Proses-proses Penting Pembuatan Seragam yang Perlu Anda Tahu

Pabrik konveksi bekerja keras untuk dapat memenuhi permintaan konsumen. Sebagai contoh, saat Anda memesan seragam, tentu tidak asal jadi. Ada serangkaian proses penting yang terjadi di dalam pabrik tersebut. Inilah yang nantinya berpengaruh pada kualitas dan harga jual dari pabrik konveksi kepada konsumennya. Apakah Anda penasaran dengan proses pembuatan seragam yang terjadi dalam sebuah pabrik konveksi? Simaklah proses-proses penting yang dapat Anda ketahui di bawah ini.

Pembuatan Desain Pola Seragam

Saat pabrik konveksi menerima pesanan seragam dari Anda, maka proses pertama yang dilakukan adalah membuat desain pola. Pola tersebut dibuat dari lembaran kertas. Tidak asal membuat pola, karena tentu harus berdasarkan ukuran yang sudah ditentukan oleh pihak pabrik konveksi sebelumnya. Sehingga pekerja pabrik konveksi tinggal mengikuti permintaan tersebut. Kemudian, desain pola yang sudah selesai dibuat pada kain belacu. Pekerja pabrik konveksi akan melihat apakah pola yang dibuat sudah sesuai dengan pola atau belum. Dalam hal ini, pada proses pembuatan desain pola dapat dilakukan analisis mengenai desain pola seragam yang sudah sesuai dengan permintaan Anda sebagai konsumen atau belum.

Pembuatan Seragam

Setelah analisis pola desain seragam dapat diterima, selanjutnya adalah proses pembuatan seragam. Umumnya, pabrik konveksi menerapkan dua metode. Dapat menggunakan metode manual ataupun metode CAD/CAM. Seiring dengan perkembangan teknologi, kebanyakan dari pabrik konveksi lebih menerapkan pembuatan seragam dari metode CAD/CAM karena pola konveksi masih tersimpan dengan baik. Sehingga jika suatu ketika diperlukan, maka pabrik konveksi tidak perlu membuat kembali desain pola tersebut.

Penentuan Ukuran dengan Grading

Dalam proses pembuatan seragam terdiri dari beberapa proses. Seperti proses grading yang menghadirkan ukuran seragam S, M, L, XL, serta XXL. Dengan grading, penentuan seragam dapat dibedakan dan sesuai dengan standar ukuran masing-masing.

Pengaturan Marker Making dan Cutting

Setelah terdapat desain pola dengan ukuran tertentu, agar kain untuk pembuatan seragam tidak boros, maka diperlukan marker making. Dengan bantuan software komputer, pekerja di pabrik konveksi dapat mengatur desain pola agar pas dan sesuai dengan kain yang hendak digunakan. Artinya, marker making dapat mengatur penggunaan kain agar tidak banyak sisa kain yang digunakan. Selanjutnya, setelah melakukan marker making tentu saja cutting atau pemotongan pada kain yang telah diberi pola. Agar pemotongan desain pola pada kain lebih rapi, pabrik konveksi biasanya akan mengandalkan kerja mesin.

Penjahitan Kain Seragam dan Quality Control

Kain-kain seragam yang sudah terpotong sesuai pola, maka dilanjutkan pada proses pemilahan. Dibedakan sesuai dengan ukurannya agar lebih memudahkan dalam proses penjahitan. Saat masuk proses penjahitan, para pekerja yang memiliki keahlian kompeten dalam menjahit mulai bekerja. Setelah seragam jadi, maka akan masuk ke unit QC atau Quality Control. Unit tersebut terdiri dari beberapa inpekstor yang menilai apakah hasil seragam sudah sesuai denga standar pabrik atau belum. Selain itu, untuk mengecek jika terjadi kesalahan dalam menjahit, maka perlu diperbaiki.

Proses Finishing

Setelah seragam pesanan Anda sudah selesai di produksi, maka akan masuk pada proses finishing. Dalam proses ini, seragam-seragam tersebut akan dirapikan dengan cara disetrika. Para oekerja atau disebut sebagai operator, akan merapikan seragam tersebut. Sehingga akan terlihat lebih rapi dan selanjutnya sebelum dikemas, dilakukan inspeksi atau pengecekan kembali oleh Quality Control guna memastikan tidak ada hasil produksi yang cacat.

Pengemasan Produk

Proses akhir dari pembuatan seragam adalah packing atau pengemasan. Pabrik konveksi memiliki unit pengemasan yang bertugas menata seragam-seragam atau produk jadi konveksi untuk siap didistribusikan kepada pemesan atau konsumen seperti Anda. sehingga ketika sampai di hadapan Anda sduah dalam kondisi yang sebaik-baiknya.

Itulah proses pembuatan seragam secara sederhana yang dapat Anda ketahui. Semoga dapat menjadi bekal dan pengertian mengapa pabrik konveksi perlu waktu dalam menyelesaikan pesanan dari Anda. Serta ada harga dan ada kualitas yang diberikan pabrik konveksi. Dengan proses-proses yang panjang dan rumit, tentu sebagai konsumen Anda perlu tahu dalam membuat seragam itu perlu tahapan-tahapan yang sudah sesuai dengan standar pabrik konveksi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *