Produsen Baju

Jenis Kain yang Sering Digunakan oleh Produsen baju Ternama

Produsen baju selalu menggunakan bahan-bahan yang sering diminati oleh masyarakat guna mendongkrak penjualan produksinya. Dari sekian banyak jenis kain pastinya ada yang disukai oleh masyarakat dan tidak disukai oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan masyarakat selalu menyesuaikan dengan kebutuhannya atau bisa juga mengikuti fashion yang sedang berkembang disekitarnya. Oleh karena itulah produsen baju harus jeli dalam melihat bahan kain yang dibutuhkan oleh masyarakat sehingga produksi menunjukkan proges yang tidak mengecewakan.

Kain merupakan bahan dasar yang digunakan untuk keperluan sandang yang terbuat dari kapas, ulat sutra, atau bahan-bahan yang lain yang dikumpulkan dan dirajut sehingga membentuk sebuah kain. Di Indonesia yang mempunyai iklim tropis mempunyai bahan kain sendiri yang menjadi favorit masyarakat sehingga segala jenis sandang terbuat dari bahan kain tersebut. Berikut ini adalah beberapa jenis kain yang sering digunakan oleh pabrik baju ternama untuk menghasilkan produksi yang tinggi dan menarik masyarakat untuk menggunakannya.

PE (Poly Ester)

Salah satu bahan yang sering digunakan oleh produsen pakaian adalah kain PE atau Ploy Ester. Tidak seperti bahan kainnya yang terbuat dari kapas. Kain jenis ini terbuat dari bahan sintetis yang dihasilkan oleh minyak bumi yang diproses oleh mesin untuk dijadikan serat-serat kain. Bahan jenis ini mempunyai daya tahan lama namun sayangnya bahannya yang tidak dapat menyerap air dengan cepat membuatnya terasa panas ketika dikenakan. Salah satu jenis pakaian yang menggunakan kain ini adalah kaos bola atau jersey.

Chiffon

Kain chiffon atau dikenal dengan istilah sifon merupakan bahan kain yang mempunyai ciri khas tipis transparan namun lembut saat dikenakan. Bahan kain ini sering ditemui dalam kebaya pada acara resmi keadatan. Bagi orang yang gemuk akan disarankan untuk menggunakan kain ini karena sifatnya yang lembut sehingga membuat kain tersebut jatuh lunglai memberikan kesan anggun.

Rayon

Salah satu bahan favorit dan digunakan sebagai bahan dasar kain batik adalah kain rayon. Banyaknya pilihan warna serta sifat bahannya yang mempunyai daya serap tinggi, permukaan halus, tidak mudah kusut, dan tahan lama membuat kain rayon banyak diburu oleh masyarakat. Produksi terbesar menggunakan kain ini adalah baju batik tekstil yakni batik yang dibuat oleh pabrik bukan dari menggambar.

Satin

Saat ini kain satin banyak diburu untuk kerudung bagi umat muslim. Hal ini dikarenakan bahan satin mempunyai warna yang berkilau dan tebal sehingga tidak mudah kusut. Selain itu bahan ini juga sering digunakan sebagai pelengkap gaun pernikahan. Salah satu kelebihan dari bahan ini adalah ringan, mengkilap, dan tidak mudah menyerap air.

Denim

Pada awalnya denim digunakan untuk celana yang menandingi laju dari bahan jeans. Bahan denim mempunyai kesan lebih elegan dan lebih halus permukaannya jika dibandingkan dengan bahan jeans. Akan tetapi jika dibandingkan dengan kain sebelumnya maka kain denim termasuk kain yang mempunyai permukaan kasar. Permukaan kasar inilah yang membuatnya banyak dipilih untuk dijadikan celana. Namun saat ini bahan denim sudah mulai dirubah fungsinya oleh produsen baju dengan membuat kemeja dari bahan tersebut.

Spandex

Salah satu bahan yan paling banyak digunakan oleh masyarakat adalah spandex. Bahan ini terbuat dari olahan kapas yang dicampurkan dengan serat kayu sehingga menghasilkan sebuah kain yang memiliki elastisitas yang tinggi. Oleh karena itulah bahan ini sering digunakan pada pakaian outdoor. Spandex juga sering digunakan sebagai bahan dasar jaket gunung, hal ini memanfaatkan sifatnya yang tidak menyerap air, padat, tidak kaku, dan mempunyai warna yang mengkilap.

Brokat

Terakhir adalah kain brokat. Kain ini terrbuat dari hasil sulaman berbagai serat kain sehingga membentuk berbagai macam corak yang indah. Nama brokat sendiri mempunyai arti disulam yang menunjukkan cara kain tersebut diciptakan. Namun dalam penggunaannyakain brokat harius dikombinasikan dengan kain lainnya untuk memperoleh pakaian yang lebih bagus. Kain brokat sering digunakan untuk pakaian pernikahan, kebaya, dan juga pakaian adat istiadat. Banyaknya manfaat inilah yang membuat kain jenis brokat ini menjadi salah satu kain yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat sehingga diproduksi secara meluas oleh produsen baju.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *