Teknik Sablon Kaos Polos Glow in the Dark

Teknik Sablon Kaos Polos Glow in the Dark

Sablon kaos polos Anda dengan teknik glow in the dark, maka Anda akan mempunyai desain kaos yang berbeda dengan kaos pada umumnya. Seperti namanya glow in the dark, kaos ini akan mengeluarkan sinar pada saat berada di ruangan gelap. Warna yang dihasilkan tentunya tergantung dari warna yang digunakan pada saat pencetakan. Dapat menyala dalam gelap ini sendiri disebabkan oleh adanya kandungan fosfor pada bahan cat. Dimana bahan ini mampu menyerap cahaya, dan memantulkan kembali dalam gelap.

Di pasaran sendiri warna yang biasanya digunakan untuk teknik cetak glow in the dark ini ada 2 macam, yaitu warna orange dan warna hijau. Teknik menggunakannya cukup mudah, Anda dapat membuatnya sendiri di rumah, atau memintanya pada penyedia jasa sablon.

Hal yang harus diperhatikan

Sebelum membuat kaos glow in the dark seperti ini, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terlebih dahulu, antara lain :

–                      Perhatikan warna dasar kaos

Tidak semua warna kaos dapat menggunakan glow in the dark ini, warna kaos yang paling banyak digunakan adalah warna putih atau warna hitam. Warna dasar ini akan memberikan efek warna yang baik pada glow in the dark yang akan diaplikasikan. Sedangkan warna yang lainnya kurang memantulkan warna glow in the dark pada kain.

–                      Teknik pencucian kaos

Teknik pencucian kaos ini sendiri juga tidak boleh sembarangan. Karena dapat membuat warna cat atau kandungan fosfor dalam kain akan menipis hingga akhirnya hilang sama sekali. Jika sudah demikan, maka kaos tidak akan menyala kembali.

–                      Dapat diaplikasikan pada berbagai macam bahan kaos

Cat glow in the dark ini dapat diaplikasikan pada berbagai macam bahan kaos, baik itu kaos yang ukurannya cukup tipis hingga yang ukurannya cukup tebal. Penggunaan glow in the dark ini juga pas untuk berbagai usia, baik anak-anak hingga orang dewasa. 

–                      Sesuaikan gambar kaos dengan warna cat sablon glow in the dark

Untuk menghasilkan gambar yang maksimal, sebaiknya sesuaikan cat glow in the dark dengan gambar yang akan digunakan. Dengan demikian, hasil gambarnya akan sama, baik di saat terang maupun pada saat gelap.

Teknik membuat glow in the dark pada kaos sablon

 Teknik membuat sablon kaos polos dengan menggunakan cat glow in the dark ini, sebenarnya sama saja dengan teknik sablon menggunakan bahan cat lainnya. Hanya bedanya pada teknik cat glow in the dark ini menggunakan tambahan pelapis tinta glow in the dark atau phosphorescent.

1.             Tahap design

Tahap pertama adalah teknik sablon, dimana Anda akan membuat sebuah gambar yang akan diaplikasikan pada kaos. Agar lebih cepat, Anda dapat menggunakan program corel draw atau photoshop di komputer.

2.             Mempersiapkan kaos yang akan digunakan

Berikutnya adalah mempersiapkan kaos polos yang akan dicetak. Pastikan kaos tersebut termasuk kaos polos, dan dapat menyerap tinta dengan baik. Pastikan Anda menggunakan kaos berbahan katun, baik itu katun combat atau katun cardet. Karena jenis bahan ini mudah menyerap tinta, dan nyaman ketika digunakan.

3.             Pencucian screen

Tahap berikutnya adakah tahap pembuatan film, dimana pada tahap ini Anda akan mempersiapkan screen yang akan digunakan.  Screen akan dibersihkan, dan dicuci hingga bersih kemudian dikeringkan.

4.             Afdruk film

Berikutnya setelah screen kering, aplikasikan obat tinta yang berwarna merah dan putih pada screen, kemudian ratakan mengguankan alat yang ada, dan biarkan mengering. Setelah itu siapkan gambar yang akan diaplikaskan pada kaos, dan letakkan pada screen yang sebelumnya sudah diolesi dengan minyak goreng. Terakhir panaskan pada sinar matahari selama 15 hingga 20 detik, kemudian cuci !

5.             Proses penyablonan

Untuk proses pembuatan glow in the dark ini terdiri atas 2 tahap. Tahap pertama adalah dengan menggunakan warna dasar. Setelah agak kering, berikut nya Anda perlu mengaplikasikan tinta / serbuk atau pasta glow in the dark di atas warna dasar tersebut.

6.             Proses pengeringan

Sablon kaos polos dengan teknik glow in the dark yang terakhir adalah proses pengeringan. Proses pengeringan ini juga dibagi menjadi 2 macam, yaitu teknik pengeringan menggunakan sinar matahari atau menggunakan mesin press atau mesin pemanas.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *