Tips dan Trik Mudah untuk Bangun Bisnis di Bidang Konveksi Pakaian

 

Tips dan Trik Mudah untuk Bangun Bisnis di Bidang Konveksi Pakaian

Sekarang ini sudah menjadi hal yang sangat biasa kalau banyak masyarkaat Indonesia yang mulai terjun ke dunia bisnis. Selain dapat memberikan banyak keuntungan, mempunyai usaha sendiri juga dinilai lebih praktis dan juga fleksibel. Anda tak harus tertekan akibat mengikuti perintah dari atasan karena Anda sendirilah yang bakal menjadi bos. Jenis bisnis yang saat ini banyak diminati adalah di bidang kuliner dan pakaian atau fashion. Sepertinya kedua jenis usaha di bidang tersebut memang sudah terbukti dapat bertahan lama. Hal ini membuat masyarakat banyak yang tertarik dan mulai membuka berbagai macam jenis usaha, seperti berjualan makanan, minuman, atau baju modern.

Nah, biasanya kalau ingin berbisnis di bidang fashion maka Anda memerlukan supplier untuk memenuhi dan memasok barang dagangan. Supplier sendiri bisa berupa sebuah pabrik ataupun tempat konveksi pakaian. Namun begitu, Anda bisa juga memproduksi produk pakaian sendiri dimana memiliki label dan merek pribadi.

Konveksi Memang Menjanjikan

Memulai usaha konveksi memang suatu hal yang sangat menjanjikan. Melihat betapa besarnya kebutuhan manusia akan kebutuhan sandang. Ditambah lagi dengan semakin tingginya hasrat masyarakat untuk membeli pakaian. Di era yang modern dan canggih ini, kebutuhan akan pakaian tidak lagi menjadi prioritas utama dimana sekedar untuk menutupi badan saja. Akan tetapi juga menjadi sebuah trend yang wajib diikuti oleh masyarakat. Munculnya model pakaian di berbagai negara pusat mode seperti Prancis atau Italia ternyata membawa pengaruh besar. Apalagi ketika trend berbusana berubah-ubah setiap tahunnya.

Perlu Keahlian Menjahit

Membuka sebuah bisnis tempat konveksi memang bukanlah perkara mudah. Tak hanya butuh modal lumayan besar tetapi Anda juga disarankan memiliki keahlian lebih yaitu menjahit. Meskipun bukanlah hal wajib jika seseorang harus pandai menjahit jika ingin membangun pabrik atau konveksi pakaian. Akan tetapi akan lebih baik jika Anda terlebih dahulu mendalami tentang bisnis yang nantinya akan dijalankan. Tak hanya mempunyai perencanaan dan stategi berbisnis yang matang saja tapi Anda juga bisa mengenal lebih jauh tentang apa itu bisnis di bidang konveksi.

Tips dan Trik Memulainya

Ada banyak sekali hal yang wajib diperhatikan dan dipikirkan matang-matang sebelum Anda memutuskan membuka konveksi. Cobalah untuk menggali informasi lebih dalam mengenai seluk beluk bisnis tersebut. Dengan begitu Anda menjadi lebih mahir dan siap untuk memulainya. Berikut ini ada tips dan trik jitu untuk membangun konveksi pakaian yang bagus dan berkualitas.

1.             Siapkan Modal Cukup

Pertama, Anda harus menyiapkan modal yang cukup sebagai bekal di awal perintisan usaha konveksi. Modal pada akhirnya akan digunakan untuk membiayai sebuah tempat usaha, bahan baku, mesin, dan sebagainya. Tak hanya modal materi berupa uang saja, tetapi juga mental dan juga keahlian. Di sini Anda pun disarankan agar mempunyai keahlian di bidang tersebut, misalnya menjahit, mengenali jenis kain, cara obras, bordir, dan sebagainya.

2.             Mencari Banyak Informasi

Agar mendapatkan lebih banyak pengalaman dan pengetahuan mengeni bisnis di bidang konveksi baju maka Anda bisa belajar dari internet. Atau langsung bertanya pada ahlinya dengan mengunjungi konveksi tertentu dan memperhatikan sistem kerja di sana.

3.             Mulai Menerima Orderan Kecil

Jika hal pertama sudah dilakukan maka selanjutnya adalah mulai membuka jasa menjahit kecil-kecilan. Tentunya Anda harus melakukan sebuah uji coba dan sedikit survey di lingkungan masyarakat bukan? Cobalah membuka orderan jasa menjahit pakaian ke tetangga sekitar rumah. Tujuannya untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan konsumen terhadap produk yang Anda hasilkan.

4.             Tentukan Jenis Barang Produksi

Meskipun konveksi merupakan tempat untuk menghasilkan pakaian, namun Anda perlu memilih jenis barang yang nantinya akan dihasilkan. Misalnya saja ingin memproduksi pakaian wanita modern, pria, anak-anak, jaket, pakaian dalam, atau sebagainya.

5.             Banyak Belajar Fashion

Siapa bilang yang bisa belajar fashion hanya para designer saja? Jika Anda ingin membuka jasa menjahit atau konveksi maka harus belajar tentang hal tersebut juga. Sangat perlu sekali untuk mengetahui model dan desain pakaian. Dengan begitu Anda akan mendapatkan banyak inspirasi untuk memproduksi aneka jenis pakaian menarik.

Itulah beberapa tips dan trik untuk mulai membangun peruntungan di bidang konveksi pakaian. Memang banyak hal yang harus dipikirkan, mulai dari uang modal, keahlian, pengetahuan, dan juga mental. Bisnis ini juga banyak diminati masyarakat karena pakaian menjadi salah satu kebutuhan hidup yang utama. 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *