Sebelum Memutusan Pesan Seragam, Ada Baiknya Anda Mengerti Jenis-Jenis Bahannya

Ketika Anda ingin membuat pakaian sendiri, otomatis hal utama yang harus dipikirkan selain model pakaian adalah jenis kain yang akan digunakan. Tentunya pemilihan kain juga harus sesuai dengan fungsi dari pakaian itu sendiri. Misalnya saja seperti gaun pesta dimana memerlukan jenis kain satin, sutera, atau semacamnya. Nah, bagaimana dengan bikin baju seragam?

Untuk Keperluan Khusus

Seragam merupakan jenis pakaian yang mempunyai sifat sama atau senada, baik desain, model, sampai warna. Hal ini dikarenakan fungsi dari seragam itu sendiri seperti digunakan untuk bekerja, sekolah, atau sebagai identitas diri dalam sebuah kelompok atau organisasi. Seragam memang sangat berpengaruh sekali karena untuk menunjukkan kalau Anda merupakan anggota dari suatu tempat tertentu. Meskipun begitu, ternyata tak semuanya pakaian seragam memiliki kesamaan. Contohnya saja seperti pakaian yang dikenakan para pegawai dan pejabat PNS dimana semuanya sama, mulai dari model, desain gambar, dan warna. Namun hal ini berbeda dengan seragam kantoran, khususnya perusahaan swasta. Mereka hanya menetapkan standar berpakaian sesuai peraturan, misalnya harus rapi, memakai dasi untuk pria, dan rok untuk wanita.

Selain itu, ternyata baju seragam juga dipakai oleh oknum lain dengan tujuan yang sama yaitu sebagai identitas keanggotaan. Anda mungkin pernah melihat adanya sekelompok orang menggunakan kaos dengan logo atau gambar yang sama di tempat tertentu. Bikin baju seragam juga sering dilakukan oleh organisasi masyarakat seperti anggota club pecinta hewan, club motor, mobil, sepeda, aktivis kemanusiaan dan cinta lingkungan serta masih banyak lagi.

Jenis-Jenis Kain Seragam

Sebenarnya ada berbagai macam jenis bahan atau kain yang sering dipakai untuk membuat seragam. Karena sifatnya yang formal, maka tentu saja kebanyakan jenis kainnya bersifat tebal, rapi, licin, dan terkadang mengkilap. Nah berikut ini adalah beberapa jenis kain yang harus Anda ketahui sebelum memesan seragam.

  1. Japan Drill

Jenis kain ini mempunyai ciri khas yang mudah diingat yaitu serat-serat yang cukup besar. Sifatnya juga sangat awet jika dipakai selama bertahun tahun karena tebal dan kuat. Japan Drill lebih direkomendasikan sebagai seragam untuk lapangan atau bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan.

  1. American Drill

Kalau kain yang satu ini mempunyai serat yang tergolong lebih kecil sehingga teksturnya halus dan lembut. Biasanya kain ini dibuat dari bahan katun atau polyester. Oleh karena itulah seragam dengan bahan American Drill terasa adem ketika dikenakan, mudah menyerap keringat, dan lembut.

  1. Taipan Drill

Taipan Drill merupakan kain seragam yang terbuat dari campuran katun 70% dan teteron 30%. Ciri khasnya adalah permukaan halus, licin, dan tidak mudah kusut. Jenis ini lebih sering dipilih untuk seragam kedinasan seperti pegawai PNS.

  1. High Twist

High Twist adalah jenis kain seragam yang punya tekstur rapi, mengkilap, dan licin. Biasanya dipakai untuk membuat jas, blazer, celana dan rok kantor.

  1. Oxford

Kain Oxford mempunyai sifat yang hampir mirip dengan bahan drill yaitu permukaannya tidak rata. Akan tetapi Oxford lebih tipis dan terbuat dari campuran katun. Meksipun begitu kain yang satu ini sangat nyaman dikenakan.

Perhatikan Juga Konveksi Berkualitas

Rupanya pemilihan jenis kain yang bagus saja tidak sepenuhnya menjamin kalau bikin baju seragam bisa berkualitas. Pasalnya Anda juga harus mencari dan memilih jasa konveksi untuk membuat seragam tersebut. Hal ini juga menjadi pertimbangan penting karena menjadi penentu bagus tidaknya hasil jadi sebuah pakaian.

Memilih tempat konveksi tentunya harus betul-betul jeli, mulai dari membandingkan harga sampai kualitas produk pakaian. Jika ingin jahitan seragam sesuai dengan keinginan maka Anda harus melakukan survey lebih dahulu. Bandingkan antara satu konveksi dengan lainnya. Perhatikan sampel seragam mulai dari proses jahitan, kerapian, ukuran, teknik obras, dan sebagainya.

Tentunya menjahit dan bikin baju seragam saja tidaklah cukup karena pemilihan kain yang tepat juga sangat penting. Tak hanya terlihat rapi, seragam juga harus terasa nyaman ketika dikenakan. Dengan begitu aktivitas atau pekerjaan akan berjalan dengan lebih lancar.

Sebelum Datangi Konveksi untuk Buat Seragam, Anda Juga Harus Perhatikan Ini!

Seperti yang Anda sendiri ketahui kalau di Indonesia ada banyak sekali pabrik yang bergerak di bidang industri garmen. Contohnya saja seperti konveksi yang menawarkan jasa pembuatan seragam. Saking banyaknya maka Anda pun tak perlu dipusingkan lagi ketika ingin membuat beberapa buah seragam. Entah itu untuk keperluan kantor, kedinasan, atau bahkan sekolah. Anda dapat menggunakan jasa konveksi untuk membuat baju tersebut. Alasannya karena lebih cepat, hasil juga berkualitas, dan tentunya harganya lebih ekonomis.

Pentingnya Baju Seragam

Pengertian dari baju seragam itu sendiri sebenarnya adalah satu set pakaian yang menjadi standar khusus organisasi, perkumpulan, kantor, atau kelompok tertentu. Pakaian tersebut akan dikenakan para anggota atau pekerja sebagai tanda kalau mereka turut berpartisipasi. Selain dipakai oleh para murid sekolah, baju seragam juga dikenakan oleh pegawai kantoran, aparat, dan kedinasan. Namun ada pula oknum lain yang turut memakai seragam seperti club motor, tim sepak bola, atau bisa juga organisasi dan kelompok masyarakat yang lainnya.

Biasanya baju seragam memiliki model, pola, bentuk, bahkan warna yang senada akan tetapi ada juga yang berbeda. Intinya seragam tersebut telah memenuhi kriteria yang telah ditetapkan, misalnya harus berlengan panjang, berkerah, tidak terbuat dari kain jeans, dan sebagainya. Kebanyakan peraturan mengenai seragam seperti itu diterapkan di beberapa kantor swasta. Berbeda dengan kantor yang sifatnya kedinasan, contohnya saja seperti PNS dimana memiliki baju seragam yang semuanya sama.

Konveksi Selalu Jadi Andalan

Kebanyakan orang pastilah akan datang ke tempat konveksi yang menawarkan jasa pembuatan seragam. Alasannya tentu saja karena praktis, harganya juga jauh lebih murah. Terlebih lagi jika Anda memesannya secara borongan. Karena seragam dipakai oleh banyak orang dalam sebuah kantor atau organisasi tertentu maka kemungkinan besar akan mendapatkan banyak diskon. Apalagi kalau Anda sudah sangat sering menggunakan jasa dari tempat konveksi tersebut.

Memang betul jika pabrik pembuatan seragam sudah menjamur di masyarakat luas, namun menemukan yang berkualitas tidaklah semudah itu. Terkadang dari luar kelihatannya bagus dan ramai, namun ternyata hasilnya tidak sesuai keinginan. Kain seragam yang terlalu tipis, proses jahitan tidak rapi, terlalu banyak bekas cacat mesin jahit, atau masalah lainnya. Meskipun kelihatannya senada dan sama saja bentuknya, namun kenyamanan pakaian akan sangat berpengaruh pada aktivitas kerja. Coba Anda bayangkan saja kalau memakai seragam dengan jahitan tidak rapi atau kain yang tipis dan mudah luntur atau sobek. Pastinya akan sangat mengganggu saat menjalankan kegiatan sehari-hari di kantor bukan?

Hal-Hal yang Diperhatikan

Karena perkara memilih jasa pembuatan seragam merupakan hal yang paling utama, maka Anda patut mempertimbangkan banyak hal. Tidak hanya mengenai model dan desain terbaik saja melainkan juga hal-hal berikut ini:

  1. Survey Konveksi Lebih Dulu

Kalau Anda sudah memiliki langganan konveksi pakaian yang menawarkan jasa pembuatan seragam, tentunya akan sangat berguna sekali. Jadi Anda tak perlu lagi harus susah payah berkeliling dan mencari rekomendasi tempat konveksi terbaik dan berkualitas. Namun jika tidak maka Anda harus melakukan survey terlebih dahulu. Bisa langsung mendatangi beberapa konveksi atau bertanya pada teman-teman yang pernah memesan seragam di sana.

  1. Siapkan Desain dan Pola

Meskipun pabrik ataupun konveksi telah berpengalaman dalam pembuatan seragam tetapi lebih baik jika membuat dan menyiapkan desain sendiri dari rumah. Hal ini sangat penting sekali untuk menghindari model pakaian yang tidak sesuai keinginan. Anda bisa mengambil contoh seragam di internet atau membuat kreasi sendiri. Kemudian ditunjukkan pada pihak konveksi agar mereka mengerti keinginan Anda.

  1. Pilih Sendiri Jenis Kainnya

Sebelum datang ke konveksi, Anda harus mengetahui bahan kain apa yang nantinya akan dipilih. Tentunya yang terasa nyaman ketika dipakai dan tidak terlalu tipis agar dapat bertahan lama. Atau jika Anda memiliki banyak waktu luang, akan jauh lebih baik jika Anda memilih dan membeli sendiri kain yang akan dipakai untuk seragam tersebut. Jadi, tidak perlu lagi menggunakan bahan dari konveksi melainkan pakai kain yang telah dibeli sendiri.

Meskipun ada banyak jasa pembuatan seragam, namun Anda tidak bisa sembarangan dalam memesan seragam di sana. Memilih pabrik atau konveksi dengan hasil berkualitas merupakan hal yang sangat penting. Namun ternyata ada hal lain yang juga wajib diperhatikan, seperti desain, pola, serta jenis kain untuk seragam tersebut.

Proses-proses Penting Pembuatan Seragam yang Perlu Anda Tahu

Pabrik konveksi bekerja keras untuk dapat memenuhi permintaan konsumen. Sebagai contoh, saat Anda memesan seragam, tentu tidak asal jadi. Ada serangkaian proses penting yang terjadi di dalam pabrik tersebut. Inilah yang nantinya berpengaruh pada kualitas dan harga jual dari pabrik konveksi kepada konsumennya. Apakah Anda penasaran dengan proses pembuatan seragam yang terjadi dalam sebuah pabrik konveksi? Simaklah proses-proses penting yang dapat Anda ketahui di bawah ini.

Pembuatan Desain Pola Seragam

Saat pabrik konveksi menerima pesanan seragam dari Anda, maka proses pertama yang dilakukan adalah membuat desain pola. Pola tersebut dibuat dari lembaran kertas. Tidak asal membuat pola, karena tentu harus berdasarkan ukuran yang sudah ditentukan oleh pihak pabrik konveksi sebelumnya. Sehingga pekerja pabrik konveksi tinggal mengikuti permintaan tersebut. Kemudian, desain pola yang sudah selesai dibuat pada kain belacu. Pekerja pabrik konveksi akan melihat apakah pola yang dibuat sudah sesuai dengan pola atau belum. Dalam hal ini, pada proses pembuatan desain pola dapat dilakukan analisis mengenai desain pola seragam yang sudah sesuai dengan permintaan Anda sebagai konsumen atau belum.

Pembuatan Seragam

Setelah analisis pola desain seragam dapat diterima, selanjutnya adalah proses pembuatan seragam. Umumnya, pabrik konveksi menerapkan dua metode. Dapat menggunakan metode manual ataupun metode CAD/CAM. Seiring dengan perkembangan teknologi, kebanyakan dari pabrik konveksi lebih menerapkan pembuatan seragam dari metode CAD/CAM karena pola konveksi masih tersimpan dengan baik. Sehingga jika suatu ketika diperlukan, maka pabrik konveksi tidak perlu membuat kembali desain pola tersebut.

Penentuan Ukuran dengan Grading

Dalam proses pembuatan seragam terdiri dari beberapa proses. Seperti proses grading yang menghadirkan ukuran seragam S, M, L, XL, serta XXL. Dengan grading, penentuan seragam dapat dibedakan dan sesuai dengan standar ukuran masing-masing.

Pengaturan Marker Making dan Cutting

Setelah terdapat desain pola dengan ukuran tertentu, agar kain untuk pembuatan seragam tidak boros, maka diperlukan marker making. Dengan bantuan software komputer, pekerja di pabrik konveksi dapat mengatur desain pola agar pas dan sesuai dengan kain yang hendak digunakan. Artinya, marker making dapat mengatur penggunaan kain agar tidak banyak sisa kain yang digunakan. Selanjutnya, setelah melakukan marker making tentu saja cutting atau pemotongan pada kain yang telah diberi pola. Agar pemotongan desain pola pada kain lebih rapi, pabrik konveksi biasanya akan mengandalkan kerja mesin.

Penjahitan Kain Seragam dan Quality Control

Kain-kain seragam yang sudah terpotong sesuai pola, maka dilanjutkan pada proses pemilahan. Dibedakan sesuai dengan ukurannya agar lebih memudahkan dalam proses penjahitan. Saat masuk proses penjahitan, para pekerja yang memiliki keahlian kompeten dalam menjahit mulai bekerja. Setelah seragam jadi, maka akan masuk ke unit QC atau Quality Control. Unit tersebut terdiri dari beberapa inpekstor yang menilai apakah hasil seragam sudah sesuai denga standar pabrik atau belum. Selain itu, untuk mengecek jika terjadi kesalahan dalam menjahit, maka perlu diperbaiki.

Proses Finishing

Setelah seragam pesanan Anda sudah selesai di produksi, maka akan masuk pada proses finishing. Dalam proses ini, seragam-seragam tersebut akan dirapikan dengan cara disetrika. Para oekerja atau disebut sebagai operator, akan merapikan seragam tersebut. Sehingga akan terlihat lebih rapi dan selanjutnya sebelum dikemas, dilakukan inspeksi atau pengecekan kembali oleh Quality Control guna memastikan tidak ada hasil produksi yang cacat.

Pengemasan Produk

Proses akhir dari pembuatan seragam adalah packing atau pengemasan. Pabrik konveksi memiliki unit pengemasan yang bertugas menata seragam-seragam atau produk jadi konveksi untuk siap didistribusikan kepada pemesan atau konsumen seperti Anda. sehingga ketika sampai di hadapan Anda sduah dalam kondisi yang sebaik-baiknya.

Itulah proses pembuatan seragam secara sederhana yang dapat Anda ketahui. Semoga dapat menjadi bekal dan pengertian mengapa pabrik konveksi perlu waktu dalam menyelesaikan pesanan dari Anda. Serta ada harga dan ada kualitas yang diberikan pabrik konveksi. Dengan proses-proses yang panjang dan rumit, tentu sebagai konsumen Anda perlu tahu dalam membuat seragam itu perlu tahapan-tahapan yang sudah sesuai dengan standar pabrik konveksi.

Produksi Pakaian Kemeja Kantor dengan Bahan Kain Drill

Kemeja adalah pakaian atau seragam kantor yang memiliki kerah. Kemeja dapat berupa lengan pendek maupun lengan panjang. Pakaian ini termasuk bagian seragam kantor formal yang booming sampai dengan saat ini. Berbicara mengenai bahan kemeja, tempat produksi seragam akan memproduksi dengan bahan kain pilihan. Berupa kain drill. Mengapa menggunakan kain drill untuk produksi pakaian kemeja? Bahan kain drill memiliki sifat kain yang kuat karena diproses dengan pemintalan terbaik, memiliki tekstur dengan arah diagonal, sifat kain yang lembut, serta tidak kaku. Kemeja dari kain drill membuat Anda tidak cepat merasa kepanasan karena sifatnya yang dingin menyentuh kulit. Terkait dengan bahan kemeja satu ini, drill memiliki beberapa jenis yang dapat Anda kenali di bawah ini.

Bahan Kain American Drill

American drill memiliki sifat tekstur kain yang sedikit kaku. Namun, ketika Anda raba permukaan kainnya, maka tetap terasa lembut. Pembuatan bahan kain American drill merupakan campuran kain polyester dengan katun. Ukuran serat kain pada American drill kecil-kecil. Selain dapat dibuat untuk produksi kemeja, bahan kain ini juga biasa untuk produksi blazer, seragam, rompi, jas, bahkan topi. Jika Anda pernah dibuat bingung untuk menentukan kualitas antara American drill dengan Japan drill, maka lebih bagus untuk bahan kain Japan drill. Sehingga dari segi harga, American drill lebih terjangkau untuk dibeli.

Bahan Kain Taipan Drill

Taipan drill sangat dikenal di Indonesia. Jika Anda seorang Pegawai Negeri Sipil, maka seragam yang Anda pakai terbuat dari bahan kain tersebut. Taipan drill memiliki sifat kain yang lembut. Namun, tidak mudah terlihat kusut. Pembuatan Taipan drill merupakan campuran kain teteron dengan katun pada perbandingan (30:70). Dari sekian banyak jenis bahan kain drill di pasaran, untuk Taipan drill termasuk kategori bahan kain yang unggulan.

Bahan Kain Japan Drill

Japan drill sudah menjadi bagian dari primadona bahan kain drill. Jenis kain yang terkenal karena kualitasnya yang terbaik. Bahan kain Japan drill tebal. Ketebalan tersebut bukan berarti membuat kaku. Kemeja yang dibuat dari bahan kain Japan drill tidaklah membuat gerah karena serat kain yang tebal membuat Anda merasa nyaman memakainya dalam waktu lama. Ada berbagai pilihan warna dari kain Japan drill. Warna-warna yang cerah, namun dijamin awet alias tidak mudah luntur. Kebanyakan kantor yang ingin membuat seragam dengan warna yang lebih banyak pilihan, dapat menjatuhkan pada kualitas Japan drill.

Bahan Kain Twist Drill

Twist drill menjadi bagian yang tidak boleh luput dibicarakan saat membahas kain drill. Serat kain pada Twist drill lembut. Meskipun terbuat dari katun dan polyester. Perbandingan bahan tersebut lebih banyak menggunakan katun. Sehingga sifat kainnya terasa begitu dingin dan tidak membuat Anda cepat berkeringat di iklim tropis ini. Bahan kain Twist drill yang memiliki kesan mengkilap menjadi ciri khas tersendiri. Umumnya, tempat produksi seragam akan membuat rompi, kemeja, jas, maupun jaket dengan kain Twist drill.

Bahan Kain Hisoft Drill

Hisoft drill dapat dikatakan jarang terdengar setiap kali membahas produksi pakaian. Berbicara mengenai kualitas, maka Hisoft drill lebih unggul dari Japan drill. Bahkan tekstur kainnya pun lemas dan terasa halus. Jika Anda ingin membuat kemeja yang memiliki kesan jatuh ketika dipakai, maka dapat memesannya dengan bahan Hisoft drill.

Ketahuilah, bahan kain drill tidak hanya terbatas pada kemeja. Anda dapat meminta tempat produksi pakaian untuk membuat jenis jaket, seragam, rompi, jas, maupun lainnya dengan salah satu dari kelima bahan kain drill di atas. Bahan yang berkualitas tentu akan langsung terlihat begitu Anda sudah memakainya. Jika sekadar dilihat dari kasat mata, maka penilaian tentu akan sulit. Terlebih lagi jika Anda belum begitu mengenal jenis-jenis kain drill yang sudah disebutkan. Bahan kain drill juga bukan kain baru dalam pembuatan pakaian. Sudah banyak konsumen yang mengandalkan kain-kain drill untuk membuat seragam. Tempat produksi seragam sendiri umumnya menyediakan bahan kain drill dengan berbagai pilihan untuk para konsumen. Sehingga jika dalam waktu dekat Anda perlu memesan kain drill, pesanlah dengan memilih salah satu kain yang sudah dijelaskan di atas.

5 Tips Pesan Seragam Melalui Pabrik Konveksi

Apakah dalam waktu dekat Anda perlu memesan seragam? Terlepas dari jenis seragam apa yang dipesan, sebaiknya Anda tahu pabrik konveksi profesional dalam menerima pesanan tersebut. saking banyaknya permintaann mengenai produksi seragam kerja, keberadaan pabrik konveksi jumlahnya pun meningkat. Ini membuat konsumen bingung dalam memutuskan mana sebaiknya pabrik konveksi yang dipilih. Demi menjaga Anda agar tidak kecewa dengan hasil produksi dari pabrik konveksi, sebaiknya ikuti tips-tips ini saat pesan seragam.

Mengetahui Alamat Pabrik Konveksi Tersebut Berada

Sebaiknya, Anda melakukan kroscek tentang keberadaan dari pabrik konveksi. Hindari untuk menemukan pabrik konveksi abal-abal. Ini penting apalagi jika Anda memesan secara online. Cari tahu alamat pasti dari pabrik konveksi yang ada. Kemudian jika lokasi tersebut dapat Anda cek langsung keberadaannya, maka lakukan. Jika Anda mendapati memang ada pabrik konveksi di alamat tersebut, maka proses pemesanan seragam dapat dilakukan. Tentu Anda tidak ingin tertipu saat memesan seragam. Terlebih lagi jika Anda hendak memesan dalam jumlah yang banyak.

Mengetahui Harga Jual Seragam yang ditawarkan

Pertimbangan lain dalam memesan seragam adalah harga. Anda tentu akan memutuskan membeli seragam atau tidak tergantung pada harga jual yang ditawarkan oleh pabrik konveksi. Sehingga cari tahu berapa harga-harga dari model seragam yang hendak dipesan. Sebagai contoh, Anda perlu mengetahui harga kemeja, T-shirt, jaket, maupun model seragam lainnya. Antara pabrik konveksi satu dengan lainnya memiliki harga jual yang tidak sama. Perbedaan tersebut dapat terpaut jauh. Sehingga jangan terburu-buru untuk pesan seragam di pabrik konveksi. Pastikan Anda dapat memperoleh harga jual yang menghemat isi dompet.

Mengetahui Seberapa Bagus Kualitas Seragam yang diproduksi

Pesanlah produk yang memiliki kualitas asli dan tidak membuat perasaan kecewa. Anda harus dapat memastikan pabrik konveksi tersebut memiliki standar kualitas seragam yang bagus. Artinya, seragam yang diproduksi memiliki standar kualitas kain yang terbaik. Memiliki umur pakai yang tahan lama. Warna kain yang tidak cepat pudar meskipun harus dipakai berkali-kali. Serat kain yang tetap lembut saat dipakai. Dengan mengenal nama kain seragam, Anda dapat menilai apakah pabrik konveksi tersebut menghadirkan kualitas terbaik. Namun, jika Anda masih merasa ragu, ada baiknya untuk datang langsung ke pabrik konveksi. Sehingga Anda dapat meraba dan melihat langsung kain seragam yang disediakan oleh pabrik tersebut.

Mengetahui Layanan Ukuran Seragam yang ditetapkan Pabrik Konveksi

Perlu Anda ketahui, ada pabrik konveksi yang mau menerima ukuran seragam sesuai permintaan konsumen. Ada pula yang sudah memiliki standar ukuran seperti S, M, L, XL, dan XXL. Sehingga saat memesan, Anda tinggal menentukan berapa jumlah seragam dengan ukuran S, dan seterusnya. Dengan mengetahui ukuran seragam dari pabrik konveksi, maka saat memesan jenis konveksi tersebut tidak akan kesulitan.

Mengetahui Stok Bahan dan Warna Seragam dari Pabrik Konveksi

Jangan sampai Anda dibuat kecewa karena persediaan stok yang tidak dimiliki oleh pabrik konveksi. Saat Anda sudah memiliki rekomendasi terhadap pabrik konveksi, tanyakan apa saja bahan kain yang disediakan. Sehingga Anda dapat mengetahui apakah bahan kain yang diinginkan dimiliki oleh pabrik konveksi tersebut. Begitu juga dengan warna kain seragam. Sebab dapat terjadi bahan kain yang dipilih tersedia di pabrik, namun untuk warna hanya terbatas atau sudah habis. Disarankan terkait dengan stok bahan maupun warna, Anda harus berani bertanya kepada pihak pabrik konveksi.

Mengetahui Kecepatan Proses Produksi

Ketahuilah rekaman produksi yang sudah dilakukan oleh pabrik konveksi tersebut. Apakah sudah terbiasa menerima pesanan dalam partai besar atau belum? Anda dapat mengetahuinya dari seberapa banyak konsumen yang sudah pernah memesan seragam melaluii pabrik konveksi yang Anda tunjuk. Sebab jangan sampai pabrik konveksi tersebut melewati waktu atau deadline yang sudah disepakati bersama Anda sebelumnya.

Pesanlah seragam langsung melalui pabrik konveksi yang terkenal profesional. Tidak lupa pula memperhatikan kelima tips di atas. Dengan mengetahui alamat pabrik konveksi, Anda tidak perlu berpindah-pindah tempat dalam memesan seragam serta dapat memastikan keberadaannya. Dengan mengetahui harga jual seragam, Anda dapat memutuskan budget saat pesan seragam. Dan beberapa tips tersebut wajib untuk Anda ingat selalu setiap kali hendak memesan konveksi bernama seragam.

Sebelum Buat Seragam Kerja, Perhatikan Dulu 5 Poin Ini

Seragam kerja menjadi identitas kantor untuk menunjukkan pelayanan terbaiknya. Kantor-kantor skala besar maupun kecil sudah terlihat memberikan fasilitas seragam kerja untuk para pegawainya. Sehingga ketika Anda berencana untuk mendirikan sebuah unit usaha, pastikan juga seragam kerja sudah masuk ke rencana pembuatan. Kantor Anda akan terlihat lebih bergengsi ketika konsumen melihat semua pegawai memakai seragam yang sama dengan rapi. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk buat seragam melalui pabrik konveksi yang ada, perhatikan lima poin penting di bawah ini.

Perhatikan Kualitas Kain untuk Seragam Kerja

Anda boleh menyerahkan sepenuhnya proses pembuatan dari seragam kerja kepada pabrik konveksi. Namun, jangan pula asal memutuskan kualitas dari kain seragam tersebut. Jika kualitas sudah buruk, maka sebagus apapun modelnya, tetap tidak akan terlihat rapi dan nyaman ketika dipakai para pegawai Anda. Lebih baik Anda yang memilih kualitas kain untuk seragam kantor. Pilihlah kain yang tidak mudah pudar ketika dicuci, sifat kain kuat sehingga tidak mudah robek dalam kondisi tertentu, serta warna yang tidak luntur ketika Anda cuci. Jika Anda kurang begitu paham dengan kualitas kain untuk seragam kantor, maka dapat menanyakan langsung kepada pabrik konveksi yang ditunjuk. Demi memperoleh kualitas kain seragam kerja yang tidak mengecewakan.

Perhatikan Tingkat Kenyamanan Seragam Kerja

Menyediakan seragam kerja tidak harus di awal-awal dalam memulai usaha. Ini terkait dengan kenyamanan seragam ketika dipakai pegawai Anda. Lalu kapan? Sebaiknya, pastikan Anda sudah memiliki tenaga kerja atau sumber daya manusia yang memadai sebelum memulai usaha. Kemudian barulah Anda meminta bantuan kepada pabrik konveksi agar dapat melakukan pengukuran seragam kerja sesuai dengan ukuran masing-masing pegawai kantor yang Anda miliki. Mengapa harus diukur? Agar seragam kerja yang dipakai dapat pas dan nyaman dipakai. Seragam kerja yang terlalu sempit akan membuat Anda merasa sesak dan terbatas dalam bergerak. Begitu juga dengan seragam kerja yang terlalu longgar, tentu dapat mengganggu dalam bekerja.

Perhatikan Standar Seragam untuk Kantor Anda

Ternyata, buat seragam itu tidak sekadar pesan, bayar, dan terima hasilnya. Untuk kantor-kantor tertentu umumnya memiliki standar terhadap seragam yang diproduksi. Sehingga apakah Anda telah menentukan standar seperti apa yang harus dimiliki untuk pembuatan konveksi tersebut? Sebagai contoh, ada sebuah kantor yang memberikan standar seragam kerja harus memiliki kualitas yang original, kain terbaik, dan lainnya. Untuk itu, diskusikan dengan rekan-rekan kerja atau petinggi kantor yang ada dalam menentukan seragam kerja yang dibuat.

Perhatikan Keamanan yang Terdapat pada Seragam

Sekilas melihat seragam kerja yang dipakai pegawai kantoran terlihat tidak masalah. Artinya, mau memiliki model apapun tetaplah terlihat baik. Namun, menjadi lain cerita jika Anda bergerak dalam usaha makanan, minuman, obat-obatan, atau usaha yang memperhatikan keamanan tingkat tinggi. Sehingga seragam kerja pun juga harus memiliki tingkat keamanan yang terjamin. Seperti dapat melindungi seluruh anggota badan ketika Anda atau pegawai Anda bekerja. Sebagai contoh, seragam kerja yang tertutup akan melindungi badan dari risiko bahaya terkena minyak panas, cairan asam-basa, atau bahan-bahan lain selama bekerja.

Perhatikan Desain yang Terdapat pada Seragam Kerja

Namanya seragam pastilah sebagai pakaian yang formal. Namun, untuk seragam kerja, ada yang dapat Anda pesan dengan pakaian semiformal. Anda harus dapat menentukan desain seragam kerja sebelum memesannya. Jika seragam kerja tersebut digunakan di dalam kantor atau acara penting, maka harus didesain formal seperti kemeja kerja. Sebaliknya, jika seragam kerja tersebut digunakan di luar kantor untuk acara lebih santai, maka dapat didesain semiformal seperti kaos. Tentu dalam hal ini, Anda perlu membuat seragam kerja dengan dua desain yang berbeda.

Anda perlu mengingat-ingat kelima poin di atas dengan pasti sebelum memesan seragam kerja. Setelah Anda dapat memahami seluruh poinnya, maka dapat segera buat seragam. Pesan seragam kerja melalui pabrik konveksi yang dapat diandalkan. Agar Anda dapat memenuhi kelima poin yang sudah disebutkan sebelumnya. Sebab seragam kerja bukanlah sekadar sebagai pakaian kerja kantoran. Namun, akan mempengaruhi segala komponen di dalam usaha Anda.

Pabrik Seragam Melayani Produksi Pakaian Kerja untuk Berbagai Instansi

Seragam adalah kebutuhan sandang yang dipakai sebagai identitas. Ada seragam sekolah, seragam kantor, dan masih banyak lagi. Masing-masing memiliki model yang berbeda sebagai pembeda antara seragam satu dengan seragam lainnya. Seragam termasuk jenis pakaian formal. Ketika seseorang memakai seragam, maka akan terlihat lebih sopan, rapi, dan berkarakter. Dalam membuat seragam, Anda dapat mempercayakan produksi kepada pabrik seragam. Pabrik atau tempat produksi seragam umumnya piawai mengerjakan produksi berbagai model seragam yang terdiri dari beberapa pilihan berikut ini.

Produksi Seragam Kantor

Tempat produksi seragam menerima permintaan untuk seragam kantor. Seragam yang diproduksi umumnya memiliki model kemeja.  Bahan kain yang dipilih pada produksi kemeja adalah American Drill, Japan Drill, atau dapat juga Tropical Drill. Andapun dapat memesan dengan model yang dikehendaki oleh kantor. Ketika image seragam kantor semakin merangkak naik, maka permintaan produksi seragam semakin meningkat. Kini sudah menjadi pemandangan umum melihat sebuah instansi yang para pegawainya sudah memakai seragam kantor. Bagaimanapun juga memakai seragam kantor membuat image kantor semakin terangkat.

Produksi Jaket Kantor

Anda dapat memesan jaket kepada tempat produksi seragam. Jaket kantor termasuk jenis seragam. Kantor-kantor besar umumnya memiliki variasi seragam ini. Bahan kain yang dipilih dalam produksi jaket kantor antara lain twill, kanvas, atau twist. Jaket kantor diperlukan sebagai seragam inspeksi atau ketika petinggi kantor melakukan kunjungi ke beberapa unit kantor. Jaket kantor akan melindungi Anda khususnya ketika berada di unit terbuka. Seperti mengawasi proyek di lapangan terbuka sehingga badan Anda akan lebih terlindungi.

Produksi Seragam Pabrik Pangan

Sebuah pabrik seragam juga kerap menerima permintaan untuk produksi seragam pabrik besar. Salah satunya adalah pabrik pangan. Pabrik pangan yang terdiri dari beberapa unit tentunya memiliki permintaan model seragam berbeda. Ada model seragam untuk manajer, seragam untuk crew-crew outlet, maupun seragam untuk central kitchen. Masing-masing dibuat dengan model dan bahan yang berbeda. Untuk seragam manajer, dibuat dari bahan american drill dengan potongan lengan pendek. Untuk seragam crew-crew yang menjaga outlet dibuat dengan bahan lactose PTC dengan model yang dikenal bernama plaket. Sedangkan untuk seragam central kitchen, dibuat dari bahan tropical drill dengan model T-shirt agar lebih nyaman dan leluasa dalam bekerja.

Produksi Seragam Security

Pernahkah Anda bertanya di mana para security dapat memperoleh seragam tugasnya? Tentu saja instansi yang menaunginya memesan seragam tersebut melalui tempat produksi konveksi. Sehingga keberadaan tempat produksi seragam tidak terbats pada proses produksi seragam kantor maupun pabrik. Namun juga seragam untuk satuan keamanan seperti satpam. Umumnya, bahan yang dipilih dalam produksi seragam security adalah katun drill atau polyester. Perlu diingat, ketika Anda hendak memesan seragam security, maka jelaskan seragam untuk bagian keamanan apa yang hendak dibuat. Sebab seragam security tentunya memiliki beberapa model yang berbeda.

Produksi Seragam Safety

Tempat produksi seragam juga menerima permintaan Anda untuk memproduksi seragam safety. Seragam ini penting dipakai oleh orang-orang yang bekerja dengan risiko tinggi. Sehingga perlu memakai seragam yang sudah disesuaikan dengan standar oleh instansi atau perusahaan tersebut. seragam safety yang sudah umum dipesan antara lain seragam para pekerja mekanik bengkel, mekanik kapal, pemadam kebakaran, SAR, tambang, minyak bumi, dan sejenisnya. Untuk proses produksi seragam safety inipun berbeda dengan seragam kantor pada umumnya. Khusus seragam safety akan disertakan reflektor pada bagian wearpack serta bagian coverall. Reflektor tersebut berfungsi untuk memberikan pengaruh daya pantul pada kondisi minim cahaya.

Berbagai instansi kini lebih memilih untuk memesan seragam kantor di pabrik seragam. Para pegawai yang memakai seragam membuat image instansi lebih terangkat dan menjiwai. Selain itu, membuat konsumen juga merasa lebih nyaman dan puas dengan melihat pribadi para pegawai yang memperhatikan penampilannya ketika melayani para konsumen tersebut. Sehingga ketika Anda butuh seragam untuk instansi, maka langsung saja untuk memesannya di tempat produksi konveksi. Tidak perlu jauh-jauh, pilihlah pabrik yang dekat dengan tempat Anda berada. Namun, pastikan pabrik tersebut terpercaya dalam mengerjakan permintaan klien.

Bikin Seragam Di Jasa Konveksi

Bikin seragam sekarang  bisa dilakukan oleh siapa saja. Anda tidak harus jadi anak sekolah, pegawai kantoran, atau pegawai PNS untuk bisa membuat seragam. Seragam punya arti yang luas, Anda pun bisa membuat seragam untuk keperluan acara sosial, seragam pemuda di lingkungan RT Anda, seragam untuk membuat acara kumpul keluarga besar atau kumpul trah jadi lebih seru dan kompak, membuat seragam untuk acara event Anda, dan masih banyak lagi seragam-seragam lainnya yang bisa Anda buat sendiri. Di mana bisa buat seragam dengan model yang bagus dan harga yang lebih murah? di tempat usaha bidang konveksi Anda bisa memesan seragam dengan kualitas yang bagus, modelnya bagus, dan harganya bisa disesuaikan dengan budget. Usaha tempat konveksi adalah usaha di bidang tekstil yang membuat pakaian, bisa desain kustom, untuk segala keperluan dan kebutuhan baik jumlahnya satuan atau dalam jumlah banyak. Ini alasannya kenapa harus percayakan bikin seragam di usaha konveksi berkualitas.

Bisa memilih modelnya sendiri

Tidak ada aturan baku mengenai model seragam harus menggunakan baju model A atau model B. Anda bebas memilih baju seragam untuk kegiatan Anda sendiri mau model kemeja, kaos, blazer, safari, jaket, atau model seragam lainnya. Kecuali seragam yang akan dibuat diperlukan untuk kebutuhan seragam pegawai dalam sebuah perusahaan yang sudah ada standar ketentuannya, atau seragam di lingkungan profesional yang sudah punya aturan tertentu mengenai seragamnya. Namun apabila seragam yang akan Anda buat sifatnya lebih untuk aktivitas kasual dan sementara, desain model yang dipilih bisa bebas sesuai dengan yang Anda inginkan. Yang penting yang ada pada sebuah seragam adalah identitas yang menyatakan dari mana seragam tersebut berasal atau merepresentasikan apakah seragam tersebut. Misalnya ada nama perusahaan, nama departemen tempat Anda bekerja, atau kalau seragam untuk kepentingan event tertentu maka yang harus ada adalah nama event, waktunya, dan juga desain tambahan yang bisa berupa logo atau tagline.

Bisa pilih bahannya sendiri

Bahan yang digunakan untuk bikin seragam ada banyak macam-macamnya. Bahan yang digunakan untuk membuat seragam misalnya, kemeja atasannya menggunakan bahan TC atau bahan Oxford yang ringan namun tetap sopan dan nyaman dipakai sekolah seharian. Kemudian untuk bawahan seragam sekolah menggunakan bahan kain drill yang lebih tebal dan tidak mudah kusut, Bahan kain drill juga biasanya digunakan untuk seragam yang lebih formal misalnya untuk seragam di lingkungan kantor pemerintahan, dan perusahaan swasta untuk memberikan kesan yang lebih rapi, elegan, dan profesional. Mana bahan yang paling pas dengan jenis model seragam Anda akan disediakan oleh jasa konveksi. Anda pun bisa membawa contoh pakaian dengan jenis bahan tertentu apabila Anda tidak tahu namanya dan minta untuk jasa konveksi membuatkan seragam dengan bahan yang sama atau serupa.

Bisa bikin sekaligus banyak

Jika biasanya perusahaan hanya membagikan bahan kain kepada pegawainya, atau sekolah kepada siswanya, untuk dijahitkan sendiri ke tukang penjahit pilihan dan dibuatkan seragam, kini dengan adanya jasa konveksi bikin seragam tidak perlu satu per satu lagi. Cukup berikan spesifikasi seragam mulai dari desain modelnya, bahan yang ingin digunakan, ukuran, dan juga jumlah seragam yang akan dibuat, jasa konveksi akan langsung mengerjakan proses produksi dalam waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan penjahit biasa. Hal ini karena di jasa konveksi, peralatan yang digunakan sudah menggunakan teknologi yang lebih modern sehingga bahan kain bisa dipotong dengan lebih cepat, baju seragam bisa dijahit dengan lebih kilat dan rapi, seragam yang sampai ke tangan Anda pun sudah rapi dan siap untuk dikenakan. Berapapun jumlah seragam yang dipesan, jasa konveksi pasti bisa mengerjakannya tepat waktu.

Kualitas produk yang sudah baik

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bikin seragam di tempat konveksi hasilnya lebih bagus dibandingkan dengan penjahit biasa. Alat-alat produksi yang digunakan menjamin kualitas baju seragam yang lebih rapi jahitannya, pas ukurannya, dan pengerjaan yang dilakukan oleh orang-orang yang sudah profesional di bidangnya. Sebelum dikemas dan dserahkan kepada konsumen pun hasil jadi seragam harus melalui proses quality check untuk memastikan tidak ada kecacatan pada produk. Itu dia alasannya mengapa Anda harus menggunakan jasa konveksi yang terpercaya untuk bikin seragam

Pentingnya Bikin Seragam Di Konveksi Seragam Kantor

Konveksi seragam kantor tidak pernah sepi menerima permintaan untuk membuat seragam yang akan menjadi dress code wajib bagi pegawai selama jam kerja berlangsung. Mungkin ada banyak di antara Anda yang berpikir akhirnya bisa lepas dari seragam setelah masa sekolah berakhir. Anda bisa bebas mengenakan pakaian yang sesuai dengan gaya Anda dan yang tentunya masih pantas untuk dikenakan ke kantor. Namun nyatanya, ada banyak perusahaan baik nasional, multinasional, atau perusahaan asing yang masih memberlakukan pakaian seragam untuk dikenakan oleh seluruh pegawainya. Tentu kantor-kantor perusahaan ini punya alasan tersendiri mengapa penting untuk mengenakan seragam di lingkungan kerja mulai dari alasan identitas perusahaan hingga alasan keamanan terutama bagi yang bekerja di lingkungan dengan resiko yang tinggi. Menurut kesimpulan konveksi seragam kantor, berikut adalah alasan mengapa masih banyak perusahaan yang mewajibkan pegawai dan pekerjanya untuk mengenakan seragam di lingkungan perusahaan.  

Sebagai identitas pegawai dan juga perusahaan

Alasan penting yang pertama tentu adalah untuk menunjukkan identitas seseorang bahwa ia merupakan pegawai yang bekerja di perusahaan atau kantor yang menggunakan seragam tersebut sebagai dress code-nya. Identifikasi perusahaan ini juga berguna sebagai branding ketika pegawai yang mengenakan seragam berhubungan dengan orang luar, maka orang lain akan mengetahui eksistensi dari perusahaan tersebut yang bisa berpengaruh terhadap pemasaran produk dari perusahaan tersebut. Seragam juga penting bagi antar pegawai untuk mengenali mana yang merupakan personel perusahaannya mana yang bukan. Misalnya ketika sedang melakukan perjalanan bisnis bersama dengan pegawai departemen lain, meski tidak hapal dengan wajahnya namun Anda tahu bahwa orang tersebut dari perusahaan tempat Anda bekerja dilihat dari seragamnya.

Sebagai pakaian standar di lingkungan profesional

Masing-masing perusahaan tentu punya image yang harus dijaga terutama di mata para pengunjung kantor atau di masyarakat secara umum. Salah satu cara untuk menjaga image dan kredibilitas perusahaan adalah dengan mewajibkan peawainya menggunakan seragam. Konveksi seragam kantor banyak menerima aneka macam seragam dengan model yang beraneka ragam, mulai dari model kemeja biasa, hingga pakaian setelan formal yang harus dikenakan saat sedang bertugas. Tentu Anda sudah hapal dengan baju seragam militer, angkatan, bahkan satpam dan penjaga keamanan di tempat keramaian yang memberikan kesan rapi, siap siaga, dan gagah. Kemudian seragam pegawai bank yang formal, terlihat elegan, rapi, dan membuat pemakainya terlihat profesional agar siap untuk melayani nasabah. Kemudian pakaian seragam pegawai pabrik yang lebih memudahkan pegawainya untuk bergerak menjalankan proses produksi namun dengan tampilan yang lebih rapi dan disiplin, dan seragam-seragam lain dengan image-nya masing-masing.

Sebagai standar keamanan

Di beberapa lingkungan pekerjaan, standar keamanan sangat diperlukan untuk menjamin keselamatan pekerja dan juga keselamatan operasional. Seragam yang wajib digunakan untuk tujuan keamanan misalnya adalah seragam pemadam kebakaran, seragam yang digunakan oleh pekerja lab, seragam yang digunakan oleh pekerja bengkel, dan lain sebagainya. Seragam yang wajib digunakan untuk alasan keamanan biasanya menutupi badan dari leher sampai ke ujung kaki yang juga dilengkapi dengan sepatu keamanan, dan atribut keamanan lainnya. Arti penting keamanan juga memiliki konteks untuk melindungi sebuah fasilitas atau perusahaan disusupi oleh orang yang tidak punya wewenang atau akses untuk masuk ke fasilitas atau perusahaan tersebut tanpa ijin. Sehingga seragam diperlukan untuk memudahkan identifikasi mana yang personil resmi mana yang bukan sehingga aksesnya pun terbatas.

Sebagai peningkat moral pegawai

Yang tidak kalah pentingnya adalah seragam bisa memberikan dukungan moral dan meningkatkan kepercayaan diri kepada pegawainya. Pegawai yang merasa bangga dengan kantor perusahaan tempatnya bekerja tentu akan berpengaruh terhadap etos kerja dan juga tingkat produktivitasnya. Seragam yang didesain dengan bagus, merepresentasikan image dan brand perusahaan, dan pastinya nyaman dikenakan oleh semua pegawai adalah seragam ideal yang bisa dengan senang hati dipakai oleh pegawainya. Apa arti penting seragam kantor dalam kehidupan pekerjaan Anda, adakah alasan lain dari perusahaan untuk mewajibkan menggunakan seragam selain yang disebutkan di atas? Buat seragam kerja dengan kualitas terbaik hanya di konveksi seragam kantor.

Jenis Seragam Yang Bisa Dibuat Di Konveksi Baju Seragam

Konveksi baju seragam adalah tempat yang bisa memberikan Anda solusi untuk membuat  beragam jenis seragam yang digunakan untuk segala kepentingan. Ada banyak jenis seragam yang digunakan yang disesuaikan dengan organisasi yang mewajibkan menggunakan seragam. Seragam sekolah tentu berbeda dengan seragam yang digunakan oleh orang atau pekerja di pabrik. Seragam yang dikenakan oleh orang yang bekerja di pabrik tentu berbeda dengan seragam yang dikenakan oleh orang yang bekerja di dapur restoran.

Tidak hanya sekedar untuk membedakan profesi, namun jenis-jenis model seragam yang berbeda juga disesuaikan sesuai dengan aktivitas penggunanya. Misalnya seragam pegawai bank terlihat rapi dan formal karena harus melayani nasabah secara profesional, sedangkan seragam untuk kerja di pabrik untuk melindungi tubuh dari resiko-resiko bekerja di pabrik misalnya tergores benda tajam, terciprat bahan yang panas, dan lain sebagainya. Berikut adalah beberapa jenis seragam yang punya perbedaan jelas dan bisa Anda pesan secara kustom di konveksi baju seragam.

Seragam sekolah

Untuk pendidikan formal, Indonesia masih menerapkan aturan wajib mengenakan seragam untuk sekolah dari tingkat dasar hingga tingkat menengah ke atas, yang umumnya berupa kemeja untuk atasan, dan rok untuk wanita, celana untuk pria. Untuk sekolah yang berstatus negeri, warna standar seragam sekolah untuk atasan adalah kemeja putih, dan untuk bawahan adalah merah untuk SD, biru navy untuk SMP, dan abu-abu unuk SMA. Sedangkan untuk sekolah swasta biasanya punya ketentuan seragamnya sendiri. Bahan yang paling umum digunakan sebagai atasan seragamnya adalha bahan TC Dakron atau bahan Oxford yang pas untuk dibuat menjadi kemeja. Sedangkan untuk bawahannya,  bahan yang digunakan adalah bahan drill. Bahan kain tersebut adalah bahan standar yang berlaku secara umum, namun masing-masing sekolah biasanya punya seragam identitas yang dikenakan pada hari tertentu dengan macam bahan yang bisa berbeda dengan bahan standar.

Seragam overall

Baju overall adalah baju terusan yang menggabungkan antara jaket dengan celana bawahan dan menutupi seluruh permukaan tubuh dari leher hingga ke ujung kaki. Baju seragam ini bisa digunakan sebagai outer, namun kadang ada juga yang menggunakannya tanpa menggunakan baju dalaman terlebih dahulu. Baju seragam overall banyak digunakan di lingkungan pekerja bengkel, pekerja konstruksi bangunan, di berbagai macam fasilitas infrastruktur yang memerlukan standar pakaian keamanan, bahkan di kelompok-kelompok petani. Konveksi baju seragam banyak menerima pesanan seragam dengan model overall yang kini tidak hanya digunakan sebagai seragam saja namun untuk gaya pakaian kasual. Bisa juga digunakan untuk kebutuhan pribadi misalnya Anda punya kegiatan di bidang produksi barang seni sehingga membutuhkan pakaian pelindung, atau untuk bekerja di kebun, dan sebagainya.

Seragam wearpack

Wearpack hampir sama modelnya dengan baju overall, hanya untuk seragam wearpack desainnya lebih spesifik sebagai pakaian keamanan yang modelnya disesuaikan dengan aktivitas yang digunakan dan bahan kain yang pas dengan lingkungan kerjanya. Model wearpack sendiri secara umum ada yang one-piece atau overall, ada yang berbentuk satu setel yaitu atasan dan bawahan seperti yang digunakan oleh pemadam kebakaran. Bahan yang umum digunakan untuk membuat pakaian seragam wearpack antara lain adalah bahan drill, twill, taipan tropical, kanvas, dan rafael. Seragam wearpack juga bisa dibuat secara berlapis untuk menambah keamanan misalnya pada pakaian pasukan pemadam kebakaran yang dibuat berlapis agar tidak mudah terbakar, meminimalisir rasa panas yang ditimbulkan oleh api, dan tidak mudah sobek. Baju seragam wearpack juga biasanya dilengkapi dengan strip kain yang bisa menyala dalam gelap agar bisa tetap terlihat meski lingkungan kerjanya gelap.

Seragam formal

Konveksi baju seragam juga menerima banyak pesanan seragam untuk di lingkungan formal misalnya untuk di lingkungan kantor pemerintah, perusahaan, bank, dan juga berbagai macam lingkungan profesional yang mewajibkan pegawainya untuk mengenakan seragam dengan model yang formal. Bahan yang digunakan bisa bermacam-macam, ada yang menggunakan bahan drill, bahan kain acrylic, kashmir, polyester, kanas, lightweight wool, twill, dan masih banyak lagi lainnya. Bahan kain seragam yang digunakan untuk aktivitas kerja indoor bisa berbeda dengan yang digunakan untuk di luar ruangan. Bahan-bahan kain yang digunakan untuk seragam formal umumnya adalah kain yang tebal, tidak mudah kusut, namun tetap memberikan kenyamanan pada pemakainya. Itulah beberapa macam jenis seragam yang punya perbedaan model dan bahan yang digunakan pun berbeda yang biasa dikerjakan oleh konveksi baju seragam.

WhatsApp chat