Sebelum Datangi Konveksi untuk Buat Seragam, Anda Juga Harus Perhatikan Ini!

Seperti yang Anda sendiri ketahui kalau di Indonesia ada banyak sekali pabrik yang bergerak di bidang industri garmen. Contohnya saja seperti konveksi yang menawarkan jasa pembuatan seragam. Saking banyaknya maka Anda pun tak perlu dipusingkan lagi ketika ingin membuat beberapa buah seragam. Entah itu untuk keperluan kantor, kedinasan, atau bahkan sekolah. Anda dapat menggunakan jasa konveksi untuk membuat baju tersebut. Alasannya karena lebih cepat, hasil juga berkualitas, dan tentunya harganya lebih ekonomis.

Pentingnya Baju Seragam

Pengertian dari baju seragam itu sendiri sebenarnya adalah satu set pakaian yang menjadi standar khusus organisasi, perkumpulan, kantor, atau kelompok tertentu. Pakaian tersebut akan dikenakan para anggota atau pekerja sebagai tanda kalau mereka turut berpartisipasi. Selain dipakai oleh para murid sekolah, baju seragam juga dikenakan oleh pegawai kantoran, aparat, dan kedinasan. Namun ada pula oknum lain yang turut memakai seragam seperti club motor, tim sepak bola, atau bisa juga organisasi dan kelompok masyarakat yang lainnya.

Biasanya baju seragam memiliki model, pola, bentuk, bahkan warna yang senada akan tetapi ada juga yang berbeda. Intinya seragam tersebut telah memenuhi kriteria yang telah ditetapkan, misalnya harus berlengan panjang, berkerah, tidak terbuat dari kain jeans, dan sebagainya. Kebanyakan peraturan mengenai seragam seperti itu diterapkan di beberapa kantor swasta. Berbeda dengan kantor yang sifatnya kedinasan, contohnya saja seperti PNS dimana memiliki baju seragam yang semuanya sama.

Konveksi Selalu Jadi Andalan

Kebanyakan orang pastilah akan datang ke tempat konveksi yang menawarkan jasa pembuatan seragam. Alasannya tentu saja karena praktis, harganya juga jauh lebih murah. Terlebih lagi jika Anda memesannya secara borongan. Karena seragam dipakai oleh banyak orang dalam sebuah kantor atau organisasi tertentu maka kemungkinan besar akan mendapatkan banyak diskon. Apalagi kalau Anda sudah sangat sering menggunakan jasa dari tempat konveksi tersebut.

Memang betul jika pabrik pembuatan seragam sudah menjamur di masyarakat luas, namun menemukan yang berkualitas tidaklah semudah itu. Terkadang dari luar kelihatannya bagus dan ramai, namun ternyata hasilnya tidak sesuai keinginan. Kain seragam yang terlalu tipis, proses jahitan tidak rapi, terlalu banyak bekas cacat mesin jahit, atau masalah lainnya. Meskipun kelihatannya senada dan sama saja bentuknya, namun kenyamanan pakaian akan sangat berpengaruh pada aktivitas kerja. Coba Anda bayangkan saja kalau memakai seragam dengan jahitan tidak rapi atau kain yang tipis dan mudah luntur atau sobek. Pastinya akan sangat mengganggu saat menjalankan kegiatan sehari-hari di kantor bukan?

Hal-Hal yang Diperhatikan

Karena perkara memilih jasa pembuatan seragam merupakan hal yang paling utama, maka Anda patut mempertimbangkan banyak hal. Tidak hanya mengenai model dan desain terbaik saja melainkan juga hal-hal berikut ini:

  1. Survey Konveksi Lebih Dulu

Kalau Anda sudah memiliki langganan konveksi pakaian yang menawarkan jasa pembuatan seragam, tentunya akan sangat berguna sekali. Jadi Anda tak perlu lagi harus susah payah berkeliling dan mencari rekomendasi tempat konveksi terbaik dan berkualitas. Namun jika tidak maka Anda harus melakukan survey terlebih dahulu. Bisa langsung mendatangi beberapa konveksi atau bertanya pada teman-teman yang pernah memesan seragam di sana.

  1. Siapkan Desain dan Pola

Meskipun pabrik ataupun konveksi telah berpengalaman dalam pembuatan seragam tetapi lebih baik jika membuat dan menyiapkan desain sendiri dari rumah. Hal ini sangat penting sekali untuk menghindari model pakaian yang tidak sesuai keinginan. Anda bisa mengambil contoh seragam di internet atau membuat kreasi sendiri. Kemudian ditunjukkan pada pihak konveksi agar mereka mengerti keinginan Anda.

  1. Pilih Sendiri Jenis Kainnya

Sebelum datang ke konveksi, Anda harus mengetahui bahan kain apa yang nantinya akan dipilih. Tentunya yang terasa nyaman ketika dipakai dan tidak terlalu tipis agar dapat bertahan lama. Atau jika Anda memiliki banyak waktu luang, akan jauh lebih baik jika Anda memilih dan membeli sendiri kain yang akan dipakai untuk seragam tersebut. Jadi, tidak perlu lagi menggunakan bahan dari konveksi melainkan pakai kain yang telah dibeli sendiri.

Meskipun ada banyak jasa pembuatan seragam, namun Anda tidak bisa sembarangan dalam memesan seragam di sana. Memilih pabrik atau konveksi dengan hasil berkualitas merupakan hal yang sangat penting. Namun ternyata ada hal lain yang juga wajib diperhatikan, seperti desain, pola, serta jenis kain untuk seragam tersebut.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *