Proses Sablon dan Cara Pesan Kaos Sablon

 

 

Pesan kaos sablon tentunya harus mengetahui proses sablonnya sendiri untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Tidak sedikit orang yang tidak cermat dalam memilih kaos sablon sehingga kaos sablon yang telah dibeli tidak dapat bertahan lama. Penyebab kaos sablon tidak bisa bertahan lama boleh jadi dikarenakan terdapat kesalahan atau satu tahap yang tidak dilaksanakan dengan sempurna selama proses penyablonan. Jadi akan lebih lengkap rasanya bila anda mengetahui proses sablon sebelum memesan kaos sablon yang diinginkan.

Terdapat berbagai macam cara pada saat penyablonan akan tetapi secara umum teknik penyablonan hanya terbagi menjadi dua jenis yakni manual dan otomatis. Pada teknik penyablonan otomatis tentunya menggunakan alat sebagai alat sablonnya tentunya teknik ini memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Dan salah satu kekurangannya adalah kualitas dari sablon tidak sebagus hasil pada teknik manual. Demikian pula pada manual, tidak bisa seefisien mesin sablon saat memproduksi kaos sablon. Berikut ini terdapat ebebrapa teknik sablon manual singkat untuk mengetahui proses sablon sebelum pesan kaos sablon.

Memilih Desain Sablon

Hal pertama yang harus dilakukan tentu saja adalah memilih desain yang akan dibuat. Desain ini nantinya akan mempengaruhi bahan yang cocok untuk digunakan pada sablon. Pada umumnya desain sablon akan memenuhi maksimal sepertiga dari total keseluruhan wilayah kaos. Sehingga warna dasar pada kaos masih terlihat jelas. Meskipun saat ini tak jarang yang mencoba membuat full sablon pada bagian bajunya akan tetapi baju yang menggunakan sepertiga dari total keseluruhan adalah yang paling umum digunakan. Tentunya desain sablon yang digunakan disesuaikan dengan keinginan dan karakter masing-masing orang.

Memilih Bahan Dasar Kaos

Salah satu hal terpenting adalah memilih bahan kaos yang akan disablon. Bahan kaos ini nantinya akan menentukan bahan sablon pula karena bahan dasar kaos berbeda-beda dan harus dicocokkan dengan bahan sablon untuk menghasilkan kaos dengan kualitas maksimal. Bahan paling banyak digunakan oleh orang Indonesia saat ini adalah bahan katun karena menjadi salah satu bahan dasar kaos yang mudah diterima dan diserap oleh sablon dan juga nyaman digunakan pada segala kondisi cuaca.

Memilih Bahan Sablon

Selanjutnya adalah memilih bahan sablon yang ingin digunakan. Meskipun tak banyak orang yang memperhatikan jenis bahan yang digunakan untuk menyablon akan tetapi memperhatikan bahan yang digunakan merupakan sebuah kewajiban bagi pecinta kaos sablon. Bahan sablon ini nantinya akan membuat harga jual kaos meningkat. Terdapat beberapa jenis bahan sablon yang paling sering digunakan diantaranya ruber yang bersifat elastis, glitter yang bersifat kerlap-kerlip, plastisol yang berdifat mengkilap, dan glow in the dark yang bersifat menyala dalam gelap. Masih terdapat banyak jenis lainnya yang tentunya disesuaikan dengan bahan kaos yang digunakan.

Proses Penyablonan

Proses berikutnya adalah bagian inti yakni proses penyablonan. Pada teknik manual masih menggunakan bahan fiber atau screen untuk mencetak sablon tersebut. Tentu saja cetakan ini sudah diberi cairan khusus untuk mendapatkan desain gambar yang ingin disablon. Proses penyablonan hanya tinggal meletakkan tinta pada bagian atas cetakan kemudian ditekan agar tinta bisa menempel pada kaos.

Pengeringan atau Penjemuran

Proses terakhir adalah pengeringan atau penjemuran. Cara ini tak bisa dilakukan sembarangan karena untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kaos harus dikeringkan pada suhu tertentu dengan batas waktu yang telah ditetapkan. Proses ini nantinya yang akan mengeringkan cairan tinta sablon untuk menjadi bahan yang lebih kuat menempel pada kaos sablon.

Cara Terbaik Pesan Kaos Bersablon

Meskipun sudah banyak cara untuk mendapatkan kaos yang diinginkan akan tetapi terdapat beberapa cara terbaik untuk mendapatkan kaos sablon dengan kualitas maksimal. Cara ini dipandang lebih aman untuk terhindar dari pembelian kaos sablon yang tidak sesuai dengan harapan dan tidak memiliki daya tahan lama. Adapun cara terbaik untuk mendapatkan kaos sablon terbaik adalah dengan langsung mendatangi pusat pembuatannya sheingga mengetahui bahan kaos dan bahan sablon yang digunakan. Selain itu dengan mendatangi pusat pembuatan kaos sablon akan menghindarkan dari kecurangan harga pada distributor yang tak jarang memberikan banderol mahal pada barang yang tidak sesuai dengan kualitasnya. Jadi dengan mendatangi langsung pusat pembuatan kaos sablon menjadi salah satu cara terbaik untuk pesan kaos sablon.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *