sablon kaos partai

 

Fakta-fakta Tinta Rubber, Sablon Kaos Partai yang Paling Populer di Dunia Konveksi

Dari sekian banyak jenis sablon kaos partai yang digunakan vendor, sablon rubber menjadi salah satu yang paling sering dipilih. Anda yang sudah lama bergelut dengan bidang konveksi mungkin tidak asing lagi dengan nama ini. Namun, bagi Anda yang baru terjun ke ranah konveksi atau sedang mengurus kaus partai untuk acara tertentu, ada baiknya untuk mempelajari dulu tentang sablon rubber.

Berikut ini ada sejumlah fakta yang wajib Anda ketahui seputar tinta rubber yang kerap digunakan oleh vendor konveksi.

  • Sablon rubber mempunyai banyak nama

Kendati kerap dimanfaatkan, rupanya tinta rubber paling sering dipakai oleh konveksi yang berada di daerah Jawa Barat. Setelah itu, nama yang disematkan pada jenis tinta ini pun banyak. Salah satunya adalah GL; biasa dijuluki juga dengan karet GL, cat GL, pasta, dan lain sebagainya. Meski berbeda-beda, sebenarnya sablon runner tersebut tetaplah sama. Yang membedakan kualitas atau julukannya adalah cara meracik produsen yang menyuplainya. Sehingga saat Anda atau pihak vendor terjun ke pasar untuk membeli, ada sejumlah tinta rubber yang hadir menawarkan berbagai kualitas dan ciri khas.

  • Diciptakan sebagai tinta sablon untuk kaus

Vendor konveksi mana yang tidak mengetahui tinta rubber? Perlu diketahui bahwa jenis tinta yang satu ini memang khusus diciptakan untuk pembuatan sablon pada kaus—termasuk kaus partai. Bahkan kalau Anda memesan kaus di luar negeri, tinta rubber-lah yang akan dipakai sebagai salah satu bahan utama. Pasalnya, tinta ini bersifat elastis dan tahan lama. Dalam proses pembuatannya pun fleksibel, sehingga tidak menyulitkan produsen yang membuatnya. Kemudian, tinta ini tidak membutuhkan banyak alat dan efektif saat dimanfaatkan untuk proses penyablonan pada kaus.

  • Komposisi untuk membuat sablon rubber

Lantas, apa saja bahan yang digunakan untuk membuat sablon rubber? Sesuai namanya, tinta tersebut terbikin dari karet yang elastis. Proses pengolahannya juga dilakukan secara serius; melewati sejumlah pencampuran sedemikan rupa untuk menghasilkan tinta rubber terbaik. Setelah itu, sablon kaos partai ini pun diedarkan ke seluruh Indonesia untuk digunakan para vendor kaus. Fleksibilitas dari karet yang dimanfaatkan dalam pembuatannya membuat tinta ini sanggup menutupi serat kain maupun timbul. Bila Anda merabanya, akan terasa efek elastis dari kaus tersebut.

  • Kebanyakan tinta rubber bersifat water based

Fakta unik berikutnya yang dapat Anda peroleh dari tinta rubber adalah sifatnya yang berbasis air atau water based. Dalam kata lain, sablon rubber mampu bersatu dengan air mengingat pembuatannya pun memanfaatkan air sebagai salah satu bahan utama. Air berperan sebagai pembersih dari sisa sablon rubber yang menempel pada bagian screen. Kemudian, air dalam tinta ini bisa dipakai sebagai media pembersih. Dalam kadar yang tidak terlalu banyak malah mampu menurunkan warna yang terdapat di dalam sablon rubber kaus partai.

  • Tinta rubber dapat dipakai dalam media gelap

Kebanyakan kaus partai biasanya memakai kaus polos putih sebagai media dasarnya. Namun, tahukah Anda kalau kaus hitam pun dapat dimanfaatkan, karena tinta rubber mampu tampil sempurna di media gelap? Dalam hal ini, vendor akan menggunakan tinta rubber berwarna putih murni atau white based. Di tahap ini, white based berperan sebagai pelapis atau penutup serat-serat halus di atas permukaan kaus untuk kemudian menjadi timbul. Dibutuhkan ketelitian dan ketekunan vendor dalam mencampur warna agar hasilnya sama baiknya dengan kaus partai berwarna putih.

  • Beda pemasok/supplier, beda hasilnya pula

Tingginya permintaan terhadap tinta rubber menarik banyak produsen untuk membuatnya. Anda mungkin akan dibuat kebingungan saat mendapati ada banyak merek sablon rubber yang beredar di pasaran. Lalu hasilnya pun akan terasa berbeda, mengingat setiap produsen mempunyai komposisi yang tidak sama. Ada yang sukses menciptakan tinta rubber berkualitas tinggi dan dicari banyak vendor, ada yang biasa-biasa saja, bahkan ada mutunya rendah. Di sini, Anda perlu teliti saat memilih, karena akan menentukan hasil sablonan pada kaus partai.

Semoga Anda dapat menemukan sablon kaos partai yang sesuai dengan kriteria dan kebutuhan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *