pembuatan kaos partai

 

3 Hal Penting Dalam Hal Pembuatan Kaos Partai

Pembuatan kaos partai biasanya ramai dilakukan saat-saat menjelang musim kampanye untuk kepentingan pemilihan umum. Baik pemilihan umum kepala daerah hingga presiden sekalipun, kaos partai dengan gambar lambang atau foto pasangan calon akan ramai mewarnai kegiatan kampanye yang dilakukan oleh masing-masing tim sukses. Dua hal yang pasti jadi ketentuan dalam pembuatan kaos untuk kampanye ini adalah jumlahnya yang besar dan budgetnya yang terbatas. Bagaimanapun juga, kaos partai bukan hanya satu-satunya atribut kampanye yang digunakan sehingga budget kampanye untuk pembuatan kaos tentu terbatas. Apabila Anda kebagian tugas untuk memesan kaos partai menjelang kampanye dimulai, ada beberapa hal yang bisa jadi perhatian Anda agar hasil pesanan kaos bisa maksimal, selesai tepat waktu, dan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat yang menerima kaos. Berikut adalah beberapa hal dalam pembuatan kaos partai yang penting untuk Anda ketahui.

Jenis bahan kaos menentukan harga

Tentu Anda menginginkan kaos yang diproduksi bisa sebanyak-banyaknya dengan biaya yang serendah-rendahnya. Hal ini bisa dilakukan dengan memilih jenis kaos yang paling pas dengan kebutuhan dan juga budget Anda. Ada banyak bahan kaos yang bisa Anda pilih mulai dari bahan kaos oblong seperti cotton combed, cotton carded, CVC, TC, PE, dan Hyget. Sementara kalau mau bikin kaos berkerah atau kaos polo bahan yang digunakan biasanya adalah cotton pique atau lacoste. Beda bahan tentu beda harganya. Membuat kaos polo harganya lebih mahal dibandingkan dengan kaos oblong. Kaos oblong dengan bahan cotton combed harganya lebih mahal ketimbang menggunakan bahan hyget yang lebih tipis. Untuk pembuatan kaos partai dalam jumlah yang besar, untuk menekan biaya pengeluaran biasanya bahan kaos yang digunakan adalah bahan hyget dengan kualitas medium. Karakter kaos ini tipis dan licin, tidak menyerap keringat namun tidak terlalu transparan sehingga masih sopan untuk dikenakan.

Teknik sablon yang digunakan pada kaos

Teknik sablon yang digunakan juga penting dalam proses pembuatan kaos partai. Saat ini ada banyak macamnya teknik sablon yang digunakan untuk membuat kaos mulai dari secara manual, digital, hingga DTG. Masing-masing teknik sablon punya kelemahan dan kelebihannya masing-masing. Misalnya untuk teknik sablon manual memiliki kelemahan pengerjaan yang membutuhkan waktu yang lebih lama. Kelebihan dari sablon manual adalah ia cocok digunakan untuk mengerjakan kaos dengan desain yang seragam dan dalam jumlah yang banyak sehingga bagi Anda yang ingin membuat kaos partai dengan harga yang lebih hemat bisa memilih teknik sablon secara manual. Sedangkan untuk sablon DTG atau direct to garmen pada pembuatan kaos partai harganya lebih mahal karena menggunakan mesin printer khusus. Namun hasil sablonnya lebih menyatu dengan kain, cocok untuk desain kaos yang banyak detailnya misalnya foto gambar pasangan calon, dan waktu pengerjaan yang lebih singkat.

Lama waktu pengerjaan yang sesuai dengan deadline

Pada masa kampanye, kebanyakan jasa konveksi atau pabrik pembuatan kaos partai pasti akan kebanjiran pesanan kaos. Masing-masing tim sukses memesan dalam jumlah yang banyak dan masing-masing punya deadline tersendiri agar kaos bisa selesai tepat waktu. Oleh karena itu hindari memesan kaos partai dengan tenggat waktu yang singkat karena banyak pabrik kaos yang akan menolak atau jika menerima ada resiko kaos Anda akan terlambat jadinya. Siapkan kaos partai beberapa bulan sebelum masa kampanye dimulai sehingga pabrik kaos bisa mendahulukan pesanan kaos Anda karena sudah pesan sebelum yang lain juga pesan kaos partai.  Dengan memberikan ancang-ancang waktu yang cukup lama, Anda pun bisa memilih teknik sablon yang membutuhkan waktu lebih lama pengerjaannya misalnya sablon manual sehingga biaya pembuatan kaos bisa dihemat.

Agar pembuatan kaos partai bisa lancar dan tepat waktu selesainya sehingga bisa digunakan segera untuk program-program kampanye yang sudah direncanakan, perhatikan hal-hal yang bisa memengaruhi kualitas dan juga lama waktu pengerjaan kaos partai dalam jumlah yang besar. Anda juga bisa pilih mana bahan kaos yang paling pas dengan budget namun tetap bisa dikenakan sebagai pakaian biasa sehingga justru tidak membuat kampanye Anda gagal hanya karena kualitas kaos yang tidak layak pakai. Itulah beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan Anda dalam hal pembuatan kaos partai.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *