Tahapan Proses Sablon Kaos Oblong Untuk Pemula

Tahapan Proses Sablon Kaos Oblong Untuk Pemula

Tips sablon kaos oblong untuk pemula. Sablon kaos merupakan salah satu jenis usaha yang tergolong ke dalam bidang desain grafis. Demi memperoleh hasil cetakan sablon kaos yang sesuai keinginan, penting sekali mengenal dan mengaplikasikan tahapan prosesnya dengan benar.

Tahapan Proses Penyablonan Kaos Oblong

Ada beberapa tahapan penyablonan kaos oblong yang wajib Anda ketahui, seperti tahapan proses sablon kaos oblong berikut ini :

1.             Tahapan Pra Cetak

Tahapan ini terbagi lagi ke dalam beberapa proses, diantaranya :

·                     Proses desain

Proses desain ini berhubungan dengan gagasan atau ide Anda yang dapat diwujudkan ke dalam proses pencitraan dengan begitu gagasan atau ide Anda tersebut mempunyai bentuk konkret. Seperti misalnya, Anda mempunyai ide pada sebuah gambar tertentu lalu Anda pun ingin menambahkan dialog lucu pada gambar tersebut. Ketika itulah, gambaran tersebut baru hanya ada dalam imajinasi atau benak Anda serta belum mempunyai bentuk pencitraan konkret.

Tugas selanjutnya yaitu mewujudkan gambaran tadi ke dalam bentuk pencitraan yang lebih konkret. Jadi intinya yaitu proses desain dapat mengubah gagasan atau ide Anda ke dalam bentuk lebih konkret, dimana bisa dilihat semua orang. Tujuan akhirnya yaitu supaya desain tersebut bisa diolah ke dalam klise atau film sablon.

·                     Pembuatan klise atau film sablon

Saat ini, Anda sudah mempunyai desain yang telah siap dicetak, maka langkah berkutnya yaitu mengolahnya ke dalam klise atau fim sablon.

·                     Proses afdruk

Sesudah Anda mempunyai klise sablon, saatnya memindahkan image atau gambar yang telah tercetak pada film sablon tadi ke dalam screen, lewat proses afdruk.

·                     Mempersiapkan meja kerja

Tahapan ini sangat penting dilakukan sebelum memulai percetakan, dengan begitu ketika sedang mencetak Anda pun tak akan terganggu oleh aktivitas lainnya. Misalnya seperti tinta yang digunakan tiba-tiba habis, dan lain sebagainya.

2.             Tahapan Saat Sedang Mencetak

Ketika mencetak yang wajib diperhatikan yaitu pemakaian teknik sapuan rakel dengan benar. Sebab tugas sebenarnya mencetak sangat sederhana, yakni memindahkan tinta menuju media yang Anda inginkan lewat screen atau kain saring. Di samping itu, Anda harus mempelajari sifat-sifat tinta cetak kain yang sedang digunakan sebab tak semua tinta mempunyai karakteristik sama. Adapun jenis parameter yang harus diketahui yaitu kecepatan pengeringan tinta, yang umumnya menjadi kendala sebab tinta yang terlalu cepat mengering lalu di screen maka akan menghambat percetakan. Dalam hal ini Anda harus melancarkan pori-pori pad akain saringnya terlebih dulu yang sudah tersumbat tinta.

3.             Tahapan Pasca Cetak

Terdapat 3 tahapan yang harus dilakukan sesudah proses percetakan selesai, seperti :

·                     Proses Drying

Tiap proses cetak membutuhkan waktu pengeringan dengan sempurna, tak hanya itu saja jika memegang bagian tinta tersebut lalu permukaannya dirasa sudah mengering. Hal tersebut belum tentu karena tinta sudah mengering sempurna. Maka dari itu penting mengenal karakteristik dari tinta cetak tersebut terlebih dulu.

·                     Proses Curing

Proses curing membutuhkan peralatan khusus untuk bisa mengeringkan beberapa jenis tinta tertentu. Misalnya saja jenis tinta plastisol yang harus melewati proses pemanasan dalam suhu yang amat panas sekitar suhu 143-166 derajat celcius. Umumnya memakai mesin flash heater atau conveyer. Pada tinta rubber/GL/karet, juga membutuhkan proses curing, biasanya dengan memakai mesin hot press agar panas temperaturnya dapat diatur, sekitar suhu 110 sampai 130 derajat celcius.

·                     Proses Burning

Terdapat beberapa jenis tinta yang memerlukan treatment ini, pada umumnya proses tersebut memanggang atau membakar tinta sampai mencapai pengeringan sempurna.

Itulah beberapa tahapan proses yang perlu dilakukan untuk menyablon kaos oblong atau kaos polos. Tapi, jika Anda tak memiliki banyak waktu untuk melakukannya tentu jangan memaksakan menyablon kaos sendiri. Cukup mempercayakan jasa sablon kaos terpercaya untuk kebutuhan kaos distro Anda. Terlebih lagi jika Anda ingin menyablon kaos dalam jumlah yang banyak untuk kebutuhan usaha. Tentu membutuhkan jasa sablon kaos oblong profesional, agar hasil sablonan pun lebih maksimal dan berkualitas. Dengan begitu, usaha kaos distro yang Anda jalankan bisa berjalan dengan lancar.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *