Mengenal Teknik Sablon Baju Kaos Digital dan Manual

 

 

Sablon baju kaos, adalah teknik mencetak menggunakan layar yang berkuran cukup rapat.  Layar yang digunakan biasanya berbahan sutra atau nylon, yang kemudian dipola berdasarkan desain yang diinginkan. Apabila layar sudah mempunyai pola yang diinginkan, kemudian diletakkan di atas kaos, kemudian diberi tinta sablon, lalu dicetak. Teknik seperti ini disebut dengan teknik manual.

Sedangkan teknik digital, adalah membuat pola gambar di layar komputer, kemudian dicetak menggunaan alat khusus.

Kedua teknik sablon baju kaos ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari teknik digital dan teknik manual.

  1. Dlihat dari segi order

Apabila dilihat dari segi order, biasanya penyedia jasa yang dengan teknik sablon manual, akan memberikan minimal oder. Hal ini perlu dilakukan untuk mengurangi biaya produksi pembuatan layar.

Sedangkan untuk penyedia jasa yang menggunakan teknik digital, memperbolehkan konsumennya memesan atau mencetak berapapun, bahkan hanya 1 buah kaos. Karena proses mendesain gambar tidak memakan biaya yang cukup mahal.

  1. Proses pengerjaan

Pada proses sablon manual, biasanya memakan waktu yang cukup lama, dimulai dari mempersipkan layar, kemudian mencetak 1 per satu kaos. Biasanya 1 lusin kaos, membutuhkan waktu sehari penuh.

Pada proses digital, pastinya relatifecepat, Anda hanya perlu mendesain gambar pada komputer, lalu memerintahkan alat untuk mencetak jumlah kaos yang ingin dibuat. Dalam jangka waktu 1 jam, teknik sablon digital, mampu memproduksi sebanyak 1 lusin.

  1. Media cetak

Pada teknik sablon manual, biasanya penyedia jasa, menggunakan kertas HVS untuk membentuk pola di layar sablon. Kemudian mencetaknya di atas kaos, teknik ini sanggup menggunakan aneka variasi tinta, dibandingkan dengan sablon digital.

Pada sablon digital, menggunakan kertas transfer untuk media cetak desain ke kaos. Kertas ini yang nantinya akan menjadi penentu kualitas cetak desain pada kaos. Kertas transfer yang digunakan, cukup beragam, seperti gliter, glow in the dark, vinyl, beludru, oracle, dll. Teknik DTG atau Direct to Garment adalah teknologi terbaru, teknik sablon yang lebih praktis, karena langsung dicetak di atas kaos.

  1. Eksklusifitas design

Karena adanya minimum jumlah order pada teknik sablon manual, membuat kaos yang dipesan terkadang sama, dengan beberapa orang lainnya. Ini yang membuat jenis kaos ini kurang eksklusif. Akab lebih tepat, ketika Anda memesan kaos ini untuk keperluan kaos kelas atau kelompok lainnya.

Berbeda halnya dengan teknik digital, biasanya setiap orang mempunyau desain gambar yang berbeda-beda, artinya setiap orang akan memakai gambar kaos yang beraneka corak. Ini yang membuat orang tampil percaya diri, karena menggunakan kaos yang eksklusif atau berbeda dari yang lainnya.

  1. Kualitas

Menggunakan teknik sablon manual, biasanya cenderung lebih awet. Walaupun ada beberapa kasus dimana kaos dengan teknik manual luntur atau rusak. Hal seperti ini biasanya disebabkan oleh kurang maksimalnya teknik pengeringan, atau tidak tepatnya penggunaan jenis tinta pada kaos. Oleh karena itu Anda sebagai konsumen perlu mendiskusikan teknik penggunaan tinta yang tepat, untuk desain kaos yang Anda inginkan.

Kualitas sablon digital, terletak pada jenis kertas transfer, dan jenis tinta yang digunakan. Apabila kualitas kertas dan jenis tinta yang digunakan tepat, maka hasil sablon akan awet ketika digunakan. Tapi ketika kertas transfer dan jenis tinta yang digunakan tidak pas, membuat hasil sablon mudah pecah-pecah ketika kaos tertarik.

Dengan adanya informasi tentang aneka perbedaan serta keunggulan dari teknik sablon dan teknik manual seperti ini, Anda sebagai konsumen mampu memilih teknik sablon yang paling tepat. Hal seperti ini juga disesuaikan dengan budget yang ada. Apabila Anda ingin memesan kaos dalam skala besar, dan ingin memperoleh teknik yang baik, tidak ada salahnya menggunakan teknik manual. Tapi jika Anda ingin memesan dalam skala terbatas, dan dengan waktu yang terbatas pula, Anda dapat memesannya di penyedia jasa sablon digital.

Berikutnya diskusikan desain gambar dan teknik warna yang ingin Anda peroleh dari hasil kaos kelak. Demikianlah ulasan mengenai teknik Sablon baju kaos digital dan manual yang perlu Anda ketahui, semoga berguna untuk Anda semua.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *