Bikin Baju

Hal Yang Perlu Dipersiapkan Ketika Bikin Baju Sendiri

Bikin baju sendiri kenapa tidak ! Tahukah Anda bahwa bikin baju sendiri jauh lebih menguntungkan dibandingkan membeli pakaian yang sudah jadi. Adapun keuntungan yang akan Anda peroleh, antara lain, pakaian yang akan dibuat sesuai dengan keinginan Anda sendiri, lebih pas di badan (tidak terlalu besar atau tidak terlalu kecil), dan yang pasti pakaian yang dibuat sendiri terasa lebih nyaman, karena biasanya Anda yang memilih bahan dan desain pakaian itu sendiri. Lalu tahukah Anda bahwa sebelum membuat baju sendiri, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Hal ini perlu dilakukan, untuk memperoleh hasil pakaian secara maksimal, adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain :

  1. Siapkan desain

Hal pertama sebelum bikin baju sendiri adalah, Anda harus mempersiapkan desain pakaian yang diinginkan. Disini Anda tentu harus memeriksa, desain pakaian seperti apa yang ingin dibuat, apakah itu kemeja, celana, rok atau bahkan sebuah gaun. Anda dapat memperoleh inspirasi desain ini dari media internet, majalah, atau hal lainnya.

  1. Studi kelayakan

Setelah mengetahui desain pakaian yang hendak digunakan, berikutnya adalah memeriksa, apakah model pakaian tersebut pantas Anda kenakan atau tidak. Disini Anda dapat mempelajari dari segi tubuh Anda, dan juga dari model pakaian tersebut. Tidak ada salahnya jika Anda mendikusikan hal ini dengan keluarga terdekat.

  1. Siapkan budget

Berikutnya adalah mempersiapkan budget yang diperlukan untuk membuat pakaian tersebut. Cari tahu, harga bahan kain yang diperlukan per meternya, jumlahkan dengan total bahan yang dibutuhkan,cek juga harga aneka aksesoris lainnya, dan hal lain yang perlu Anda perhitungkan.

  1. Siapkan bahan

Jika dirasa pantas, berikutnya adalah memilih bahan. Anda perlu mempersiapkan aneka bahan yang dibutuhkan untuk membuat pakaian tersebut. Untuk membeli aneka bahan, maka Anda perlu :

  • Mencari tahu berapa panjang dan lebar bahan yang diperlukan untuk membuat desain yang diinginkan.
  • Cek juga apakah ada bahan lain yang perlu Anda beli, untuk melengkapi desain pakaian tersebut.
  • Cari tahu juga aneka macam aksesoris yang dibutuhkan untuk membuat pakaian tersebut, misalnya retsleting, kancing, serta aneka aksesoris lainnya.

Perhatikan hal-hal seperti ini dengan baik, jika Anda kurang paham, sebaiknya diskusikan hal ini dengan penyedia bahan.

  1. Bikin baju

Masuk ke bagian akhir adalah bikin baju. Ada beberapa cara untuk bikin baju ini, yaitu :

  • Bikin sendiri

Apabila Anda memutuskan untuk menjahit pakaian sendiri, maka Anda perlu mengukur dan membuat pola pakaian sesuai dengan bentuk tubuh sendiri. Kemudian jahit pakaian berdasarkan pola yang telah dibuat sebelumnya, dan terakhir adalah mencobanya sendiri. Teknik ini tentu tidak menjadi masalah, pada Anda yang mempunyai keahlian atau mempunyai pengetahuan dasar tentang jahit menjahit.

  • Menjahit di penjahit lokal

Tapi untuk Anda yang tidak dapat menjahit, tidak perlu khawatir, serahkan tugas membuat pakaian ini pada jasa penjahit yang ada di sekitar rumah Anda. Langkah awal yang biasanya dilakukan sebelum membuat pakaian adalah mengukur tubuh, untuk membuat pola dan desain pakaian sesuai dengan yang diinginkan.  Baru kemudian sang penjahit akan membuat pakaian tersebut. Proses seperti ini biasanya memakan waktu beberapa hari.

  • Menjahit di penjahit professional / desainer

Selain menjahit pakaian di penjahit lokal, Anda juga dapat menjahit pakaian yang diinginkan tersebut di penjahit profesional. Ada beberapa kelebihan yang akan Anda peroleh ketika menjahit pakaian di tempat seperti ini. Selain dapat menjahit pakaian seperti yang Anda inginkan, Anda pun dapat berkonsultasi tentang desain pakaian yang Anda inginkan tersebut, seperti apakah ada perbaikan akan desain pakaian yang ada yang pantas untuk tubuh Anda, atau hal lainnya.

Sedangkan untuk teknik menjahit pakaiannya sendiri, tidak jauh berbeda dengan teknik menjahit pada penjahit lokal. Hal lain yang membedakan kedua penjahit ini adalah masalah harga. Biasanya menjahit pakaian pada tenaga professional, membuat Anda harus merogoh kocek yang agak dalam, dibandingkan menjahit di penjahit lokal.

Tips lainnya yang perlu Anda perhatikan setelah Anda menjahit pakaian adalah, coba pakaian tersebut, apakah nyaman digunakan, apakah ada hal yang perlu dirubah atau tidak. Pastikan hal ini Anda ketahui sebelum keluar dari tempat penjahit tersebut, agar dapat dilakukan perbaikan dengan segera. Tentunya bikin baju sendiri ternyata tidak merepotkan jika Anda tahu caranya !

Leave a Comment