pabrik baju kaos di bandung

 

Proses Produksi Pabrik Baju Kaos Di Bandung

Pabrik baju kaos di Bandung setiap harinya memproduksi ratusan bahkan ribuan baju-baju yang siap diedarkan di toko-toko baju yang ada di Bandung maupun di luar kota, atau mengerjakan pesanan-pesanan baju custom dengan desain yang lebih eksklusif dan personal dengan proses produksi yang cukup panjang. Untuk mengubah kain lembaran menjadi sebuah baju jadi dibutuhkan untuk melewati beragam proses langkah dan juga ketelitian dan keahlian dari masing-masing personel agar proses produksi bisa berjalan dengan lancar dan efisien. Alat-alat yang digunakan pun sangat beragam mulai dari alat untuk memotong bahan hingga aneka macam mesin jahit untuk membuat baju jadi lebih layak pakai. Meski terlihat sederhana, namun proses pembuatan baju kaos di pabrik tidaklah mudah, misalnya jahitan yang tidak rapi akan membuat bentuk baju jadi tidak proporsional. Untuk lebih mengetahui apa saja yang terjadi di balik pembuatan baju kaos yang Anda kenakan saat ini, berikut adalah proses produksi pabrik baju kaos di Bandung.

Membuat desain baju

Proses pertama dalam pembuatan baju tentu adalah membuat desainnya. Baju kaos seperti apa yang akan diproduksi tergantung dari target pasar dari pabrik baju kaos di Bandung atau sesuai dengan pesanan konsumen. Untuk kaos sendiri ada beberapa macam model baju yang bisa diproduksi misalnya kaos dengan kerah atau tanpa kerah, kaos dengan model leher yang seperti apa, bahan apa yang akan digunakan, dan ditujukan untuk wanita atau untuk pria. Dari desain yang sudah jadi, kemudian diserahkan ke proses selanjutnya yaitu pembuatan pola pada bahan yang sudah disediakan.

Pembuatan pola dan sampel baju kaos

Proses selanjutnya adalah menggambar pola sesuai dengan desain baju kaos. Pembuatan pola ini tentu disesuaikan dengan ukuran dari baju kaos yang akan diproduksi yang dikerjaan dengan teliti agar menghasilkan pola jahitan yang lebih rapi. Setelah pola baju dibuat, sampel ini dibawa ke penjahit untuk dilihat apakah ada kesesuaian dengan desain, pola, dan juga hasil baju kaos yang sudah dijahit. Apabila ada perubahan maka proses pembuatan baju kaos mulai dari awal lagi, jika sudah sesuai, maka proses selanjutnya adalah membuat pola produksi. Pola produksi adalah pola yang akan digunakan untuk memproduksi baju lebih banyak. Bisa juga membuat pola grading terlebih dahulu yaitu pola dengan ukuran baju kaos yang berbeda seperti S, M, L, XL, dan sebagainya.

Pemesanan dan pemotongan bahan

Setelah pembuatan pola selesai maka proses selanjutnya pada pabrik baju kaos di Bandung diserahkan kepada marker making yang tugasnya adalah menentukan seberapa banyak kain yang dibutuhkan untuk membuat produksi baju kaos. Pengukuran kebutuhan kain berdasarkan pola yang ada bisa dilakukan secara manual dengan menggunakan perekat kertas atau dengan menggunakan software komputer. Kemudian bahan kain yang harus dibutuhkan akan langsung dipesan sehingga kain yang digunakan pas dan tidak ada sisa maupun kekurangan. Kemudian kain-kain tersebut dipotong dan dikelompokkan berdasarkan dengan ukuran polanya.

Proses jahit

Akhirnya baju kaos yang sudah siap pola dan bahannya masuk ke proses penjahitan. Ada dua acara yang biasanya dilakukan oleh pabrik baju kaos di Bandung yaitu menjahit produksi bajunya sendiri karena bisa melakukan kontrol langsung, atau menggunakan jasa penjahit kontraktor untuk menghemat biaya produksi terutama untuk biaya tenaga kerja. Biasanya dalam proses produksi menjahit para pekerja dibagi tugasnya yaitu ada yang hanya menjahit lengannya saja, ada yang menjahit kerahnya saja, ada juga yang hanya memasang kancing, dan sebagainya. Baju kaos yang sudah jadi kemudian diperiksa kualitas jahitannya apakah ada yang kusut, salah pola jahit, dan cacat lainnya sebelum masuk ke proses finishing.

Proses finishing

Sebelum baju dikemas untuk diserahkan ke toko-toko distributor atau dijual langsung ke konsumen, baju kaos yang sudah jadi diperiksa dulu secara menyeluruh apakah sudah layak untuk dipasarkan. Baju-baju yang nampak kusut disetrika dengan menggunakan setrika uap agar baju bisa terjual dalam keadaan yang rapi. Benang-benang yang masih tersisa kemudian digunting agar tidak  mudah tertarik dan merusak jahitannya. Kemudian baju kaos akan dikemas dengan menggunakan kemasan yang rapi dan aman kemudian dikirim ke toko atau ke konsumen yang sudah memesan. Itulah perjalan panjang kaos yang Anda kenakan sekarang yang terjadi di proses produksi pabrik baju kaos di Bandung.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *