Pesan Kaos Sablon Online Dengan Teknik Sablon Kaos Manual

Pesan Kaos Sablon Online Dengan Teknik Sablon Kaos Manual

Pesan kaos sablon online memang sedang marak akhir-akhir ini, sebab selain lebih murah pilihannya pun bervariasi. Sablon sendiri bisa dikerjakan dengan beberapa teknik, salah satunya teknik sablon kaos manual. Teknik tersebut paling sering digunakan oleh percetakan dan penyablonan karena peralatan yang digunakan sederhana dan terjangkau, serta kualitasnya belum tertandingi, bahkan oleh teknik sablon kaos digital.

Jenis-jenis Sablon Kaos Manual

Berikut beberapa macam teknik sablon yang dapat menjadi panduan bagi Anda untuk pesan kaos sablon online:

1.             Rubber

Sablon kaos rubber atau karet GL merupakan sablon manual yang sering digunakan. Sablon kaos berbahan karet tersebut memiliki tingkat elastisitas serta kerapatan yang tinggi, sehingga mampu menutup permukaan warna kain dengan sempurna. Sablon rubber sangat disukai karena cocok diterapkan untuk berbagai warna kaos. Sablon jenis ini juga sangat awet dan tidak mudah meleleh ketika disetrika, apalagi kalau ditambah lapisan tambahan atau coating, bisa mengikuti kelenturan kain.

Di samping sebagai sablon utama, rubber biasanya dimanfaatkan menjadi underbase, yaitu tinta dasar yang dipakai untuk menutup warna kain sebelum disablon dengan warna lain. Underbase biasanya dipakai pada kaos berwarna gelap.

2.             Plastisol

Plastisol adalah sablon yang berbahan dasar tinta PVC (berbasis minyak). Keunggulan sablon jenis ini ialah mampu menghasilkan cetakan raster atau dot yang berukuran kecil dengan hasil sangat jelas dan sempurna. Tapi, sayangnya untuk memperoleh kaos dengan sablon plastisol, Anda harus merogoh kocek yang lebih banyak dikarenakan bahan baku dan biaya peralatannya cukup mahal. Selain itu, sablon plastisol membutuhkan perlengkapan tambahan untuk mengeringkannya, seperti flash curing, conveyor curing, hot gun atau sinar infra merah.

Setelah dikeringkan dengan benar, tinta plastisol mempunyai daya rekat yang baik.

3.             Pigmen

Pigmen merupakan tinta sablon yang terbuat dari bubuk pewarna dan memiliki sifat mampu meresap ke dalam serat kain. Sablon pigmen biasanya hanya dipakai untuk kaos-kaos yang berwarna terang, sebab tidak bisa mengalahkan karakter pewarna dari serat kaos berwarna gelap. Sablon jenis ini sangat tipis dan menyerap, sehingga bila diterapkan tekstur kain kaos akan tetap terlihat. Dibanding tinta jenis lain, warna yang dihasilkan cat ini lebih rata dan solid.

Disarankan untuk memakai sablon pigmen pada desain kaos yang lebar karena hanya membutuhkan sedikit tinta.

4.             Superwhite

Karakter sablon superwhite hampir menyerupai pigmen, tapi lebih transparan dan dapat diaplikasikan pada kaos berwarna gelap. Ada dua jenis varian tinta superwhite, yaitu tinta putih dan tinta berwarna. Ciri khas dari sablon jenis ini ialah warnanya yang cenderung turun atau pudar, sehingga cocok untuk desain vintage.

5.             Discharge

Sablon discharge atau yang lebih dikenal dengan sablon cabut warna merupakan teknik sablon kaos manual yang dapat mengubah warna kaos menjadi warna yang sama dengan tinta tersebut. Misalnya, kaos berwarna ungu disablon dengan tinta discharge warna oranye, maka setelah itu bahan kaos akan berubah menjadi oranye.

Tinta sablon discharge sendiri merupakan gabungan dari tinta Superwhite dan bahan-bahan lainnya. Hasil sablon dengan teknik ini sangat halus serta terlihat seperti warna kain asli, tapi sayangnya hanya cocok diaplikasikan pada kaos berbahan katun murni.

Mencetak Sablon Secara Manual

Ketika hendak menyablon kaos dengan teknik manual, jangan lupa memasukkan tatakan tripleks ke dalamnya agar tinta tidak merembes ke bagian belakang dan kaos tetap dalam keadaan stabil. Selain itu, apabila ingin mencetak lebih dari satu warna, tutupi warna lainnya dengan plastik yang direkatkan menggunakan lakban.

Terdapat beragam pilihan sablon kaos manual yang beredar di pasaran. Tentu Anda harus cermat memilihnya supaya mendapatkan kaos yang sesuai keinginan. Bila melakukan pembelian secara offline, alias langsung ke toko fisik, Anda mungkin masih bisa melihat bahan dan sablon yang diterapkan. Namun, tidak dengan penyedia jasa online, sehingga dengan mengetahui beberapa jenis sablon tersebut Anda tidak akan khawatir ketika pesan sablon kaos online.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *