pabrik kaos partai murah

.

Teknik Sablon Yang Digunakan Di Pabrik Kaos Partai Murah

Pabrik kaos partai murah pasti adalah tempat bikin kaos yang Anda cari-cari. Vendor kaos yang bisa membuat kaos dalam jumlah banyak dengan desain yang sesuai dengan keinginan Anda dan pastinya harganya lebih murah. Salah satu hal yang memengaruhi harga pembuatan kaos adalah teknik sablon yang digunakan. Sablon adalah proses penyetakkan dengan menggunakan tinta di atas berbagai macam media permukaan, dalam hal ini di atas bahan kain yang akan dijadikan kaos dengan model dan ukuran yang sesuai dengan pesanan Anda. Teknik sablon yang lebih modern membutuhkan perlengkapan dan peralatan yang memiliki teknologi lebih tinggi sehingga membutuhkan biaya produksi yang lebih banyak pula. Namun masih banyak pula vendor yang menggunakan teknik tradisional untuk menyablon kaos terutama bagi konsumen yang ingin menekan biaya pengeluaran. Berikut adalah beberapa teknik sablon yang umum digunakan oleh pabrik kaos partai murah untuk menghasilkan kualitas sablon yang berbeda-beda.

Teknik sablon manual

Teknik sablon yang pertama adalah teknik manual yang bisa dibilang agak ketinggalan jaman dibandingkan dengan sablon yang sudah menggunaka mesin canggih. Namun teknik sablon ini hingga sekarang masih banyak digunakan terutama di pabrik kaos partai murah karena bisa menekan biaya produksi terutama ketika ada pesanan kaos dalam jumlah yang besar seperti memenuhi pesanan kaos untuk kepentingan kampanye. Kelebihan dari teknik sablon ini adalah warnanya yang lebih tahan lama karena bisa menempel dengan baik di permukaan kain dan hasil sablon yang tidak cepat pudar meski dicuci berulang-ulang.

Sayangnya kekurangan dari kaos ini adalah proses pengerjaannya yang lebih lama karena dikerjakan dengan manual, dan kurang bisa menghasilkan sablon yang baik apabila menghendaki kaos dengan gambar yang banyak detailnya atau menyetak foto. Hasil sablon juga harus dikeringkan terlebih dahulu sebelum masuk ke proses selanjutnya sehingga hasil jadinya membutuhkan waktu yang lebih lama. Untuk pembuatan kaos satuan atau dalam jumlah kecil, sablon manual juga kurang menguntungkan.

Teknik sablon digital atau hotpress

Teknik sablon kedua yang banyak digunakan pada pabrik kaos partai murah adalah teknik hotpress atau disebut juga dengan teknik sablon digital. Disebut digital karena menyablonnya digunakan mesin printer khusus untuk mencetak dan mengepress gambar ke kain. Selain printer, perlengkapan yang digunakan untuk menyablon adalah kertas khusus yang digunakan sebagai media transfer dan juga tinta dengan kualitas yang bagus untuk menghasilkan hasil sablon yang bagus dan lebih tahan lama. Keunggulan dari teknik sablon ini adalah pengerjaan yang lebih cepat dibandingkan dengan manual, mencetak foto dan gambar dengan banyak detail juga lebih mudah dan hasilnya lebih bagus karena pilihan warna yang lebih beragam dan setiap detail bisa tercetak dengan baik. Teknik ini juga bisa digunakan untuk membuat kaos dalam jumla satuan.

Kelemahannya tentu harganya akan jauh lebih mahal. Lebih mahal karena harus menggunakan tinta yang bagus karena sablon dengan tinta yang jelek akan kelihatan sekali kualitas buruknya. Kemudian kertas yang digunakan untuk media transfer harganya juga mahal, dan biaya listrik untuk menjalankan mesin karena watt-nya tinggi. Teknik sablon ini juga lebih cocok digunakan untuk kain PE dibandingkan kain katun.

Teknik sablon DTG

Pabrik kaos partai murah yang menggunakan teknik sablon DTG pasti tahu bahwa teknik ini adalah teknik sablon terbaik yang menggabungkan kelebihan sablon manual dengan sablon digital. DTG atau direct to garment adalah teknik penyablonan dengan menggunakan mesin printer tanpa harus menggunakan kertas transfer, sehingga tinta akan langsung tercetak di atas permukaan kain kaos. Keunggulan sablonnya sama dengan kualitas sablon digital yang tintanya menggunakan tinta khusus untuk kain sehingga lebih tahan lama meski dicuci berulang-ulang. Pengerjaan pun bisa dilakukan dengan lebih cepat bahkan bisa dalam hitungan menit untuk jumlah kaos yang kecil karena langsung kering, tidak harus dijemur terlebih dahulu. Teknik sablon DTG juga pas untuk membuat kaos dalam jumlah yang banyak dengan waktu yang lebih singkat.

Kekurangannya tentu di biaya yang lebih tinggi dibandingkan sablon dengan manual. Untuk melakukan teknik sablon ini harus ada mesin printer dan juga tinta yang jumlahnya disesuaikan dengan kemampuan produksi vendor. Mau membuat kaos yang murah dengan kualitas yang bagus Anda bisa konsultasikan bersama dengan vendor kaos yang Anda tunjuk untuk mendapatkan harga dan hasil yang terbaik. Demikian pembahasan mengenai teknik sablon di pabrik kaos partai murah.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *