Memilih Jenis Bahan Sablon Saat Menggunakan Jasa Sablon Bandung

.

 

Jasa sablon Bandung merupakan sebuah jasa yang tidak bisa dihitung lagi karena banyaknya orang yang mempunyai keahlian dalam bidang tersebut. Hal ini tak lepas dari kota Bandung yang merupakan pusat mode di Indonesia sehingga laju perkembangan fashion begitu pesat. Penggunaan kaos di Bandung menjadi salah satu tren dengan berbagai jenis sablon yang terlihat pada bagian depan kaos tersebut. Apalagi pada jenis kaos distro maka sablon yang digunakan mengikuti tren yang sedang berkembang. Penggunaan bahan dasar sablon ini nantinya akan mempengaruhi harga jual dari kaos distro tersebut.

Bagi orang umum tentunya penggunaan bahan sablon yang berbeda tidak akan terlihat karena seringkali mereka melihat pada desain sablon di kaos tersebut. Padahal terdapat banyak jenis bahan sablon yang bisa dipilih. Jadi bagi anda yang baru mengetahuinya tentunya akan lebih baik untuk mengenali terlebih dahulu bahan-bahan yang digunakan pada sablon kaos. Berikut ini adalah beberapa jenis bahan dasar sablon yang umumnya ditawarkan atau digunakan oleh jasa sablon Bandung.

Rubber

Pernakah anda mencoba untuk menarik sablon kaos ketika membelinya? Tentunya pernah karena salah satu cara yang paling umum untuk menentukan kualitas dari sablon adalah memegang dan menarik atau melipatnya terlebih dahulu. Jika anda merasakan elastis dan fleksibel ketika menarik sablon pada kaos tersebut maka sudah dipastikan bahwa bahan yang digunakan pada sablon tersebut adalah rubber. Rubber merupakan sebuah bahan yang terbuat dari campuran karet sehingga menimbulkan rasa elastis dan memiliki kepadatan tinta yang rapat. Jenis ini merupakan jenis yang paling banyak digunakan oleh produsen kaos sablon karena memiliki daya tahan yang lebih dibandingkan dengan bahan yang lain. Hal ini karena sablon yang menyatu dengan kaos dan bisa mengikuti setiap gerakan pada kaos ketika dikenakan sehingga sablon tidak mudah pecah. Bukan saja untuk sablon utama akan tetapi rubber juga sering digunakan sebagai underbase atau tinta daasr penutup warna kaos. Umumnya penggunaan rubber sebagai underbase dilakukan pada kaos yang memiliki warna gelap. Keistimewaan lain dari bahan ini adalah mudah dalam perawatannya karena bisa dicuci dan disetrika.

Pigmen

Pigmen merupakan istilah bahan dasar sablon yang ebrbentuk seperti bubuk sehingga proses penyablonannya menggunakan efektifitas daya serap pada kain kaos. Sayangnya bahan sablon jenis ini hanya bisa digunakan pada penggunaan kaos berwarna terang saja karena struktur tinta pigmen yang tidak bisa mengalahkan warna yang terdapat pada serat. Jadi pada kaos berwarna terang, seratnya akan mengurai dengan tinta yang terdapat pada pigmen. Sedangkan pada serat kaos gelap tentunya mempunyai kerapatan warna lebih sehingga warna pada pigmen tidak bisa mengalahkannya. Oleh karena itulah penggunaan sablon jenis ini umumnya terlihat pada desain sketsa yang terdiri dari satu warna seperti lukisan dengan pensil.

Glow In The Dark

Salah satu tren yang paling berkembang dan disukai oleh khalayak umum saat ini adalah sablon jenis glow in the dark. Bagi anda yang belum mempunyai kaos dengan sablon jenis ini, tidak ada salahnya untuk mencari tahu keunikan dari jenis sablon ini. Sablon glow in the dark memiliki keunikan seperti namanya yakni bercahaya ketika dalam kegelapan. Jadi sablon ini akan nampak menyala ketika malam hari atau ketika tidak terdapat cahaya disekitarnya. Warna yang paling umum digunakan adalah awrna hijau sebagai bagian dasar dari bahan ini. Campuran fosfor pada bahan sablon mempunyai pengaruh yang besar dengan sifatnya yang bisa menyerap cahaya kemudian memancarkannya kembali. Keunikan inilah yang membuat sablon jenis ini menjadi tren.

Discharge

Salah satu teknik paling rumit namun bisa membuat hasil yang maksimal adalah menggunakan jenis sablon discharge. Sablon jenis ini menggunakan teknik perubahan warna dasar pada serat kaos untuk dirubah menggunakan tinta sablon sehingga terbentuk sebuah kaos dengan sablon yang tercampur dengan seratnya. Tidak semua jenis kaos bisa dirubah karena hanya kaos berbahan katun murni yang bisa menggunakan bahan sablon ini. Keunggulan dari kaos ini sudah jelas dengan serat yang sudah berganti warna akan membuat bahan sablon merekat kuat pada kaos sehingga membuat daya tahannya lebih lama dan tahan pada setiap kondisi. Oleh karena itulah sablon jenis menjadi salah satu bahan favorit pada jasa sablon Bandung.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *