Mengenal Teknik Sablon di Jasa Sablon Kaos Distro di Bandung Yang Jarang Digunakan

Mengenal Teknik Sablon di Jasa Sablon Kaos Distro di Bandung Yang Jarang Digunakan

Ada beberapa jenis sablon yang biasanya digunakan oleh penyedia jasa sablon kaos distro di Bandung. Beberapa mungkin pernah Anda dengar sebelumnya, namun sebagian lagi memang jarang dimunculkan. Berikut ini adalah beberapa teknik sablon yang memang jarang digunakan oleh penyedia jasa sablon, antara lain :

1.             Reflektif

Teknik sablon yang satu ini, menggunakan cat khusus, dimana cat tersebut, akan menyala dalam gelap, terutama ketika diberi sinar oleh lampu atau cahaya apapun. Efek ini akan terlihat jelas jika diberi sinar dari jarak kurang dari 3 m. Cara kerjanya memang mirip dengan glow in the dark, hanya bedanya, teknik ini harus diberi sinar akan memantulkan warna yang ada.

Teknik seperti ini memang mudah untuk digunakan, namun jarang digunakan, karena cat untuk membuat jenis sablon ini, jarang Anda temui di pasaran. 

2.             High density

High Density adalah jenis sablon kaos manual yang menggunakan bahan dasar plastisol. Hanya bedanya, pada proses pembuatannya, teknik ini menggunakan keramik sebagai screennya, bukan kain. Fungsinya agar cat pastisol yang digunakan menghasilkan efek sablon timbul dan tajam. Efek timbul yang biasanya diinginkan ini, sekitar 10 hingga 30 mm. Teknik membuatnya sama dengan teknik biasa, yaitu dengan cara digesut secara berulang-ulang, hingga mencapai efek yang diinginkan. Efek lain yang akan dihasilkan oleh tinta ini, adalah efek mengkilap, dan terkesan basah, tapi pada daasrnya teknik ini disetting agar terlihat doff. 

3.             Foil

Mendengar kata foil, maka Anda akan berpikir bahwa teknik cetak ini menggunakan lapisan kertas logam. Memang hal ini benar terjadi, sehingga memberikan efek mengkilap serta memantulkan pada kaos sablon yang akan dihasilkan.

Cara menggunakan kertas foil ini adalah dengan merekatkan kertas dengan perekat khusus, bahan dan warna yang ada untuk sablon ini juga cukup beragam. Namun teknik ini hanya dapat digunakan hanya untuk 1 warna dan desain kaos yang juga sederhana. Cara merawat kaos dengan teknik sablon ini membutuhkan perawatan khusus, agar lapisan kertas tidak cepat hilang.

4.             Glitter

Kaos dengan jenis ini memang jarang sekali muncul dan jarang digunakan oleh penyedia  jasa sablon kaos distro di Bandung. Walaupun memang kaos yang dihasilkan terkesan unik, dan menarik. Glitter sendiri adalah pewarna yang terbuat dari mica. Dimana mica ini akan menghasilkan efek kerlap kerlip pada lapisan sablon yang dibaut. Cat sablon yang digunakan biasanya berbahan dasar medium, kemudian dicampur dengan mica. Sablon yang dihasilkan cukup beragam, mulai dari yang teksturnya halus, hingga yang teksturnya kasar. 

5.             Puffy

Puffy / Foaming atau disebut juga dengan timbul. Adalah teknik sablon yanga kan membuat hasil gambar atau tulisan menjadi timbul dan menggembung seperti busa atau foam. Bahan pembuatan sablon ini menggunakan bahan karet, dan pada saat memanaskannya membutuhkan sistem khusus, agar memberikan efek timbul.

Di pasaran jenis sablon ini terdiri atas 2 macam, jenis cairan, yaitu yang berjenis air dan berjenis minyak. Untuk menghasilkan sablon timbul yang baik, biasanya akan dikombinasikan dengan cat rubber atau plastisol. Teknik sabon seperti ini memang jarang Anda temui, karena hasil sablon biasanya akan menghilang secara perlahan, seiring dengan seringnya kaos tersebut dicuci. 

6.             Flocking

Teknik sablon floking atau sablon beludru, atau disebut juga dengan emboss, adalah salah satu teknik sablon yang menghasilkan efek seperti beludru ketika disentuh. Bahan dasar membuat teknik ini adalah bahan pastik sintetis yang seratnya seperti kulit. Adapun tingkat ketebalan foam yang dihasilkan untuk teknik ini sekitar 1 hingga 20 mm, dan untuk finishing, teknik ini memerlukan mesin heat press.

Karena tekniknya yang terlibang sedikit rumit, mulai dari menambahkan kertas atau taburan di atas lem floaking, kemudian membiarkannya mengikuti lem yang ada. Maka tulisan yang akan digunakan sebaiknya sederhana, dan warna yang digunakan pun hanya 1 macam. 

Demikianlah ulasan tentang beberapa teknik atau jenis sablon yang jarang digunakan oleh penyedia jasa sablon. Ada beberapa alasan mengapa teknik ini jarang digunakan oleh penyedia  jasa sablon kaos distro di Bandung, pertama karena tidak ada yang memesan, dan yang kedua adalah teknik ini tidak membuat kaos sablon terutama gambar atau tulisan awet. 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *