Produksi Kaos Distro

Bisnis produksi kaos distro semakin menjamur, terlebih di kota besar seperti Bandung yang kini tampil sebagai kota fashion di tanah air. Para pelaku usaha mulai melirik bisnis ini karena adanya peluang pasar yang menjanjikan. Betapa tidak? Kaos distro termasuk produk yang digandrungi hampir semua kalangan. Terutama kalangan remaja. Kaos distro menjadi contoh produk fashion modern yang diyakini tidak akan mati termakan jaman.

Anda tertarik memulai bisnis kaos distro? Berikut beberapa tips yang bisa dijadikan panduan memulai usaha kaos distro:

  • Memulai dengan Ide Keren

Setelah Anda mantap ingin memulai bisnis kaos distro, maka Anda harus segera memulai dengan brainstroming. Dapatkan ide-ide keren dan menarik untuk diusung menjadi tema kaos distro Anda. Kaos distro yang baik memiliki ciri khas tersendiri. Tampil beda dan tidak seperti produk kaos di pasaran. Karena esensi dari kaos distro unik, menarik, eksklusif, dan bukan produk pasaran.

Dalam hal ini Anda juga perlu mempertimbangkan apakah ingin membuat kaos dengan sablon gambar, sablon teks, atau mungkin kombinasi keduanya. Pembuatan kaos distro juga perlu dispesifikasikan untuk kaos pria, wanita, atau anak-anak. Kaos distro sekarang tengah menjadi trend dan bisa dibilang kaos semua kalangan. Tak hanya remaja, tapi anak-anak dan dewasa juga suka memakainya. Karenanya ada banyak ide yang bisa digarap dan dituangkan menjadi produk kaos distro berkualitas.

  • Pasang Target Pasti

Setelah melakukan brainstroming, lanjutkan dengan memasang target pasar. Kepada siapa Anda ingin menjual kaos distro? Harus spesifik. Misalnya pria dengan rentang usia antara 17 hingga 40 tahun. Hal ini seperlu menggali lebih dalam tentang target market Anda.

Beberapa contoh target yang spesifik yaitu kalangan fotografer, komunitas mancing mania, komunitas pecinta motor gede, atau lainnya. Ada banyak pangsa pasar yang bisa Anda sasar. Namun bila Anda bisa memasang target secara spesifik, makin spesifik maka Anda bisa lebih mudah dalam membangun rencana pemasaran.

  • Memiliki Tempat Produksi Kaos Sendiri

Sekarang ini cukup banyak pngusaha kaos memulai usaha dengan membeli produk kaos polos dari produsen lain. Untuk model terbatas, cara ini memang bisa dicoba. Dimana Anda bisa mendapat kebebasan menawar berbagai ukuran, model, dan warna kaos yang diinginkan. Dengan demikian Anda bisa menguji sejumlah model kaos untuk mengetahui minat pasar Anda. Apalagi banyak produsen kaos polos menawarkan harga murah. Namun, tidak ada salahnya pula bila Anda memiliki tempat produksi kaos sendiri. Hanya saja memang dibutuhkan modal yang terbilang lumayan.

  • Miliki Tempat Sablon Kaos

Selain tempat produksi kaos distro, Anda juga mesti memiliki tempat sablon kaos. Pasalnya sablon ibarat nyawa dari usaha kaos distro. Namun, bukan menjadi soal bila Anda belum memiliki tempat sablon sendiri. Anda bisa mencari informasi di internet seputar tempat yang menyediakan jasa sablon di sekitar domisili. Anda bisa mengajak kerjasama atau jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan sejumlah tempat sablon kaos yang enak diajak menjadi mitra baik.

  • Menentukan Harga Jual Kaos

Harga jual kaos distro cukup bergantung dengan biaya produksi. Hal ini sering disebut dengan actual costing. Dimana bisa Anda hitung harga pokok penjualan atau HPP. Pastikan benar untuk menulis semua harga secara real. Misal mulai dari biaya sablon, hangtags, label, pengiriman, tenaga kerja, atau lainnya.

Anda bisa juga mempertimbangkan rencana penjualan kaos secara grosir atau eceran. Harga kaos distro bisa jadi cukup murah bila Anda menjual sendiri. Namun, bisa juga Anda menjual kaos ke toko atau distro kaos dengan bandrol yang biasanya lebih tinggi. Bila Anda ingin menjual kaos secara ecer, maka ide terbaik Anda memiliki toko sendiri. Tak harus toko nyata. Anda bisa membuat toko online. Bila produksi besar, Anda bisa juga menjual secara grosir atau partai. Caranya dengan menjual kaos ke toko atau distro kaos yang memiliki target pasar sama dengan Anda. Dalam hal ini cobalah untuk menjalin kerjasama.

Selama Anda bisa memastikan kualitas kaos distro yang diproduksi berkualitas, pasti minat pasar akan terus tinggi untuk produk Anda. Melakukan metode penjualan online sekaligus offline sekiranya juga menjadi cara terbaik efisien untuk menunjukkan eksistensi Anda menjalankan bisnis produksi kaos distro.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *