TAHAPAN PROSES PEMBUATAN PAKAIAN YANG DILAKUKAN OLEH PABRIK PAKAIAN

Jika kita bahas secara detail konveksi ini merupakan tempat yang digunakan untuk memproduksi pakaian bukan. Pakaian yang sering dipesan biasanya dalam bentuk pakaian, jas, almamater, hoodie, jaket, seragam dan lain – lain. Biasanya pakaian ini sering kali di pesan dalam jumlah banyak. Karena fungsinya tidak hanya sebagai pakaian sehari – hari akan tetapi juga seragam. Tingginya akan permintaan pakaian ini, tentu saja usaha konveksi ini mampu memberikan banyak sekali keuntungan bukan. Alasan ini juga yang membuat banyak orang tertarik untuk membuka usaha bisnis konveksi. Selain dapat memberikan banyak sekali keuntungan. Jasa konveksi ini juga memiliki pasar yang cukup luas. Jadi menjalankan usaha ini tidak akan pernah ada matinya, malah sebaliknya akan selalu mengalami peningkatan.

konveksi

Inilah Beberapa Tahapan Proses Produksi Pakaian Pada Jasa Konveksi Yang Perlu Anda Tahu

Proses pembuatan pakaian yang dikerjakan oleh jasa konveksi memang melalui beberapa tahapan. Dimana tahapan – tahapan ini biasanya di kerjakan oleh masing – masing bagian. Tentu saja untuk proses pengerjaan ini sendiri dikerjakan oleh orang – orang yang sudah berpengalaman. Sehingga proses pengerjaan pakaian ini pun dapat cepat selesai. Bagi anda yang memang penasaran dengan tahapan apa saja yang dikerjakan oleh jasa konveksi, berikut ini beberapa ulasannya diantaranya:

  1. Tahapan pembuatan desain

Tahapan pertama yang dilakukan oleh jasa konveksi adalah tahapan pembuatan desain. Untuk desain ini dapat berasal dari konsumen atau dari pihak konveksi. Dalam pembuatan desain pakaian ini ada baiknya selalu melihat minat pasar. Terutama terhadap desain – desain pakaian yang sedang diminati. Untuk pembuatan desain ini dilakukan oleh bagian desain, Selain itu desain di buat oleh bagian desain. Hal ini penting dilakukan sebelum proses penyablonan.

  1. Tahapan pemilihan spesifikasi bahan dan sablon

Tahapan yang kedua yang dilakukan oleh jasa konveksi ini adalah pemilihan bahan pakaian. Dimana bahan kaso yang biasa digunakan adalah bahan cotton. Untuk pemilihan bahan pakaian ini pastikan memang disesuaikan dengan kebutuhan atau bisa berdasarkan pemesan.

  1. Tahapan pemilihan ukuran

Tahapan yang ketiga yang dilakukan oleh jasa konveksi adalah pemilihan ukuran pakaian. Dalam standar pola pakaian terdapat ukuran S, M, L dan Xl. Ada juga ukuran free size untuk produksi pakaian secara massal. Untuk pemilihan ukuran ini dilakukan sesuai pemintaan pelanggan. Maka penting untuk tahu size chart yang dimiliki oleh jasa konveksi.

  1. Tahapan pemotongan

Tahapan selanjutnya adalah proses pemotongan atau cutting. Dimana proses pemotongan kain pakaian ini dilakukan dengan mesin cutting.

  1. Tahapan sablon atau bordir

Tahap yang ke empat adalah sablon atau bordir. Untuk proses penyablonan ini dapat dilakukan di bagian khusus sablon. Namun ada juga yang dapat memanfaatkan jasa tukang sablon yang sudah memiliki keahlian dengan kualitas sablon yang bagus.

  1. Tahapan penjahitan

Setelah tahapan proses pemotongan dan sablon ini selesai. Maka untuk tahapan selanjutnya adalah proses penjahitan. Biasanya proses penjahitan ini dilakukan oleh bagian penjahitan. Proses penjahitan ini sudah pasti menggunakan beberapa mesin. Mesin yang digunakan ini pun dapat berupa mesin overdeck, mesin obras, mesin jahit dll. Tentu saja ini disesuaikan dengan bagian pakaian yang akan di jahit.

Nah, setelah tahapan proses jahit ini selesai. Maka tahap selanjutnya adalah proses finishing dan tahap packing. Setelah semua tahapan ini sudah dilewati. Maka produk pakaian tinggal di kirim ke tangan konsumen.

Leave a Comment

Chat dengan kami melalui whatsapp