Tahapan-tahapan yang Terdapat dalam Konveksi Pembuatan Kaos

Konveksi pembuatan kaos bergerak dalam bidang jasa. Kaos termasuk sandang yang umum dipakai orang. Tidak hanya di Indonesia, bahkan hampir di seluruh dunia, orang-orang memiliki kaos. Saat ini kaos sedang menjadi primadona. Mengapa? Karena, kaos memiliki fungsi yang beragam. Sebagai pakaian santai atau pakaian sehari-hari. Kaos dapat sebagai media promosi bagi sebuah organisasi maupun perusahaan. Kaos juga terbilang sopan dipakai sebagai gaya fashion banyak orang. saat Anda jalan-jalan dan memakai kaos, maka bukan dipandang sebagai sesuatu yang salah. Di Indonesia, pabrik konveksi kaos ada begitu banyak. Lalu apa sebenarnya yang dilakukan oleh sebuah pabrik konveksi dalam pembuatan produk kaos? Inilah beberapa tahapan yang dapat Anda ketahui.

Tahapan Penentuan Bahan Kaos

Tahapan pabrik konveksi adalah menentukan bahan apa yang hendak dipilih dalam pembuatan kaos. Konsumen lebih menyukai kaos katun buatan pabik. Bahan katun cocok dipakai di negara beriklim tropis. Katun sendiri merupakan bahan serta kapas murni tanpa campuran bahan lain. Sifat katun memberikan rasa dingin, lembut, dan tidak cepat membuat Anda merasa gerah. Umumnya, katun combed 20 atau 24 dipilih dalam pembuatan kaos-kaos distro.

Tahapan Perancangan Desain Kaos

Tahapan pabrik konveksi setelah menentukan bahan kaos adalah rancangan desain. Pabrik konveksi yang fokus memasarkan kaosnya sendiri, maka tinggal mengerjakan desain dari tim yang ada. Jika pabrik konveksi adalah pabrik yang membuat kaos berdasarkan pesanan, maka rancangan desain tentu menunggu dari pihak konsumen.

Tahapan Penentuan Ukuran Kaos

Tahapan pabrik konveksi setelah memastikan rancangan desain kaos adalah ukuran. Pabrik konveksi harus memiliki patokan ukuran dalam pembuatan kaos. Mana divisi yang akan membuat kaos dalam ukuran S dan mana divisi yang membuat kaos dengan ukuran berbeda. Umumnya, pabrik konveksi profesional menyediakan ukuran kaos yang standar mulai dari S, M, L, dan XL. Namun, ada pula yang menyediakan ukuran tambahan seperti M besar sampai dengan XXL.

Tahapan Penentuan Ukuran Lengan Kaos

Tahapan pabrik konveksi dalam penentuan ukuran juga termasuk penentuan lengan kaos. Apakah hendak membuat kaos berlengan pendek saja atau ada yang berlengan panjang. Sehingga dalam pembuatan kaos juga perlu diperhatikan perbedaan ukuran lengan saat masuk ke tahap menjahit.

Tahapan Pemotongan Bahan Kaos

Tahapan pabrik konveksi setelah membagi bahan kaos ke beberapa ukuran, barulah masuk pemotongan. Mengingat pemotongan kain perlu ketelitian dan keakuratan, maka pabrik konveksi mengandalkan kerja mesin cutting. Sehingga lebih rapi dan tidak perlu menunggu lama jika harus memotong bahan dalam jumlah banyak.

Tahapan Penjahitan Kaos

Tahapan pabrik konveksi yang telah menyelesaikan pemotongan bahan kaos adalah menjahit. Dalam sebuah pabrik konveksi tidak hanya memiliki satu jenis mesin. Anda akan melihat ada pegawai konveksi pembuatan kaos yang bekerja di mesin jahit, mesin overdeck, sampai mesin obras. Sebab satu buah kaos tentu tidak cukup memerlukan kerja satu mesin.

Tahapan Pengecekan Kualitas Kaos

Tahapan pabrik konveksi yang sudah menyelesaikan pembuatan kaos, maka harus dilakukan pengecekan. Untuk melihat kerapian dan kekuatan jahitan benang pada kaos. Selain itu, memastikan pula kaos yang terjahit bersih dan tidak ada noda atau cacat saat diterima oleh konsumen.

Tahapan Pemberian Pola Kaos

Tahapan pabrik konveksi setelah menyelesaikan kaos-kaos tersebut adalah memasarkan. Biasanya ada pabrik kaos yang hanya memasarkan dalam bentuk kaos polos. Artinya, tanpa memiliki pola atau gambar. Namun, ada pula pabrik konveksi yang menyediakan layanan pembuatan kaos beserta polanya. Pemberian pola pada kaos dilakukan dengan teknik sablon.

Tahapan Pengemasan Kaos

Tahapan pabrik konveksi dengan telah menyelesaikan pemberian pola adalah pengemasan. Setiap kaos dikemas plastik bening. Namun, sebelumnya telah dirapikan dengan cara disetrika. Kemudian jika konsumen memesan dalam jumlah banyak, akan dikemas kembali di sebuah kardus.

Terkadang dengan melihat panjangnya tahapan pabrik konveksi dalam membuat kaos, Anda tidak yakin terhadap harga jual yang murah. Faktanya, pabrik konveksi selalu berani menawarkan harga kaos yang terjangkau bagi konsumen. Sehingga pelaku bisnis konveksi tidak pernah takut untuk memesan langsung di pabrik konveksi pembuatan kaos.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *