PERLENGKAPAN SABLON DIGITAL YANG DIPAKAI KONVEKSI BAJU MURAH DI BANDUNG

Konveksi baju murah di Bandung adalah surganya bagi masyarakat untuk bisa memesan baju dan juga produk konveksi lainnya dengan desain custom dengan jumlah yang bebas, mau banyak, sedikit, atau hanya satu buah pun bisa dikerjakan. Sebagai sentranya industri tekstil yang cukup maju, konveksi di Bandung juga sudah menggunakan alat-alat percetakan untuk baju yang lebih modern untuk menutupi kekurangan metode cetak baju yang tradisional. Cara modern cetak baju ini adalah dengan menggunakan teknik digital yang bisa mengerjakan pesanan konveksi dengan waktu yang lebih cepat, cara kerja yang lebih efisien, dan tidak memerlukan banyak tenaga untuk menyelesaikan pekerjaan. Penasaran dengan alat apa saja yang digunakan pada konveksi baju murah di Bandung yang lebih modern? Apa fungsi dari masing-masing alat cetak digital yang digunakan untuk menghasilkan sablon yang lebih rapi?

Komputer dengan spec yang bagus

Hampir semua usaha saat ini membutuhkan komputer sebagai bagian dari operasional. Fungsi komputer pada usaha konveksi selain untuk keperluan administrasi adalah untuk mendesain motif gambar baju yang sesuai dengan pesanan konsumen atau untuk kreasi produk Anda sendiri dengan menggunakan software desain misalnya seperti Corel Draw. Dari gambar desain kemudian dicetak dengan menggunakan kertas khusus atau dicetak langsung ke baju dengan menggunakan printer DTG yang tintanya pun khusus untuk tinta kain. Ada baiknya spec komputer yang digunakan bisa mengakomodasi beragam software desain tanpa lagging dan tidak mudah lemot atau crash.

Printer inkjet

Printer dalam usaha konveksi baju murah di Bandung digunakan untuk mencetak gambar desain yang sudah dibuat di komputer. Jenis printer yang cocok digunakan untuk mencetak kertas transfer yang khusus digunakan untuk sablon baju adalah printer inkjet. Hal ini dikarenakan transfer paper hanya bisa dicetak dengan menggunakan printer jenis inkjet, jika ingin menggunakan printer laser maka kertas yang digunakan harus khusus kertas transfer khusus untuk printer laser. Dari segi hasil, cetakan sablon yang dicetak dengan menggunakan inkjet masih lebih bagus dibandingkan dengan lasert. Sedangkan untuk hasil yang lebih maksimal, tinta yang digunakan bisa menggunakan tinta pigment yang lebih awet dan tidak mudah luntur meski dicuci berulang-ulang.

Printer DTG (Direct To Garment)

Printer DTG adalah alat cetak yang bisa mencetak gambar desain langsung ke baju tanpa menggunakan transfer paper seperti pada teknik printing yang lainnya. Anda cukup meletakkan baju yang akan disablon ke meja printing yang sudah ada pada mesin printernya kemudian cetak gambar seperti Anda mencetak dengan menggunakan kertas. Mesin printer ini biasanya digunakan konveksi baju murah di Bandung untuk proses produksi yang lebih cepat dan hasil sablon yang lebih tertempel dengan baik pada baju tanpa harus melewati proses yang berlapis dan membutuhkan waktu lebih lama. Mesin printer DTG biasanya digunakan untuk membuat baju satuan atau jumlah yang lebih terbatas karena bahan tintanya yang cukup mahal.

Mesin cutting sticker atau plotter

Mesin ini digunakan untuk menyablon baju dengan teknik sublimasi atau menempelkan motif desain ke baju seperti ketika menempelkan stiker ke media lain. Stiker yang tercetak ini kemudian dipotong mengikuti pola garisnya kemudian ditempelkan ke baju dengan menggunakan mesin pemanas khusus yang akan dibahas setelah ini. Selain untuk bisnis konveksi baju murah di Bandung, mesin cutting sticker juga banyak digunakan untuk usaha stiker motor, stiker mobil, pembuatan stiker biasa dan sebagainya. Mesin ini juga bisa digunakan untuk memotong bahan-bahan seperti Polyflex, cutting sticker, sticker biasa, vinyl, stensil, polyflock, skotlet, sandblast, dan sebagainya.

Mesin heat press sebagai pemanas

Mesin heat atau hot press adalah alat yang berfungsi sebagai pemanas dan tidak pernah absen di meja produksi yang melayani permintaan pembuata baju dengan teknik sablon digital. Cara kerja mesin ini adalah memanaskan transfer paper atau stiker yang sudah dicetak dengan gambar desain baju kemudian dengan suhunya yang tinggi, tinta dari media transfer akan berpindah dan tertempel pada permukaan baju sekaligus mengeringkan tintanya sehingga baju tidak harus dijemur lagi untuk hasil jadi sablon yang selesai. Bekerja dengan mesin pemanas ini memang harus hati-hati karena ia bekerja dengan suhu yang sangat tinggi. Semoga bermanfaat pembahasan kali ini mengenai alat yang umum digunakan untuk teknik sablon digital di dunia konveksi baju murah di Bandung.

Leave a Comment

Chat dengan kami melalui whatsapp