Mengenal Tutorial Membuat Kaos Sablon  di Jasa Kaos Sablon Manual

Mengenal Tutorial Membuat Kaos Sablon  di Jasa Kaos Sablon Manual

Apakah Anda sering memesan kaos di penyedia jasa kaos sablon ? Jika benar, apakah Anda mengetahui bagaimana proses pembuatan sablon kaos tersebut? Yang harus Anda ketahui adalah, teknik menyablon sendiri terdiri atas 2 macam, yaitu manual dan teknik printing. Yang dimaksud dengan teknik manual, adalah dengan menyablon kaos secara manual menggunakan screen, sedangkan yang disebut dengan teknik printing adalah teknik menyablon menggukan mesin print khusus. Yang akan dibahas kali ini adalah bagaimana teknik menyablon secara manual. Teknik menyablon manual, sebenarnya tidak terlalu sulit, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan secara benar.

1.             Setting design kaos

Tahap pertama dalam membuat sablon manual pada jasa kaos sablon  adalah dengan mendesain kaos itu sendiri. Pada tahap ini, buat desain kaos menggunakan  salah satu program di komputer, seperti coreldraw, photoshop, dll. Pada saat proses pembuatan desain seperti ini, Anda juga harus memisahkan beberapa warna yang akan digunakan pada kaos tersebut. Setelah selesai, berikutnya buat film sablon atau klise film

2.             Tahap pra afdruk

Berikutnya memasuki tahap pra afdruk, yang dimaksud dengan tahap pra afdruk adalah mempersiapkan screen yang akan digunakan, dengan cara membersihkan, mengeringkan, dll. Siapkan juga beberapa macam alat sablon yang akan digunakan nantinya, seperti air, sabun colek, dan juga kain spon. Cara membersihkan screen cukup mudah, ambil screen, lalu cuci menggunakan sabun dan air, kemudian lap menggunakan kain spon. Setelah dirasa bersih, maka screen akan diperingkan dengan cara dijemur di bawah terik sinar matahari. Teknik ini perlu dilakukan dengan baik dan teliti, karena screen harus benar-benar bersih dan kering, ketika digunakan.

3.             Tahap afdruk screen sablon

Pada tahap ini, screen akan diberi obat, lalu dibakar dan mencuci obat para screen. Adapun bahan yang perlu Anda siapkan, antara lain screen, obat afdruk, hairdryer atau kipas angin, dan terakhir penggaris atau alat perata screen. Berikutnya campurkan obat afruk yang berwarna merah dan putih kemudian tuangkan ke dalam screen, sedikit demi sedikit, ratakan, buat setipis mungkin. Setelah selesai, keringkan menggunakan kipas angin. Proses ini sebaiknya dilakukan pada ruangan yang tidak terkena matahari langsung / ruang gelap. 

4.             Tahap pembakaran screen

Memasuki tahap ini, siapkan aneka bahan seperti kaca, desain kaos yang telah diedit, busa screen, screen, dan terakhir papan. Letakkan papan, kemudian ambil busa dan letakkan di atas papan. Ambil screen yang tadi sudah disiapkan, letakkan gambar yang telah diedit pada screen. Tepat sebelum gambar kaos menempel pada screen, sebaiknya olesi dahulu dengan minyak goreng, agar kertas tidak tembus sinar.  Letakkan kaca di atas screen, lalu sinari dengan bantuan matahari selama 15 hingga 20 detik. Apabila terlalu lama, film pada screen akan terbakar dan gagal. Setelah proses penyinaran selesai, berikutnya screen akan dicuci dari obat.

5.             Tahap penyablonan / teknik sablon

Ambil screen, kemudian letakkan kaos yang hendak disablon di atas meja, rapihkan. Tuangkan cat pada screen, kemudian ratakan dengan menggunakan alat khusus yang disebut dengan rakel. Dengan demikian sablon bahan kaos selesai sudah.

Ketika memasuki teknik penyablonan seperti ini, selain memperhatikan bahan kaos, cat yang akan digunakan juga perlu diperhatikan, agar kualitas hasil sablon bagus, dan tidak mudah pecah. 

6.             Tahap setelah kaos disablon

Setelah kaos selesai disablon,  berikutnya adalah teknik finishing. Kaos yang telah disablon harus dipress menggunakan mesin press. Mesin press ini mempunyai suhi sekitar 1000C. Dimaksudkan  untuk menghilangkan kadar air yang ada pada cat sablon. Sehingga hasil sablon terasa halus ketika diraba. Teknik seperti ini memang tidak selalu dilakukan pada penyedia jasa sablon, namun dengan menggunakan teknik ini, maka kualitas sablon akan terjaga dengan baik, dan pastinya awet ketika digunakan.

Setelah semua tahap selesai dilakukan, maka berikutnya adalah teknik QC atau pemeriksaan ulang, apakan hasil cetakan yang dibuat rapi atau tidak. Jika sudah teknik cetak sudah rapi maka kaos akan dilipat kemudian di pak, untuk kemudian dikirim pada pemesan kaos tersebut. Demikianlah ulasan mengenai teknik sablon kaos pada jasa kaos sablon , semoga bermanfaat untuk Anda semua. 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *