Sebelum Memutusan Pesan Seragam, Ada Baiknya Anda Mengerti Jenis-Jenis Bahannya

Ketika Anda ingin membuat pakaian sendiri, otomatis hal utama yang harus dipikirkan selain model pakaian adalah jenis kain yang akan digunakan. Tentunya pemilihan kain juga harus sesuai dengan fungsi dari pakaian itu sendiri. Misalnya saja seperti gaun pesta dimana memerlukan jenis kain satin, sutera, atau semacamnya. Nah, bagaimana dengan bikin baju seragam?

Untuk Keperluan Khusus

Seragam merupakan jenis pakaian yang mempunyai sifat sama atau senada, baik desain, model, sampai warna. Hal ini dikarenakan fungsi dari seragam itu sendiri seperti digunakan untuk bekerja, sekolah, atau sebagai identitas diri dalam sebuah kelompok atau organisasi. Seragam memang sangat berpengaruh sekali karena untuk menunjukkan kalau Anda merupakan anggota dari suatu tempat tertentu. Meskipun begitu, ternyata tak semuanya pakaian seragam memiliki kesamaan. Contohnya saja seperti pakaian yang dikenakan para pegawai dan pejabat PNS dimana semuanya sama, mulai dari model, desain gambar, dan warna. Namun hal ini berbeda dengan seragam kantoran, khususnya perusahaan swasta. Mereka hanya menetapkan standar berpakaian sesuai peraturan, misalnya harus rapi, memakai dasi untuk pria, dan rok untuk wanita.

Selain itu, ternyata baju seragam juga dipakai oleh oknum lain dengan tujuan yang sama yaitu sebagai identitas keanggotaan. Anda mungkin pernah melihat adanya sekelompok orang menggunakan kaos dengan logo atau gambar yang sama di tempat tertentu. Bikin baju seragam juga sering dilakukan oleh organisasi masyarakat seperti anggota club pecinta hewan, club motor, mobil, sepeda, aktivis kemanusiaan dan cinta lingkungan serta masih banyak lagi.

Jenis-Jenis Kain Seragam

Sebenarnya ada berbagai macam jenis bahan atau kain yang sering dipakai untuk membuat seragam. Karena sifatnya yang formal, maka tentu saja kebanyakan jenis kainnya bersifat tebal, rapi, licin, dan terkadang mengkilap. Nah berikut ini adalah beberapa jenis kain yang harus Anda ketahui sebelum memesan seragam.

  1. Japan Drill

Jenis kain ini mempunyai ciri khas yang mudah diingat yaitu serat-serat yang cukup besar. Sifatnya juga sangat awet jika dipakai selama bertahun tahun karena tebal dan kuat. Japan Drill lebih direkomendasikan sebagai seragam untuk lapangan atau bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan.

  1. American Drill

Kalau kain yang satu ini mempunyai serat yang tergolong lebih kecil sehingga teksturnya halus dan lembut. Biasanya kain ini dibuat dari bahan katun atau polyester. Oleh karena itulah seragam dengan bahan American Drill terasa adem ketika dikenakan, mudah menyerap keringat, dan lembut.

  1. Taipan Drill

Taipan Drill merupakan kain seragam yang terbuat dari campuran katun 70% dan teteron 30%. Ciri khasnya adalah permukaan halus, licin, dan tidak mudah kusut. Jenis ini lebih sering dipilih untuk seragam kedinasan seperti pegawai PNS.

  1. High Twist

High Twist adalah jenis kain seragam yang punya tekstur rapi, mengkilap, dan licin. Biasanya dipakai untuk membuat jas, blazer, celana dan rok kantor.

  1. Oxford

Kain Oxford mempunyai sifat yang hampir mirip dengan bahan drill yaitu permukaannya tidak rata. Akan tetapi Oxford lebih tipis dan terbuat dari campuran katun. Meksipun begitu kain yang satu ini sangat nyaman dikenakan.

Perhatikan Juga Konveksi Berkualitas

Rupanya pemilihan jenis kain yang bagus saja tidak sepenuhnya menjamin kalau bikin baju seragam bisa berkualitas. Pasalnya Anda juga harus mencari dan memilih jasa konveksi untuk membuat seragam tersebut. Hal ini juga menjadi pertimbangan penting karena menjadi penentu bagus tidaknya hasil jadi sebuah pakaian.

Memilih tempat konveksi tentunya harus betul-betul jeli, mulai dari membandingkan harga sampai kualitas produk pakaian. Jika ingin jahitan seragam sesuai dengan keinginan maka Anda harus melakukan survey lebih dahulu. Bandingkan antara satu konveksi dengan lainnya. Perhatikan sampel seragam mulai dari proses jahitan, kerapian, ukuran, teknik obras, dan sebagainya.

Tentunya menjahit dan bikin baju seragam saja tidaklah cukup karena pemilihan kain yang tepat juga sangat penting. Tak hanya terlihat rapi, seragam juga harus terasa nyaman ketika dikenakan. Dengan begitu aktivitas atau pekerjaan akan berjalan dengan lebih lancar.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *