Sablon Kaos Partai Murah Dengan Teknik Manual dan Digital

Sablon Kaos Partai Murah Dengan Teknik Manual dan Digital

Sablon kaos partai murah pasti dicari oleh orang-orang yang akan menyelenggarakan event tertentu, seperti pilkada, pemilu, atribut partai serta untuk kegiatan sosial dan promosi. Kaos jenis ini kualitasnya rendah, terbuat dari bahan polyester dan dikerjakan dengan cepat. Biasanya, kaos partai identik dengan warna putih dengan warna tangan yang sama atau kombinasi dengan rib leher. Bahan yang umum digunakan ialah hyget dan pe dobel serta disablon dengan teknik digital.

Bahan Kaos Partai

Berikut ini beberapa jenis bahan kaos partai yang umum digunakan:

1.             Hyget

Hyget merupakan bahan sablon kaos partai murah yang biasanya dipakai untuk kampanye, acara gerak jalan, event pemerintah dan sebagainya. Bahan hyget sendiri terbagi menjadi beberapa macam, yaitu:

–               Hyget super. Hyget jenis ini memiliki ketebalan gramasi lebih dari 100 grsm- (110) gsm. Kaos partai dengan bahan hyget super biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal dibanding lainnya. Settingannya 45 inc dan hasil outputnya sedikit akibat bobotnya lebih berat.

–               Hyget lapis (hyget biasa). Hyget lapis memiliki ketebalan gramasi di bawah 90-100 grsm. Harga jualnya lebih murah dari hyget super, tapi masih tergolong sedang (tidak terlalu murah). Settingannya 55 inc dan hasil outputnya lebih banyak ketimbang hyget super.

–               Hyget puring. Ketebalan gramasi hyget puring di bawah 80-90 grsm dengan settingan 60 inch. Hasil outputnya lebih banyak daripada hyget lapis karena beratnya juga lebih tipis, sehingga harga jualnya semakin murah.

2.             Kaos PE

PE double merupakan bahan yang dipakai untuk kaos partai, promosi dan sebagainya. Kualitas kaos partai dengan bahan PE lebih bagus dibanding hyget karena terdiri atas campuran polyester. Selain itu, PE bisa disablon menggunakan teknik manual, transfer paper serta dibuat model kerah.

Sablon Kaos Dengan Mesin DTG

DTG atau Direct to Garment merupakan teknik sablon yang mulai ramai diperbincangkan beberapa tahun terakhir. DTG memungkinkan Anda untuk mencetak baju dari file desain ke bahan kaos secara langsung, tanpa memakai film atau screen. Berbeda dengan teknik sablon kaos manual, proses percetakan dengan mesin DTG ini tidak melibatkan tenaga manusia. Proses mencetaknya sendiri mirip seperti mesin printer, tapi disini yang dicetak adalah kaos atau garmen.

Bisa dibilang, DTG merupakan penyempurna dari mesin pendahulunya, yaitu sablon press (mesin sablon tanpa screen). Sablon press bekerja dengan cara mencetak file pada kertas transfer, lalu gambar dipindahkan ke media kain yang dipress pada suhu tertentu.

Sablon Manual Vs Sablon Digital

Berikut beberapa perbedaan antara kaos partai yang dicetak secara manual dengan digital:

1.             Tinta yang digunakan. Teknik kaos sablon manual menggunakan berbagai jenis tinta, sedangkan kaos DTG hanya mempunyai satu jenis tinta, yaitu tinta tekstil yang dibuat secara khusus supaya responsif dengan sistemnya.

2.             Lama pengerjaan. Waktu yang dibutuhkan untuk mencetak kaos DTG ialah 20 menit. Tapi, pengerjaannya lebih konsisten dan berbanding lurus dengan kuantitasnya. Sementara lama pengerjaan teknik sablon manual tergantung pada kapasitas meja, alat dan pekerja.

3.             Faktor yang mempengaruhi proses produksi. Beberapa hal yang mempengaruhi proses produksi kaos sablon manual ialah kapasitas meja, kualitas alat, jumlah SDM, tinta yang dipakai, jumlah warna pada desain, kerumitan desain serta bentuk kain. Sedangkan produksi DTG bergantung pada kualitas gambar, mulai dari ukuran, warna kain, tinta yang dipakai, kerapatan desain, kualitas mesin dan kapasitas listrik.

4.             Hasil sablon kaos. Bila dilihat dari hasilnya, kaos sablon manual masih lebih unggul dari kaos DTG, terutama bila dikerjakan oleh operator yang sudah profesional dengan tinta berkualitas.

Ketika event pemilu semakin dekat, biasanya pemilik usaha sablon kebanjiran pesanan. Karena dibuat dalam jumlah yang banyak dan harus segera rampung, teknik sablon kaos digital sangat cocok untuk membuat kaos partai. Meskipun dari segi kualitas masih kalah dengan teknik sablon kaos manual yang seringkali digunakan untuk membuat kaos distro. Tapi, berhubung kaos tersebut dipakai untuk sementara dan juga dibagi-bagikan kepada masyarakat, maka yang diperlukan adalah sablon kaos partai murah.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *