda bisa melihat apakah desain yang Anda buat cocok ditempelkan pada kaos atau tidak.

Tidak perlu selalu banyak detail

Karena banyak menghasilkan karya dengan banyak detail yang bisa membuat orang menelusuri tiap detailnya selama beberapa lama, Anda mungkin terbiasa membuat desain dengan konsep yang banyak detail, banyak elemennya, sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyelesaikan desain. Anda bisa membuat inovasi desain baru untuk produk konveksi kaos oblong Anda dengan desain yang lebih sederhana namun pesan yang ingin diperlihatkan tetap tersampaikan dengan baik. Jaman sekarang makin banyak orang yang menyukai desain kaos yang lebih simpel misalnya hanya berupa logo di bagian tengah kaos, atau tulisan pendek yang bisa dibaca orang dalam hitungan 2 detik. 

Identifikasi konsumen Anda

Pada akhirnya, konveksi kaos oblong adalah usaha yang seharusnya memberikan pendapatan dan juga keuntungan. Dari mana Anda mendapatkan pendapatan? Tentu dari barang yang berhasil terjual dan dibeli oleh konsumen. Oleh karena itu untuk menentukan konsep desain produk kaos, tentukan dulu untuk siapa kaos yang Anda buat tersebut. Apakah untuk anak kecil, remaja dan orang dewasa, atau untuk kalangan yang lebih tua usianya, untuk wanita atau untuk pria? Apa yang menjadi kesukaan dari kategori target pasar misalnya jenis musik yang paling banyak didengar atau gaya desain yang sedang jadi tren di pasaran. Semua faktor tersebut harus dipikirkan untuk menghasilkan desain yang menarik perhatian para target konsumen usaha Anda.

Desain yang sopan

Beberapa orang mungkin menyukai kaos dengan desain yang agresif seperti gambar yang tidak senonoh atau kata-kata kasar yang bisa menyinggung orang lain. Jadilah pengusaha yang bijak dengan tidak mendukung bibit-bibit negatif dengan membuat  kaos yang desainnya mengandung konten agresif. Hindari membuat desain kaos yang menyinggung kalangan, umat, atau suku dan ras tertentu, agar nama usaha Anda tidak dikenal sebagai pabrik kaos yang mempromosikan hal-hal negatif di masyarakat terutama di kalangan muda. Demikian adalah beberapa tips untuk memulai membuat desain untuk produk konveksi kaos oblong.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *