Tips Beli Mesin Cetak Untuk Konveksi Kaos Polos

Konveksi kaos polos membutuhkan berbagai macam perlengkapan dan alat agar proses produksinya bisa berjalan dengan lancar. Bahan baku yang dibutuhkan tentu saja adalah kaos yang siap untuk dicetak dengan berbagai macam desain yang sesuai dengan pesanan atau menggunakan desain original dari ide kreasi Anda sendiri. Untuk mencetak gambar atau tulisan pada kaos, tentu dibutuhkan alat yang bisa bekerja dengan baik, bisa diandalkan ketika sedang melakukan proses produksi, dan pas untuk mengakomodasi kapasitas produksi yang dikerjakan oleh perusahaan konveksi kaos Anda. Saat ini sudah banyak vendor-vendor yang menjual berbagai macam produk alat pencetak kaos dari berbagai macam merk dan juga spesifikasi. Beli yang harganya murah sudah pasti jadi pilihan utama Anda untuk menekan modal yang dibutuhkan, namun selain murah, kualitas apa lagi yang harus Anda perhatikan ketika memilih mesin cetak kaos untuk usaha konveksi kaos polos?

Pilih alat cetak kaos yang paling dibutuhkan

Bagi Anda yang memulai bisnis konveksi kaos polos dengan modal yang terbatas, rasanya akan terlalu memberatkan apabila membeli segala kelengkapan yang dibutuhkan untuk metode cetak kaos yang berbeda-beda. Pada dasarnya, ada tiga jenis alat yang umum digunakan untuk mencetak kaos yaitu dengan metode screening atau yang secara lokal disebut dengan sablon manual, kemudian ada alat cetak kaos dengan pemanas yaitu heat-pressing, dan yang paling modern adalah mesin cetak kaos digital printer. Hasil cetak dengan menggunakan metode screening masih dianggap yang terbaik hingga sekarang, peralatan yang dibutuhkan pun harganya murah dan cocok untuk produksi kaos dalam jumlah yang besar. Sedangkan alat cetak kaos dengan menggunakan digital printer bisa menghasilkan cetakan yang jauh lebih cepat dan tinta pun bisa menempel dengan baik pada permukaan kaos, meski harga mesinnya memang mahal.

Riset dari vendor ke vendor

Ketika tiba saatnya untuk memilih merk alat cetak kaos yang paling pas, Anda mungkin akan menemukan hambatan lain yaitu bingung mana mesin yang bagus mana yang sudah terpercaya dengan kualitasnya. Untuk meyakinkan bahwa pilihan Anda adalah yang terbaik, Anda bisa berkonsultasi kepada rekan bisnis atau orang lain yang paham mengenai mesin cetak kaos yang bagus. Mintalah rekomendasi mana yang paling pas dengan rencana bisnis Anda, dan kalau bisa sekalian mana vendor yang bisa dipercaya dan memberikan penawaran terbaik. Anda juga bisa membandingkan produk yang sama di vendor mesin supplier konveksi kaos polos yang berbeda. Bandingkan harganya, dan tanyakan apa saja yang sudah termasuk di harga dan apa saja yang tidak  misalnya biaya kirim, pengemasan, garansi, dan lain-lain.

Perhatikan ongkos tambahannya

Mesin cetak kaos sudah dimiliki bukan berarti modal berhenti sampai di sini. Agar mesin bisa bekerja dan mencetak kaos dengan baik tentu ia membutuhkan tinta khusus sesuai dengan jenis mesin yang Anda gunakan. Ada juga bahan-bahan kimia lainnya yang digunakan untuk mencetak kaos dengan hasil yang sempurna, plus perlengkapan perawatan yang tidak boleh ketinggalan karena mesin cetak kaos harus dirawat dengan rutin agar tetap awet dan tidak bermasalah. Ongkos tambahan lainnya bisa berasal dari biaya listrik yang digunakan untuk mengoperasikan mesin. Seperti Anda ketahui, setiap tahunnya biaya tariff listrik mengalami kenaikan jadi sisihkan pendapatan produksi Anda untuk membayar listrik, carilah informasi mengenai bagaimana cara mengoperasikan alat cetak kaos agar listriknya lebih efisien. Dengan mempertimbangkan biaya-biaya tambahan seperti ini, pengelolaan keuangan konveksi kaos polos usaha Anda bisa lebih dikendalikan.

Negosiasikan pembayaran dengan vendor

Kebanyakan vendor penjual mesin cetak kaos menawarkan cara pembayaran pembelian mesin dengan tunai atau melalui kredit. Anda tidak harus selalu setuju dengan cara pembayaran yang sudah ditentukan oleh vendor penjual mesin cetak kaos. Anda bisa mengajukan negosiasi pembayaran yang menurut Anda lebih menguntungkan bagi usaha Anda namun juga tidak merugikan pihak vendor. Misalnya dengan mengajukan cara pembayaran berjangka panjang, namun dengan cara pembayaran jangka panjang tentunya ada nilai bunga yang harus dipertimbangkan. Cara ini bisa jadi solusi untuk meringkankan beban modal Anda apalagi bila mesin yang dibeli adalah mesin cetak heavy duty yang harganya lebih mahal dibandingkan mesin cetak untuk usaha konveksi kaos polos biasa.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *