Mengelola Usaha Pusat Konveksi Bandung Minim Modal

Pusat konveksi Bandung – Bandung merupakan sentra industri tekstil di Indonesia di mana Bandung merupakan kota yang menjadi tempatnya gaya fashion yang lebih stylish sehingga dijuluki sebagai Paris van Java atau Paris-nya Jawa. Sebagai kota sentra industri tekstil tidak heran kalau Anda bisa menemukan banyak bisnis konveksi di sana-sini yang selalu terlihat sibuk dalam mengerjakan pesanan konsumen untuk membuat pakaian dengan jumlah tertentu dan desain yang lebih khusus. Bisnis konveksi ternyata bisa menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit karena pasarnya tidak pernah sepi permintaan. Apalagi karena pakaian adalah kebutuhan utama dalam kehidupan manusia. Anda pun bisa mencicipi keuntungan dari peluang ini dengan mendirikan usaha pusat konveksi Bandung sendiri. Ragu karena cuma modal kecil? Jangan khawatir karena bisnis ini pun bisa dikerjakan mulai dari modal yang kecil, berikut adalah beberapa tipsnya.

Bikin pabrik di rumah

Pusat konveksi Bandung yang sudah eksis lama dan terlihat besar saat ini juga dulunya memulai dari hal yang kecil.  Dulu mungkin juga para pengusaha yang sudah sukses sekarang belum punya tempat sendiri untuk membuka bisnis konveksi seperti sekarang ini. Anda pun bisa merintis bisnis konveksi mulai dari hal-hal yang kecil misalnya memanfaatkan garasi atau lahan yang ada di rumah Anda. Isi dengan beberapa mesin jahit dan juga penjahit yang bisa mengerjakan pesanan dengan rapi dan tepat waktu. Untuk langkah awal Anda bisa menerima orderan pembuatan seragam, mengenalkan bisnis Anda ke toko-toko pakaian yang menjual seragam atau kaos-kaos klub olahraga. Proses merintis ini memang membutuhkan usaha yang tidak mudah namun harus dilewati untuk membangun bisnis konveksi yang solid.

Mencari partner dari pemain yang lebih besar

Tidak hanya menerima pesanan sendiri, Anda juga bisa menawarkan jasa kerjasama bersama dengan pengusaha konveksi lain yang sudah lebih besar dan membutuhkan tenaga tambahan untuk mengerjakan pesanan yang membludak. Pesanan yang membludak dalam jumlah besar biasanya muncul saat musim kampanye di mana para tim sukses memesan kaos atau baju partai dalam jumlah yang besar. Agar bisa selesai tepat waktu, pusat konveksi Bandung yang besar biasanya mencari industri konveksi rumahan untuk mengerjakan sebagian proses produksinya misalnya pemotongan bahan, menjahit, atau untuk mengerjakan proses finishing. Dengan cara ini Anda bisa tetap menjalankan produksi usaha bahkan ketika orderan sedang sepi.

Buka toko pakaian grosir dan eceran

Membuka toko pakaian pusat konveksi Bandung bukan berarti Anda harus menyediakan koleksi pakaian dengan desain sendiri seperti toko distro, hal ini membutuhkan modal yang lebih besar dan juga tingkat kreasi yang tinggi karena karakter distro yang unik dan eksklusif. Anda bisa memotong bahan kaos, membuatnya menjadi kaos-kaos polos dengan berbagai ukuran dan warna kemudian dijual ke konsumen. Atau bisa juga menjual kaos raglan yang banyak digemari oleh kalangan muda, dan juga polo shirt polos. Bisa dijual secara grosir untuk diborong para pembuat kaos, bisa juga dijual eceran langsung ke konsumen. Untuk menambah pemasukan, Anda juga bisa membuka jasa sablon untuk kaos yang dibeli oleh konsumen dengan beberapa teknik sablon yang bisa digunakan.

Membuka program reseller atau dropshipper

Menyambung mengenai buka toko pakaian eceran dan grosir, Anda bisa meningkatkan penjualan dengan membuka program reseller maupun dropship bagi mereka yang ingin menambah penghasilan dengan cara yang lebih mudah dan minim modalnya. Dengan membuka program ini, akan makin banyak produk konveksi yang Anda jual sehingga bisnis bisa berkembang dan Anda bisa mengembangkan produksi bisnis ke skala yang lebih besar lagi.  Anda pun tidak perlu memikirkan memberi upah untuk reseller maupun dropshipper yang mengambil barang dari Anda karena mereka akan mendapatkan keuntungan dengan menaikkan harga barang yang diambil dari toko Anda.

Memasarkan lewat internet

Saat ini banyak pusat konveksi Bandung yang memasarkan jasa dan produknya secara online. Kebanyakan membuat situs resminya sendiri untuk menawarkan kepada pasar yang lebih luas jasa pembuatan kaos, topi, tas, dan sebagainya dalam jumlah sedikit maupun jumlah yang besar dan bisa menggunakan desain sendiri. Anda pun bisa memanfaatkan cara marketing online ini untuk menawarkan layanan atau produk konveksi yang Anda miliki untuk semakin meluaskan pasar Anda karena pengguna internet di Indonesia yang semakin banyak. Memasarkan usaha lewat internet adalah salah satu kunci sukses bisnis minim modal dari pusat konveksi Bandung.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *