Pabrik Kaos Distro

Pabrik kaos distro ternyata tidak hanya merupakan bisnis yang bisa mendatangkan keuntungan yang cukup besar karena pakaian merupakan kebutuhan manusia yang tidak akan pernah habis perminytaannya, namun juga bisa menghasilkan usaha turunan yang tidak kalah menarik secara finansial maupun non finansial. Anda pasti paham bahan baku yang digunakan pada proses produksi pabrik kaos adalah kain. Lembaran-lembaran kain kemudian dibuat pola dan dipotong sesuai dengan permintaan, sedangkan sisa-sisa kain yang tidak terpakai dibiarkan menumpuk begitu saja. Limbah kain pada pabrik kaos bukanlah masalah yang enteng meski saat ini sudah banyak cara dilakukan untuk bisa mengolah limbah kain agar tidak membahayakan lingkungan hidup. Namun Anda masih bisa mendapatkan Rupiah tambahan dengan memanfaatkan kain-kain sisa produksi menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual dan menarik untuk dijual ke konsumen.

Sisa-sisa kain hasil produksi disebut dengan kain perca. Kain perca yang merupakan potongan-potongan kain dari berbagai macam motif memang agak sulit kalau dibuat menjadi pakaian yang utuh dan layak pakai namun bukan berarti tidak berguna. Anda bisa memanfaatkan kain perca yang dijahit dengan rapi menjadi berbagai macam pernak pernik misalnya dompet, taplak piring yang lucu dan manis, membuat tas dengan desain yang unik, membuat boneka, sarung bantal, dan masih banyak lainnya. Berikut adalah beberapa pola jahitan kain perca yang bisa memberikan nilai tambahan pada usaha pabrik kaos distro untuk dijadikan barang baru yang bernilai.

Cara acak atau tak beraturan

Cara ini bisa dibilang cara yang paling seru untuk mengolah limbah kain menjadi suatu barang yang punya nilai jual. Mengolah limbah kain dengan cara acak maksudnya adalah dengan menjahit kain-kain perca yang punya bentuk, ukuran, warna, dan motif yang tidak sama menjadi satu bagian tanpa dilakukan pemotongan atau pembentukan pola bahan. Dengan demikian akan tercipta sebuah karya baru dengan pola yang abstrak dan bisa menjadi sentuhan yang unik bagi dekorasi. Memanfaatkan limbah pabrik kaos distro ini bisa Anda anggap seperti menyusun puzzle untuk menemukan mana potongan kain yang pas untuk membuat sebuah karya baru yang memiliki nuansa yang berbeda namun tetap cantik.

Cara jiplakan pola atau template

Cara yang kedua adalah dengan menggambar pola terlebih dahulu pada kain-kain perca yang akan digunakan. Pola yang digambar sesuai dengan motif desain yang ingin Anda buat. Misalnya ketika membuat taplak meja, Anda ingin membuat taplak dengan desain gambar kepala kucing, maka buatlah pola kuping kucing dengan menggunakan kain perca yang satu, pola bentuk kepala kucing dengan menggunakan kain perca yang beda motifnya, dan seterusnya. Dengan demikian terciptalah gambar kepala kucing dengan menggunakan kain perca yang punya motif berbeda. Dibutuhkan kreatifitas untuk bisa menciptakan gambar pola yang membentuk sebuah bentuk baru untuk motif karya limbah kain yang cantik.

Cara tumpang tindih

Mengolah limbah kain pabrik kaos distro dengan cara tumpang tindih hampir sama dengan membuat cara jiplakan. Yaitu dengan membuat gambar pola pada kain perca terlebih dahulu dengan bentuk yang sesuai dengan kreasi Anda. Kemudian jahit pola kain perca yang akan digunakan sebagai dasar untuk tumpukan pola selanjutnya. Jahit pada bagian tepi-tepinya sehingga pola satu dengan yang lainnya saling menyambung. Kemudian tumpuk dasar pola dengan pola kain perca yang bentuknya berbeda dibandingkan pola dasar, jahit bagian pinggirnya menempel pada kain di bawahnya, begitu seterusnya tergantung kreativitas Anda dalam membuat rangkaian pola kain perca yang saling bertumpuk.

Cara pola geometris

Cara pengolahan limbah pabrik kaos distro yang tidak kalah menarik adalah dengan menggunakan teknik pola geometris. Teknik ini dilakukan dengan cara membuat pola kemudian memotong bahan kain perca dengan bentuk-bentuk geometris yang beraturan misalnya persegi, segi panjang, segitiga, lingkaran, dan bentuk-bentuk geometris yang lainnya. Anda bisa berkreasi untuk menjahitnnya menjadi satu kesatuan yang saling menyambung atau membuat bentuk yang unik dengan menggunakan pola-pola geometris yang sudah ada. Dengan cara pengolahan limbah kain yang benar, maka lingkungan bisa tetap terjaga dan terkontrol kebersihannya, dan Anda bisa mendapatkan peluang bisnis yang lain dari pabrik kaos distro.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *