Peluang Usaha Konveksi Kaos Anak

Konveksi kaos anak adalah bisnis yang cukup menjanjikan bagi para pengusaha yang ingin terjun dalam dunia konveksi atau produksi pakaian. Usaha ini bisa dijalankan siapa saja bahkan bagi Anda yang mungkin belum berpengalaman banyak dalam menjalankan bisnis. Yang jelas, bisnis kaos anak ini punya keuntungan yang jelas di sektor target pasarnya, yaitu anak-anak. Tapi jangan salah, jangan hanya anak-anak saja yang disasar ketika melakukan promosi melainkan orang tuanya atau orang dewasa secara umum karena anak kecil tentu belum bisa membeli kaosnya sendiri dan harus dibelikan oleh orang tuanya atau orang dewasa lain sebagai hadiah. Pembahasan kali ini akan mencakup mengenai peluang usaha konveksi kaos anak, bagaimana cara memulainya, dan apa saja yang Anda butuhkan agar operasional produksi bisa berjalan dengan lancar sampai ke penjualan.

Mengapa harus kaos anak?

Mengapa fokus di usaha produksi kaos anak? Kenapa bukan jenis baju lainnya atau jualan baju anak secara umum? Fokus kepada satu produk terlebih dahulu adalah salah satu langkah untuk memulai bisnis konveksi kaos anak. Kenapa kaos? Karena kaos adalah jenis baju favorit semua orang, ia nyaman dikenakan dan tidak terasa panas meski cuaca sedang terik. Bahan kaos bisa menyerap keringat dengan baik sehingga anak tetap merasa nyaman dengan dirinya ketika ia mengeluarkan keringat saat beraktivitas. Kaos juga tidak memiliki kancing sehingga ia lebih praktis dikenakan, tidak butuh waktu yang banyak. Anda bisa mengenakan kaos kepada anak untuk menjalani hari-harinya, hingga ia tertidur kembali di kasurnya. Kaos juga bisa dengan mudah Anda cetak dengan berbagai macam gambar yang bisa menarik hati anak untuk memilikinya.

Bahan apa yang digunakan untuk kaos anak?

Bahan kain yang biasanya digunakan untuk kaos ada banyak macamnya. Ada katun, ada hyget, ada bahan lacoste, dan lain sebagainya. Namun untuk produksi konveksi kaos anak sebaiknya menggunakan bahan katun. Atau kalau ingin harganya lebih murah, cari bahan campuran yang porsi katunnya lebih banyak. Bahan katun pun masih dibagi lagi menjadi 4 macam yaitu 20s, 24s, 30s, dan 40s dengan bahan katun 20s yang paling tebal dan 40s paling tipis dan ringan. Makin ringan bahan katun makin nyaman untuk si kecil apalagi bahan katun 40s banyak digunakan sebagai pakaian tidur anak yang nyaman dan lembut di kulit. Sifat bahan katun adalah ia bisa menyerap keringat dengan baik, tidak membuat si kecil jadi panas, dan ia memiliki tekstur yang pas untuk dilakukan pencetakan gambar motif.

Bagaimana memulai bisnis konveksi kaos anak?

Untuk memulai sebuah bisnis adalah langkah yang paling sulit dilakukan. Bagaimana Anda memulai bisnis akan memberikan pengaruh setidaknya dalam satu kali masa periode produksi baik buruk atau bagus dampaknya. Untuk memulai bisnis konveksi kaos anak yang pertama Anda butuhkan adalah lahan untuk proses produksinya, sesuaikan dengan skala usaha yang Anda inginkan. Kemudian cari informasi untuk bisa mendapatkan perlengkapan alat produksi yang kualitasnya bagus dengan harga yang pas plus adanya support teknis misalnya kemudahan dalam melakukan servis dan sebagainya. Perlengkapan yang Anda butuhkan untuk produksi antara lain adalah mesin jahit dengan kapasitas kerja yang tinggi, komputer, printer cetak kaos, mesin heat press, perlengkapan sablon screening,  dan alat produksi lainnya.

Memasarkan produk kaos anak

Agar produk kaos anak Anda banyak pembelinya, yang harus diperhatikan pertama adalah menentukan target konsumen yang akan disasar. Apakah Anda ingin mendapatkan konsumen dari kalangan masyarakat menengah ke bawah atau ke atas. Hal ini akan menentukan kualitas bahan dan juga produk jadi yang akan diproduksi. Barang dengan kualitas yang bagus akan lebih menarik bagi pembeli dengan kemampuan ekonomi yang lebih tinggi. Kemudian buat kaos dengan desain yang disukai dan pantas untuk anak-anak sehingga produk Anda akan jadi favorit bagi anak-anak. Jangan lupa untuk mencantumkan nama brand dengan memberikan label pada produk Anda. Label bisa diletakkan di bagian dalam kerah belakang, atau pada bagian sisi luar baju kaos anak. Setidaknya hal-hal di atas bisa menjadi pedoman awal Anda untuk membuka usaha konveksi kaos anak.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *